Advertorial

Teater Lingkar UB Sukses Pentaskan Mega-Mega Karya Arifin C Noer

Kompas.com - 02/01/2024, 16:25 WIB

KOMPAS.com - Teater Lingkar Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya (FIB) Universitas Brawijaya (UB) sukses mementaskan karya Arifin C Noer "Mega-Mega" di Gedung UBTV, Malang, Jawa Timur (Jatim), Sabtu (23/12/2023). Pementasan yang berlangsung selama 150 menit ini disaksikan 342 penonton.

Acara tersebut dimulai dengan sambutan hangat dari pimpinan produksi dan Ketua Umum Teater Lingkar. Selanjutnya, acara dilanjutkan dengan pemutaran video kilas balik proses pementasan dan interaksi kuis dengan penonton sebelum pementasan utama "Mega-Mega"

Sutradara Teater Lingkar Zizouber mengatakan, pihaknya memilih naskah "Mega-Mega" untuk dipentaskan karena menggambarkan kondisi Indonesia pada masa Orde Baru.

Melalui pementasan tersebut, ia ingin mengajak penonton, terutama generasi muda, untuk lebih peka terhadap kondisi sosial di sekitar mereka.

“Kita cenderung mudah mendapatkan apa yang kita butuhkan. Hal ini berbeda dengan mereka yang membutuhkan usaha keras atau mungkin tidak bisa mendapatkan apa yang mereka inginkan (di masa orde baru). Jadi, kita harus peka dan pemerintah harus mengurangi angka kemiskinan di Indonesia,” kata Zizouber dalam siaran tertulis yang diterima Kompas.com, Selasa (2/1/2024).

Teater Lingkar Fakultas mementaskan Mega-Mega Karya Arifin C Noer. DOK. Teater Lingkar Teater Lingkar Fakultas mementaskan Mega-Mega Karya Arifin C Noer.

Pementasan tersebut tidak hanya menghibur masyarakat, tetapi juga menggugah pemikiran penonton dengan pesan yang mendalam tentang kehidupan.

Adapun aktor dan aktris muda berbakat yang tampil pada pementasan tersebut adalah Wiarsya, Kaka Ardiansyah, Refllika, Ambar, Elora, dan Vian. Mereka berhasil menghidupkan karakter dalam naskah "Mega-Mega" dengan apik.

Sentuhan artistik dan visual yang menawan dalam pementasan tersebut berhasil membawa penonton hanyut dalam perjalanan emosional yang menginspirasi.

Pementasan tersebut membuktikan bahwa teater dapat menjadi media yang kuat untuk refleksi dan inspirasi. Teater juga dapat menjadi sarana untuk menyampaikan pesan sosial yang relevan dan penting kepada masyarakat.

Untuk diketahui, Gedung UBTV dilengkapi dengan panggung terbuka. Sebelum menyaksikan pementasan, penonton dapat menikmati pemandangan sore hari yang indah sambil melakukan penukaran tiket.

Teater Lingkar Fakultas mementaskan Mega-Mega Karya Arifin C Noer. DOK. Teater Lingkar Teater Lingkar Fakultas mementaskan Mega-Mega Karya Arifin C Noer.

Pimpinan Produksi Teater Lingkar Madelina mengatakan, pihaknya telah menggandeng 16 media partner untuk publikasi Pentas Tunggal Teater Lingkar 2023.

Sebut saja, Kompas.com, Linggar Prabangkara, Roadshardcoreindustries, Malang Strudel, Kaila Beauty, Omah Visual, Seven Chicken, Bengkel Konten, dan Purwakartaidcard. Madelina.

“Hal tersebut menunjukkan bahwa pementasan Teater Lingkar Madelina mendapatkan dukungan dari berbagai pihak,” kata Madelina.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com