Advertorial

Gandeng Pelindo, Bulog Tingkatkan Pelayanan Bongkar Muat Komoditas Pangan

Kompas.com - 28/12/2023, 17:03 WIB

KOMPAS.com – Perusahaan Umum Badan Urusan Logistik (Perum Bulog) menjalin kerja sama kemitraan strategis dengan PT Pelabuhan Indonesia (Persero) atau Pelindo dalam menghadirkan Layanan Kegiatan Jasa Bongkar Muat Impor Komoditas Pangan dan Kegiatan Bongkar Muat Movement yang akan menjadi barang persediaan dalam penguasaan Perum Bulog di wilayah kerja Pelindo.

Hal itu ditandai dengan penandatanganan nota kesepahaman atau memorandum of understanding (MoU) oleh Direktur Utama Perum Bulog Bayu Krisnamurthi dan Direktur Utama Pelindo Arif Suhartono di Jakarta, Kamis (28/12/2023).

Bayu berharap, kerja sama tersebut dapat terlaksana dengan baik sehingga memperlancar kegiatan penerimaan beras impor, baik dalam persiapan kedatangan kapal, berthing, sandar dan bongkar, percepatan pengiriman dari pelabuhan ke gudang Bulog, maupun movement antarpelabuhan.

"Penandatanganan nota kesepahaman itu diharapkan dapat mempermudah kelancaran distribusi, memeratakan stok dan ketersediaan pasokan untuk pengelolaan cadangan pangan pemerintah (CPP), serta menjaga stabilisasi dan keterjangkauan harga pangan dalam rangka pengendalian inflasi pangan secara nasional,” kata dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Kamis.

Arif menambahkan, pascamerger pada 2021, pihaknya terus melakukan transformasi dan standardisasi pelabuhan. Hasilnya, tercipta percepatan dan peningkatan kualitas layanan di pelabuhan.

Hal tersebut, lanjut dia, berdampak positif pada penurunan waktu sandar kapal (port stay) dan waktu tinggal barang (cargo stay). Pada akhirnya, biaya logistik pun menurun.

"Kami berharap, momen penting hari ini menjadi awal kolaborasi antara Pelindo dan Bulog yang dapat berkontribusi nyata dalam mendukung ketahanan pangan nasional sehingga membawa manfaat bagi masyarakat luas," ucap Arif.

Adapun ruang lingkup kesepahaman itu mencakup pelaksanaan kegiatan jasa pelabuhan di wilayah kerja Pelindo, termasuk penggunaan fasilitas pelabuhan dalam rangka mendukung prioritas dan kemudahan sandar serta bongkar muatan kapal impor yang dilaksanakan oleh perusahaan jasa pengurusan transportasi (PJPT) yang ditunjuk oleh Perum Bulog.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com