Advertorial

Mengenal SIMRAISHA, Aplikasi Rekam Medis Elektronik Gratis Khusus untuk Klinik dan Praktik Dokter

Kompas.com - 15/01/2024, 13:52 WIB

KOMPAS.com – Peraturan Menteri Kesehatan (Permenkes) Nomor 24 Tahun 2022 yang mewajibkan setiap fasilitas kesehatan, mulai dari praktik dokter hingga rumah sakit, menyediakan rekam medis elektronik (RME) sempat menuai pro-kontra.

Bagi fasilitas kesehatan (faskes) kecil, hal itu dianggap memberatkan. Sebab, peraturan itu membuat faskes kecil harus menyiapkan anggaran yang tidak sedikit untuk aplikasi RME. Padahal, keuntungan faskes ini masih terbilang belum stabil.

Masalah juga timbul bagi faskes besar yang sudah terlalu lama dan nyaman menggunakan rekam medis nonelektronik. Pasalnya, migrasi data dari nonelektronik ke elektronik dapat membuat faskes kewalahan.

Faskes juga perlu memberikan pelatihan penggunaan aplikasi RME. Apalagi, sebagian aplikasi RME cenderung rumit karena semula diperuntukkan bagi keperluan rumah sakit besar.

Di sisi lain, praktik dokter dan klinik, terutama klinik kecil, lebih berfokus pada efisiensi dan produktivitas kerja ketimbang laporan mendetail.

Oleh sebab itu, laporan lengkap yang disajikan umumnya ditampilkan sesederhana mungkin sehingga cepat dipahami guna pengambilan keputusan yang cepat.

Untuk mengatasi tantangan tersebut, faskes bisa memanfaatkan aplikasi RME yang mudah digunakan. Salah satunya adalah SIMRAISHA.

Pada awal kemunculannya pada 2016, aplikasi SIMRAISHA sempat dipandang sebelah mata oleh penyedia aplikasi RME lainnya. Sebab, aplikasi ini disediakan khusus untuk faskes secara gratis.

Padahal, biaya pengembangan aplikasi SIMRAISHA berasal dari dana tanggung jawab sosial atau corporate social responsibility (CSR) klinik-klinik yang dimiliki pendirinya (founder).

Kehadiran aplikasi SIMRAISHA tak lepas dari bentuk keprihatinan para founder—yang merupakan praktisi dan mentor di bidang bisnis klinik—terhadap monetisasi berlebihan yang dilakukan oleh para penyedia aplikasi RME, terlebih setelah Permenkes Nomor 24 Tahun 2022 disahkan.

Para founder berharap, aplikasi SIMRAISHA bisa memenuhi seluruh kebutuhan dasar klinik atau praktik dokter mandiri secara gratis.

Sebagai informasi, fitur yang tersedia di aplikasi SIMRAISHA juga terus diperbarui seiring tren dan kebutuhan bisnis kesehatan.

Oleh sebab itu, para founder juga menyediakan pendampingan kepada bisnis klinik ataupun praktik dokter dan membagikan buku tentang marketing klinik secara cuma-cuma.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com