Advertorial

Tingkatkan Kapabilitas Kepemimpinan, Taspen Group Adakan Program LEAP 2024

Kompas.com - 16/01/2024, 20:56 WIB

KOMPAS.com – PT Dana Tabungan dan Asuransi Pegawai Negeri (Persero) atau Taspen terus berinovasi untuk menciptakan talenta-talenta unggul. Salah satu upayanya adalah mengadakan program peningkatan kompetensi dan kapabilitas pemimpin yang disebut Leaders Enhancement & Acceleration Program (LEAP) 2024.

Penyelenggaraan program tersebut bertujuan untuk meningkatkan kualitas pelayanan kepada peserta Taspen Group. Program ini mengambil tema “Innovate to Elevate: Unleashing Business Model Transformation” dan diselenggarakan oleh Taspen Corporate University di Le Meridien Hotel, Jakarta, Senin (15/1/2024).

LEAP 2024 melibatkan 93 orang pemimpin dari Taspen Group, termasuk direksi Taspen, direksi anak perusahaan Taspen, aktuaris perusahaan, kepala unit kerja kantor pusat, dan kantor cabang Taspen. Mereka berdiskusi dan berbagi pemahaman, strategi, serta solusi untuk mencapai target kinerja korporasi pada 2024.

Sejumlah narasumber yang ahli di bidangnya turut hadir di acara itu. Mereka adalah Direktur Utama Taspen ANS Kosasih, Deputi Bidang Sumber Daya Manusia, Teknologi, dan Informasi Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Tedi Bharata, Ahli Paliatif RSUD dr Soetomo dr Agus Ali Fauzi, PGD, Pall, Med (ECU), dan Founder & CEO QM Financial Ligwina Hananto.

Kosasih menyampaikan bahwa Taspen Group menyadari peran penting kapabilitas sumber daya manusia (SDM) yang tinggi, khususnya pada jajaran pimpinan, untuk memengaruhi kualitas pelayanan kepada peserta.

“Maka dari itu, LEAP 2024 diselenggarakan guna mengingatkan kembali tugas dan fungsi pokok pemimpin yang diharapkan mampu membawa kemampuan terbaik diri dan timnya, serta memanfaatkan teknologi terkini dalam melakukan seluruh pekerjaan,” ujarnya dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Selasa (16/1/2024).

Ia juga mengapresiasi dedikasi seluruh Insan Taspen—sebutan untuk para pegawai Taspen Group—yang telah membuat perusahaan mencatatkan kinerja baik dan tangguh dalam menghadapi berbagai tantangan.

Ia pun menegaskan bahwa Taspen Group berkomitmen untuk terus meningkatkan kapasitas dan kapabilitas SDM agar dapat bermanfaat dan memberikan kontribusi positif terhadap kualitas layanan kepada seluruh peserta.

Pada kesempatan itu, Tedi memberikan apresiasi kepada Taspen Group atas penyelenggaraan LEAP 2024. Ia berharap, program ini dapat membantu Taspen Group mencapai target korporasi dan KPI pada 2024.

Ia juga menekankan bahwa untuk mencapai tujuan tersebut, diperlukan karyawan profesional dan andal. Bukan itu saja, diperlukan pula pimpinan perusahaan yang mampu bertransformasi dan mengembangkan dirinya serta bermental kuat dalam menghadapi seluruh tantangan bisnis.

“Aspek human capital merupakan hal esensial dalam mewujudkan perubahan berkelanjutan pada bisnis saat ini,” katanya.

Ia berharap, LEAP 2024 dapat meningkatkan kapasitas dan kapabilitas seluruh pegawai Taspen Group. Dengan begitu, perusahaan bisa memberikan layanan dan melakukan inovasi produk yang optimal demi kesejahteraan peserta Taspen di seluruh Indonesia.

Hingga Desember 2023, Taspen memiliki 1.394 pegawai dengan jumlah posisi pemimpin sebanyak 73 orang. Sebanyak 18 atau 25 persen dari jumlah pemimpin tersebut merupakan perempuan.

 

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com