Advertorial

Penawaran Bunga Rendah KPM, Bikin Untung atau Buntung?

Kompas.com - 16/01/2024, 15:04 WIB

KOMPAS.com – Tahun baru bisa menjadi salah satu momen tepat untuk mewujudkan berbagai impian, termasuk memiliki mobil baru.

Ada berbagai jenis mobil di pasaran yang bisa dipilih sesuai kebutuhan, mulai dari multi-purpose vehicle (MPV), sport utility vehicle (SUV), crossover, hatchback, hingga off-road.

Impian memiliki mobil baru pun semakin mudah diwujudkan berkat layanan pembayaran yang mudah dan beragam. Salah satunya adalah layanan kredit pemilikan mobil (KPM).

Di pasaran, penyedia layanan KPM terus berinovasi untuk memberikan layanan terbaik kepada calon nasabah, misalnya dengan penawaran bunga rendah.

Penawaran itu terkesan dapat meringankan pembayaran. Namun, terkadang, terdapat biaya-biaya lain yang belum tercakup dalam penawaran tersebut. Alih-alih untung, KPM berbunga rendah justru bisa bikin buntung. 

KPM dengan bunga rendah biasanya belum mencakup biaya lain, seperti biaya provisi, biaya admin, dan asuransi. Bunga yang ditawarkan pun tidak flat. Bahkan, terkadang pengajuan KPM berbunga rendah terbilang sulit.

Oleh sebab itu, calon nasabah KPM hendaknya jeli memilih layanan KPM yang tepercaya. Pastikan bahwa KPM tersebut juga sudah diawasi Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Salah satu KPM berbunga kompetitif yang bisa membantu mewujudkan resolusi mobil baru adalah KPM Prima dari PT Bank Danamon Indonesia Tbk (Bank Danamon) dan Adira Finance.

Kredit mobil dengan bunga mulai 2,49 persen per tahun

KPM Prima merupakan produk pembiayaan mobil penumpang, baik baru maupun bekas, mobil komersial, motor premium dan non-premium, serta vespa yang ditawarkan kepada nasabah Bank Danamon.

KPM Prima yang dikelola oleh Adira Finance–anak perusahaan Danamon—itu menawarkan bunga spesial mulai 2,49 persen per tahun untuk periode hingga 31 Januari 2024. Bunga ini berlaku flat dan fixed selama masa pembiayaan. Nasabah juga bisa memilih skema pembiayaan konvensional atau syariah.

Demi memberikan layanan lengkap kepada para nasabah, produk KPM Prima juga menghadirkan beberapa pilihan skema asuransi yang lengkap dan fleksibel sesuai kebutuhan nasabah, seperti asuransi kendaraan, asuransi personal accident (PA), serta asuransi perluasan untuk bencana alam, huru-hara, dan risiko pihak ketiga yang bersifat opsional.

Ada sejumlah persyaratan yang harus dipenuhi untuk mengajukan KPM Prima. Pertama, peserta merupakan nasabah Danamon yang memiliki tabungan dengan status aktif. Jadi, jika belum menjadi nasabah Danamon, kamu wajib membuka tabungan terlebih dahulu. 

Kedua, nasabah merupakan Warga Negara Indonesia (WNI). Ketiga, nasabah merupakan karyawan yang telah bekerja minimal satu tahun di perusahaan yang sama, serta profesional atau wiraswasta dengan minimal masa kerja dua tahun.

Keempat, usia minimal nasabah 21 tahun atau pernah menikah dan usia maksimal sampai masa akhir tenor adalah 55 tahun.

Kelima, nama nasabah tidak termasuk black list atau negative list pada Sistem Layanan Informasi Keuangan (SLIK) OJK dan Daftar Hitam Nasional Bank Indonesia (BI).

Nasabah juga perlu melengkapi sejumlah dokumen pengajuan, seperti fotokopi Kartu Tanda Penduduk (KTP) nasabah, KTP suami atau istri, kartu keluarga (KK) atau akta nikah, Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP), rekening koran, fotokopi Pajak Bumi Bangunan (PBB) atau bukti rekening listrik, serta Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP) atau izin praktik bagi profesional dan wiraswasta.

Pengajuan KPM antiribet

Selain syarat yang mudah, pengajuan KPM Prima juga antiribet. Calon debitur dapat mengakses fitur “Produk Pinjaman” pada aplikasi D-Bank PRO. Dari situ, calon debitur akan dialihkan ke website momobil.id milik Adira Finance.

Kemudian, fitur tersebut juga dilengkapi dengan Credit Simulation untuk dapat melihat simulasi nominal cicilan setiap bulannya dan ada juga autofill form untuk pengisian beberapa data pelanggan secara otomatis yang akan mempermudah serta mempersingkat proses pengajuan aplikasi KPM Prima.

Dengan berbagai manfaat dan kemudahan itu, resolusi untuk memiliki mobil pada momen Tahun Baru pun dapat terwujud.

Apalagi, kamu juga bisa mencari referensi mobil impian dengan mengunjungi Indonesia International Motor Show (IIMS) 2024.

Pada pameran otomotif tersebut, kamu bisa mengecek dan membandingkan tiap mobil, baik dari segi spesifikasi maupun harga.

Ajang pameran otomotif bergengsi di Indonesia itu akan diselenggarakan di JIEXpo Kemayoran, Jakarta, pada 15-25 Februari 2024. Pada gelaran ini, kamu bisa menemukan berbagai model kendaraan, khususnya mobil, dari berbagai merek.

IIMS 2024 kembali didukung oleh Bank Danamon dan Mitsubishi UFJ Financial Group (MUFG) Bank sebagai Official Bank Partner serta PT Adira Dinamika Multi Finance Tbk (Adira Finance) sebagai Official Multifinance Partner.

Informasi lengkap mengenai KPM Prima dari Danamon dan Adira Finance dapat kamu temukan pada bdi.co.id/kpmprima.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com