Advertorial

Toyota xEV Ecosystem Makin Lengkap dengan Privilege Charging Spot dan Privilege Parking Spot

Kompas.com - 08/01/2024, 16:32 WIB

KOMPAS.com – Guna memberikan pengalaman berkendara yang aman, nyaman dan menyenangkan bagi pengguna sekaligus menciptakan ekosistem kendaraan listrik yang sempurna, Toyota menghadirkan beberapa fasilitas penunjang di berbagai area publik.

Fasilitas yang dimaksud pun tidak sekadar bengkel resmi berstandar global, tapi juga charging spot di 50 dealer Toyota dan Ultra Fast Charging (UFC) Spot di rest area Tol Trans-Jawa.

Bahkan, belum lama ini, produsen otomotif asal Jepang itu mendirikan Privilege Charging Spot dan Privilege Parking Spot di berbagai area publik di perkotaan. Salah satunya, di Basement Lower Ground Mall Ashta District 8, Senopati, Jakarta Selatan.

Kehadiran seluruh fasilitas pengisian ulang baterai itu kian melengkapi Toyota xEV Ecosystem dan menambah daftar privilese pengguna kendaraan listrik Toyota.

Marketing Director PT Toyota Astra Motor (TAM) Anton Jimmi Suwandy mengatakan, Toyota xEV Ecosystem dibangun sebagai realisasi komitmen pihaknya dalam memberikan Total Mobility Solution kepada pelanggan kendaraan listrik Toyota.

“Toyota xEV Ecosystem tersedia di outlet Toyota, pusat perbelanjaan besar sebagai spot lifestyle, serta rest area jalan tol untuk mendukung mobilitas listrik Toyota dan Lexus,” ujarnya dalam laman resmi TAM, Rabu (4/10/2023)

Seperti diketahui, Toyota menghadirkan berbagai jenis kendaraan listrik, mulai dari battery electric vehicle (BEV), hybrid electric vehicle (HEV), hingga plug-in hybrid electric vehicle (PHEV).

Pada lini BEV, terdapat Toyota bZ4X. Sementara lini PHEV, diwakili oleh All New RAV4 GR Sport PHEV. Kemudian, Innova Zenix HEV, All New Alphard HEV, Camry HEV, Altis HEV, Corolla Cross HEV, All New Yaris Cross HEV hadir untuk koleksi kendaraan HEV.

Privilege Charging Spot dan Privilege Parking Spot

Untuk beberapa produk, khususnya BEV dan PHEV, Toyota sudah memberikan paket wall charger saat pembelian. Dengan begitu, pemilik kendaraan dapat melakukan pengisian ulang baterai kendaraan secara mandiri di rumah.

Namun, agar mobilitas pengguna lebih fleksibel, khususnya di area perkotaan, Toyota membangun Privilege Charging Spot seperti yang ada Mall Ashta District 8.

Privilege Charging Spot di lokasi tersebut dilengkapi satu unit UFC berdaya 120 kW dengan tiga tipe gun charger, yaitu CCS2, CHAdeMO, dan AC Type 2 (22 kW). Selain itu, ada pula dua unit AC charger tipe 2 berdaya 7 kW yang dapat dimanfaatkan pengguna sembari melakukan aktivitas lain. Pemakaiannya pun gratis.

Sementara itu, Privilege Parking Spot merupakan fasilitas parkir khusus seluruh mobil listrik Toyota, baik BEV, PHEV, maupun HEV. Di Ashta District Mall sendiri, ketersediaannya mencapai delapan titik.

Ke depan, fasilitas tersebut akan hadir di berbagai area publik lain sehingga pengguna mobil listrik Toyota bisa semakin mudah dalam memarkir kendaraannya.

Pengguna mobil listrik Toyota juga tidak perlu khawatir dalam menggunakan kedua fasilitas tersebut. Pasalnya, Toyota telah menyiapkan tim profesional yang akan membantu, baik saat parkir maupun mengisi ulang baterai BEV ataupun PHEV.

Untuk mempermudah mobilitas pelanggan perkotaan, Toyota berencana membangun lebih banyak unit UFC berdaya 120 kW di beberapa mal di kota besar, termasuk Jakarta, serta AC Charger 7 kW dan 22 kW yang disesuaikan dengan alokasi di mal tersebut.

Marketing Director TAM Fumitaka Kawashima mengatakan, hal tersebut sejalan dengan visi Toyota Environmental Challenge 2050 dan Net Zero Emission 2060 Pemerintah Indonesia.

“Kami akan menambah lokasi dan fasilitas Toyota xEV Ecosystem untuk mendukung mobilitas pelanggan supaya lebih banyak masyarakat berpartisipasi dalam menekan emisi karbon,” katanya.

Selain itu, Toyota juga akan menambah jumlah dealer yang menyediakan charging spot. Targetnya mencapai 200 dealer hingga akhir 2023. Bahkan, outlet Toyota di seluruh Indonesia diharapkan telah memiliki fasilitas charging spot berdaya 22 kW pada 2025, termasuk pemasangan sekitar 5 unit UFC di outlet Toyota di sekitaran Pulau Jawa.

Sementara, untuk UFC Spot di rest area Jalan Tol Trans-Jawa direncanakan dilengkapi unit Direct Current (DC) UFC berdaya 120 kW.

Guna mempermudah mobilitas pelanggan perkotaan, Toyota pun akan membangun lebih banyak unit UFC 120 kW di beberapa mal kota besar, termasuk Jakarta, serta AC Charger 7 kW dan 22 kW yang disesuaikan dengan alokasi di mal tersebut.

Sebagai informasi, informasi terkait lokasi Toyota Charging Station, silakan cekmelalui tautan ini.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com