Advertorial

Berkenalan dengan Timothy Ronald, Gen Z yang Sukses Berinvestasi Aset Kripto

Kompas.com - 16/01/2024, 15:07 WIB

KOMPAS.com - Dalam beberapa tahun belakangan, aset kripto atau cryptocurrency menjadi popular di Indonesia. Kripto sendiri merupakan aset digital atau virtual yang menggunakan kriptografi untuk keamanannya dan tidak terikat dengan otoritas keuangan pusat, seperti bank.

Karena tidak terikat, tidak ada pihak yang dapat mengontrol aset kripto. Lantaran itu pula, aset digital ini digemari investor di Indonesia.

Salah satu investor aset kripto yang terkenal di Indonesia adalah Timothy Ronald. Pria berusia 23 tahun ini mulai berinvestasi kripto dari nol.

Sebelum terjun ke dunia investasi aset kripto, Timothy pernah menjadi penjual minyak rambut dan agen properti pada usia yang relatif muda. Hal ini dilakukan untuk memenuhi kebutuhan keluarganya. Hasil usaha tersebut ia gunakan untuk berinvestasi Bitcoin pada 2015.

Timothy juga sempat drop out dari kampus saat masih menempuh semester 1 di perguruan tinggi karena tidak bisa membagi waktu. Saat itu, ia tengah fokus membangun platform edukasi finansial Ternak Uang. Platform edukasi finansial ini berhasil masuk ke peringkat ke-9 di Linkedin Top Startup 2022 dengan ratusan karyawan.

Meski tanpa pendidikan formal, Timothy telah dilirik oleh banyak konglomerat di bidang investasi. Salah satunya adalah Sandiaga Uno yang menjadi mentornya sejak ia berusia 19 tahun. 

Kini, Timothy bersama sang partner, Kalimasada, mendirikan perusahaan edukasi Akademi Crypto pada Desember 2022. Akademi Crypto sudah menjadi perusahaan edukasi dan komunitas kripto terbesar di Indonesia. Perusahaan ini telah memberikan pelatihan kepada ratusan ribu investor dan trader aset kripto melalui kanal media sosial, seperti YouTube dan komunitas Discord. 

Saat ini, Timothy Ronald memiliki nilai portofolio aset kripto berjumlah besar. Kolektor mobil mewah McLaren dan Porsche ini juga mampu mendirikan Family Office Ronald Capital yang diperkirakan memiliki net worth ratusan miliar rupiah.

Timothy berharap, ilmu yang dibagikan melalui Akademi Crypto bisa membantu generasi muda untuk memilih investasi yang tepat sasaran dan sesuai kebutuhan.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com