Advertorial

Bukan Hanya Modal Uang, Ini Berbagai Program PNM yang Bisa Dinikmati Pelaku UMKM

Kompas.com - 11/01/2024, 20:47 WIB

KOMPAS.com – PT Permodalan Nasional Madani (PNM) melihat bahwa usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) di Indonesia memiliki potensi besar, jika pertumbuhannya diimbangi dengan kompetensi yang mumpuni dari para pelaku UMKM.

Pasalnya, menurut PNM, persoalan yang sering terjadi, khususnya di sektor ultramikro, adalah mindset para pelaku usaha serta minimnya pengetahuan untuk mengembangkan usaha mereka. Masih banyak pelaku UMKM beranggapan bahwa usaha yang dijalankan hanya sebatas untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Oleh karena itu, Sekretaris Perusahaan PNM L Dodot Patria Ary mengingatkan pelaku UMKM untuk terus meningkatkan kapasitas diri agar skala usaha yang dimiliki dapat meningkat. Apalagi, saat ini, persaingan di pasar digital semakin sengit.

PNM, kata Dodot, menyediakan berbagai program yang dapat dinikmati pelaku usaha ultramikro dan mikro yang bergabung menjadi nasabah PNM agar siap bersaing di pasar yang lebih luas.

“PNM tidak hanya memberikan modal uang, tetapi juga program pengembangan kapasitas usaha. (Program) ini merupakan bentuk kepedulian PNM agar usaha skala rumah tangga bisa terus melanjutkan produksinya hingga punya produk yang lebih variatif,” tutur Dodot dalam rilis yang diterima Kompas.com, Kamis (11/1/2024).

Adapun program pengembangan kapasitas usaha yang diberikan PNM berupa pelatihan terkait dengan usaha, mulai dari membuat packaging yang menarik, tip dan trik berjualan di media sosial, hingga pengelolaan keuangan pribadi dan usaha.

Selain pelatihan, PNM juga memfasilitasi nasabah dalam hal kepemilikan rekening dan dokumen usaha, seperti Nomor Induk Berusaha (NIB).

“(Fasilitas) ini (menjadi) bagian dari ikhtiar PNM untuk mempermudah nasabah ultramikro menuju bankable dan memiliki usaha yang terdaftar. Dengan begitu, nasabah bisa lebih mudah mengurus dokumen usaha lain dan dapat mengajukan pinjaman ke bank. Artinya, skala usaha juga mulai meningkat,” kata Dodot.

Sebagai informasi, hingga Desember 2023, PNM telah memfasilitasi 1 juta pembukaan NIB bagi nasabah binaan yang tersebar di seluruh Indonesia.

Dodot berharap, berbagai program tambahan yang disediakan PNM dapat dinikmati secara merata oleh seluruh nasabah sekaligus menggenjot peningkatan kompetensi nasabah pada berbagai aspek.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com