Advertorial

Rayakan Hari Tuli Nasional, Starbucks Perkuat Komitmen untuk Ciptakan Lingkungan Kerja yang Menghormati Kesetaraan

Kompas.com - 16/01/2024, 17:13 WIB

KOMPAS.com – Merayakan Hari Tuli Nasional yang jatuh pada Kamis (11/1/2024), Starbucks Indonesia terus menguatkan komitmennya untuk menciptakan lingkungan kerja yang inklusif serta menjunjung keberagaman, kesetaraan, dan aksesibilitas.

Komitmen tersebut telah lebih dulu diwujudkan dengan pembukaan gerai Bahasa Isyarat (Signing Store) Starbucks Community Store Tata Puri pada 3 Desember 2022 yang dibuka bertepatan dengan peringatan Hari Disabilitas Internasional.

Pimpinan PT Sari Coffee Indonesia—pemegang lisensi resmi merek Starbucks di Indonesia—Anthony McEvoy mengatakan, pembukaan Starbucks Community Store Tata Puri menjadi langkah perusahaan untuk membuka akses bagi teman-teman komunitas Tuli agar dapat berkumpul dan bahkan bekerja sebagai barista atau partner di gerai Starbucks.

“Kami ingin menghadirkan lingkungan kerja setara bagi semua karyawan yang kami sebut sebagai ‘partner’,” ujar Anthony dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Senin (15/1/2024).

Dia menambahkan, Starbucks selalu memastikan semua operasional bisnisnya dijalankan berdasarkan sudut pandang kemanusiaan, mulai dari menghadirkan biji kopi berkualitas tertinggi di dunia hingga berinteraksi dengan pelanggan dan komunitas untuk menjalankan bisnis secara bertanggung jawab.

Starbucks membuka gerai Bahasa Isyarat (Signing Store) Tata Puri, Tanah Abang, Jakarta Pusat, pada 3 Desember 2022. Dok. Starbucks Starbucks membuka gerai Bahasa Isyarat (Signing Store) Tata Puri, Tanah Abang, Jakarta Pusat, pada 3 Desember 2022.

“Gerai ini (Tata Puri) merupakan Signing Store pertama (Starbucks) di Indonesia, tapi tentunya bukan yang terakhir. Kami akan terus membuka kesempatan bagi teman-teman Tuli di luar sana yang memiliki potensi besar,” tegas Anthony.

Salah satu barista Tuli di gerai Starbucks Signing Store Tata Puri, Chelsy Prilia Sitohang, mengatakan bahwa dirinya merasa bangga dan bersyukur telah menjadi bagian dari Starbucks di Indonesia.

"Starbucks sudah memberikan kesempatan bagi saya untuk berkarier dan berkembang sebagai pribadi walaupun dengan keterbatasan yang saya miliki,” ujar barista wanita yang juga mantan para-atlet renang ini.

Chelsy Prilia Sitohang, salah satu barista Tuli di gerai Starbucks Signing Store Tata Puri. Dok. Starbucks Chelsy Prilia Sitohang, salah satu barista Tuli di gerai Starbucks Signing Store Tata Puri.

Dia berharap, Starbucks juga bisa memberikan kesempatan yang lebih luas bagi teman-teman Tuli lain sehingga mereka juga bisa mendapatkan kesempatan berharga tersebut.

Sebagai informasi, selama 21 tahun di Indonesia, Starbucks telah berekspansi ke lebih dari 55 kota dan bekerja sama dengan lebih dari 5.500 partner.

Sejalan dengan misi untuk mengubah kehidupan orang-orang yang terhubung dengan Starbucks, perusahaan juga berupaya memberikan dampak positif bagi masyarakat yang dilayaninya.

Salah satu upaya tersebut adalah pembukaan Starbucks Community Store di Tanah Abang yang mengajak pencinta kopi untuk berkontribusi langsung terhadap pengembangan pendidikan anak-anak.

Lewat Community Store, Starbucks mendonasikan keuntungan gerai tersebut untuk membantu pendidikan anak-anak di Tanah Abang.

Kemudian, Starbucks juga menghadirkan Starbucks Creative Youth Entrepreneurship Program (SCYEP) guna mendukung pemberdayaan kaum muda.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com