Advertorial

Kritik Kanjuruhan, Teater Lingkar Berhasil Menyabet Gelar Penyaji Terbaik Ketiga pada FTPMN 2023

Kompas.com - 02/01/2024, 16:40 WIB

KOMPAS.com - Teater Lingkar Fakultas Ilmu Budaya (FIB) Universitas Brawijaya berhasil meraih peringkat Penyaji Terbaik ke-3 pada Festival Teater Pelajar/Mahasiswa Nasional (FTPMN) 2023 di Universitas Negeri Surabaya, Surabaya, Jawa Timur (Jatim), Senin (4/12/2023).

Teater Lingkar berhasil meraih prestasi tersebut setelah bersaing dengan 18 peserta dari seluruh Indonesia.

Pada festival monolog mahasiswa nasional tersebut, Teater Lingkar tampil menonjol dengan naskah berjudul “Tralala Trilili” karya Dian, mahasiswi Sastra Perancis angkatan 2020. Naskah ini sarat makna dan pesan sosial karena mengangkat cerita tentang keluarga korban tragedi Kanjuruhan. 

Naskah tersebut berpusat pada seorang ayah yang anaknya menjadi korban dalam tragedi tersebut. Naskah ini menampilkan pertunjukan sirkus palsu yang penuh sindiran keras terhadap penegak hukum. Pasalnya, hingga kini, kasus ini belum memberikan keadilan kepada keluarga korban.

Sutradara Teater Lingkar yang juga mahasiswa sastra Inggris angkatan 2020, Rachmad Samudera, menekankan pentingnya peran teater dalam mengangkat isu sosial.

Teater Lingkar meraih peringkat Penyaji Terbaik ke-3 pada FTPMN 2023. DOK. Teater Lingkar Teater Lingkar meraih peringkat Penyaji Terbaik ke-3 pada FTPMN 2023.

"Kami mencoba mengampilkan jeritan keluarga korban Kanjuruhan yang menuntut keadilan tanpa henti hingga saat ini,” kata Rachmad dalam siaran tertulis yang diterima Kompas.com, Selasa (2/1/2024).

Ia menegaskan bahwa tujuan utama Teater Lingkar menyajikan pentas bukan hanya untuk menang, melainkan juga mengingatkan publik tentang tragedi Kanjuruhan melalui pertunjukan teater.

Aktor utama Zanjabil yang juga mahasiswa jurusan Sastra Inggris angkatan 2021 berhasil menyampaikan emosi melalui perannya. Ia berhasil menghidupkan karakter sehingga Teater Lingkar dapat mencatatkan prestasi pada FTPMN 2023.

Sementara itu, Pimpinan Produksi sekaligus Ketua Umum Teater Lingkar 2023 Putsav (Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia/Diksasindo 2020) memastikan bahwa segala aspek produksi telah dijalankan dengan sempurna.

Ia berharap, keberhasilan ini dapat menumbuhkan semangat berkompetisi dan mengukir prestasi bagi FIB Universitas Brawijaya.

Teater Lingkar meraih peringkat Penyaji Terbaik ke-3 pada FTPMN 2023. DOK. Teater Lingkar Teater Lingkar meraih peringkat Penyaji Terbaik ke-3 pada FTPMN 2023.

Selain Teater Lingkar, festival tersebut juga diisi dengan kreativitas dan talenta dari berbagai universitas lain. Para peserta telah menyiapkan setiap aspek produksi dengan maksimal, mulai dari penataan cahaya, panggung, make up, hingga kostum.

Selain menjadi ajang kebolehan bagi peserta, FTPMN 2023 juga menjadi sarana pembelajaran dan pengembangan bagi mahasiswa yang memiliki minat dalam dunia teater. 

Prestasi yang dicapai Teater Lingkar pada FTPMN 2023membuktikan bahwa teater memiliki kekuatan untuk menyampaikan pesan penting dan menginspirasi banyak orang. Festival ini akan dikenang sebagai salah satu momen penting dalam perkembangan seni teater pelajar dan mahasiswa di Indonesia.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com