Advertorial

Terapkan 4 Langkah Berikut agar Tubuh Tetap Fit di Tahun Baru

Kompas.com - 05/01/2024, 17:57 WIB

KOMPAS.com - Awal tahun baru menjadi momentum tepat untuk menyusun rencana anyar, termasuk resolusi mewujudkan gaya hidup sehat. 

Pada prinsipnya, mengedepankan aspek kesehatan tak dapat dikesampingkan. Terutama, bagi seseorang yang sudah menginjak usia lebih dari 30 tahun. 

Hal itu bukan tanpa alasan. Pasalnya, dengan menerapkan gaya hidup sehat, seseorang bisa memiliki kondisi tubuh yang baik sehingga dapat melakukan berbagai aktivitas tanpa gangguan kesehatan. 

Apalagi, kasus Covid-19 belakangan ini meningkat lagi. Bila tak diwaspadai, daya tahan tubuh menurun sehingga rentan terpapar penyakit.

Agar aktivitas di sepanjang tahun ini tak terganggu, berikut tips jaga kesehatan agar tubuh tetap fit.

  1. Penuhi kecukupan air

Hal penting yang perlu dilakukan untuk menjaga kesehatan tubuh adalah memenuhi kecukupan air. Sebab, tanpa cairan, tubuh akan dehidrasi sehingga menjadi lemah dan dapat mengganggu kesehatan.

Setidaknya, penuhi kecukupan air dengan mengonsumsi air putih delapan gelas per hari. 

Adapun manfaat air putih terbilang beragam. Salah satunya, proses metabolisme tubuh mengeluarkan toksin dari tubuh serta membuang zat-zat yang berisiko bagi kesehatan melalui keringat ataupun urine.

Selain itu, memenuhi kecukupan air dapat memberi energi serta mampu meningkatkan kekuatan otak. Dengan begitu, Anda jadi lebih fokus dan mudah berkonsentrasi saat melakukan berbagai aktivitas.

  1. Sempatkan berolahraga

Demi memiliki tubuh yang sehat dan bugar, rutin berolahraga juga harus dilakukan meski di tengah himpitan kesibukan sehari-hari. 

Bila tak memiliki cukup waktu untuk berolahraga di luar (outdoor), Anda dapat berolahraga di rumah sebagai solusi tepat. Sebagai contoh, squat, yoga, plank, lompat tali atau skipping, sit-up, dan jalan atau lari kecil dengan alat bantu treadmill.

Dengan rutin berolahraga, kadar kolesterol dalam tubuh tetap normal, membakar kalori, menyehatkan jantung, mencegah obesitas, serta mengurangi stres.

  1. Jaga kualitas tidur

Hal berikutnya yang tak kalah penting agar tubuh tetap sehat adalah menjaga kualitas tidur. Sebab, jika waktu tidur tidak dipenuhi dalam jumlah cukup dapat mempengaruhi kesehatan, baik fisik maupun mental.

Tidak hanya itu, memiliki kualitas tidur yang baik juga mampu menyembuhkan, memperbaiki, serta menjaga kesehatan, termasuk memelihara seluruh organ tubuh. Pasalnya, tidur berperan penting dalam memperbaiki sel-sel tubuh sekaligus memperkuat imun.

Agar tidur berkualitas, ciptakan lingkungan tidur yang nyaman, tenang, dan cukup dingin. Selain itu, batasi paparan cahaya biru sebelum tidur yang dipancarkan oleh gadget, hindari makan berat sebelum tidur, serta gunakan kasur dan bantal yang mendukung kenyamanan saat beristirahat.

  1. Konsumsi makanan bergizi

Mengonsumsi makanan sehat dengan gizi seimbang mutlak diperlukan untuk menjaga tubuh tetap fit. Adapun syarat makanan sehat, yaitu bersih serta memiliki gizi yang baik dan seimbang. 

Seimbang yang dimaksud adalah makanan yang memiliki kandungan karbohidrat, protein, lemak, dan vitamin. Makanan sehat yang dapat memberikan beragam kandungan nutrisi, misalnya sayuran, buah-buahan, serta biji-bijian.

Selain itu, lengkapi pula konsumsi harian dengan menyertakan sumber protein tanpa lemak, seperti ikan, tahu, ayam, dan kacang-kacangan.

Itulah empat tips jaga kesehatan agar tubuh tetap fit. Mudah bukan untuk menerapkannya?

Selain menjalankan tips di atas secara rutin serta mencukupi makanan bergizi, konsumsi pula suplemen atau vitamin dan mineral untuk menunjang stamina dan kesehatan tubuh agar tetap prima.

Adapun salah satu nutrisi yang dapat dikonsumsi sehari-hari untuk mendukung kesehatan tubuh serta tetap produktif bagi kalangan dewasa muda ataupun lansia untuk mencukupi kebutuhan, yaitu Entrasol Gold.

Untuk diketahui, Entrasol Gold merupakan susu tinggi kalsium dan vitamin D, yang bermanfaat untuk menjaga kepadatan tulang. Tak hanya itu, susu ini juga dapat membantu menjaga massa otot dan meningkatkan imunitas tubuh. Selain itu Entrasol Gold juga tinggi akan protein dan serat yang baik untuk kesehatan pencernaan.

Adapun ekstrak buah zaitun dalam Entrasol Gold mengandung zat aktif hydroxytyrosol yang dikenal sebagai antioksidan alami. Bahkan, ekstrak buah zaitun ini bermanfaat menangkal radikal bebas di mana daya tangkal nya lebih kuat 4 kali lipat dibandingkan vitamin C.

Tidak hanya itu, Entrasol Gold juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan jantung, membantu memperlambat proses penuaan dini, serta dapat mencegah terjadinya oksidasi low density lipoprotein (LDL) kolesterol.

Yuk, jaga kesehatan agar tubuh tetap sehat, aktif dan produktif, serta jaga kesehatan otot, tulang, dan jantung Anda. Untuk mendapatkan produk Entrasol, klik tautan berikut.

Baca tentang
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com