Advertorial

Ajak Pemuda Berpikir Kritis dan Logis, Komunitas MudaBerdaya Adakan Festival tentang Filsafat

Kompas.com - 16/01/2024, 11:25 WIB

KOMPAS.com – Sejak dahulu hingga sekarang, anak muda Indonesia selalu memiliki peran penting dalam setiap peristiwa dan sejarah yang terjadi di Indonesia, mulai dari perjuangan kemerdekaan hingga era reformasi.

Oleh karena itu, kalangan pemuda kerap disebut sebagai agen perubahan lantaran selalu dapat membuat berbagai gebrakan.

Namun, di tengah perkembangan zaman yang pesat seperti saat ini, peran pemuda seakan mengalami penurunan.

Pasalnya, para pemuda di era modern menemui tantangan yang cukup berbeda dari zaman sebelumnya, seperti krisis identitas, kesehatan mental, literasi rendah, serta kekurangan empati dan relasi sosial.

Untuk membedah masalah tersebut, platform pemberdayaan anak muda Indonesia, yakni MudaBerdaya, mengadakan kegiatan Festival MudaBerdaya di Auditorium Sanctuary, Menara Kuningan, Jakarta, Sabtu (27/1/2024).

Kegiatan tersebut merupakan festival pertama di Indonesia yang mengangkat tema akal pemikiran, nalar, dan logika. Lewat kegiatan ini, komunitas MudaBerdaya akan mengajak para pemuda untuk berpikir kritis, logis, dan kreatif.

Selain itu, penyelenggaraan Festival MudaBerdaya juga bertujuan untuk membangun literasi dan narasi tentang keresahan, fenomena, realitas, dan problem nyata anak muda Indonesia.

Setelah mengikuti kegiatan tersebut, anak-anak muda diharapkan bisa mendapat penalaran yang sehat berbasis filsafat, pengetahuan (sains), serta etika dan moral.

Adapun beberapa narasumber yang dihadirkan pada festival itu terdiri dari Rocky Gerung, Raditya Dika, Maman Suherman, Ferry Irwandi, Bhante Dhirapuñño, Guru Gembul, Iyas Lawrence, Maya Hasan, Patra Gumala, Cania Citta, dan Fauzan Al Rasyid.

Para narasumber hadir untuk membahas beragam tema, seperti cinta dan perbudakannya, tirani asumsi, penjajahan dalam pikiran, hidup yang egois, serta hustle culture.

Festival MudaBerdaya terbuka bagi setiap anak muda yang ingin mengembangkan diri menjadi pribadi yang cerdas secara intelektual dan memiliki kepribadian, mental, serta spiritualitas yang kuat.

Anda yang tertarik hadir di Festival MudaBerdaya bisa melakukan pembelian tiket melalui Kiostix.

Untuk mendapatkan info lebih lengkap terkait festival tersebut, silakan cek akun Instagram @mudaberdaya.id.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com