Advertorial

Menilik Keberhasilan Desa BRILian Ketapanrame yang Dinobatkan sebagai Desa Wisata Terbaik 2023

Kompas.com - 17/01/2024, 15:20 WIB

KOMPAS.com – Indonesia memiliki ribuan desa wisata dengan keberagaman budaya dan pesona alam yang memukau. Hal ini pun berhasil menarik perhatian para pelancong untuk berkunjung.

Salah satu desa wisata yang memiliki keunggulan tersebut adalah Desa Wisata Ketapanrame. Dengan luas kurang lebih 345.462 hektare (ha), desa yang terletak di Kecamatan Trawas, Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur, ini memiliki segudang potensi, mulai dari alam, budaya, hingga pemberdayaan masyarakat lokal. Berbagai potensi tersebut pun turut berperan dalam membangun perekonomian desa.

Kepala Desa Ketapanrame Zainul Arifin mengatakan, salah satu fondasi utama Desa Ketapanrame bisa berkembang seperti saat ini adalah gotong-royong masyarakat dalam membangun desa yang berlandaskan rasa saling percaya.

“Kami punya alam yang dirawat dan dijaga. Ada Wisata Sawah Sumber Gempong, air terjun Dlundung, air terjun Talang, dan perkebunan kopi. Kami juga punya masyarakat yang bergotong-royong membangun desa dengan saling percaya sehingga desa kami bisa berkembang. (Desa kami) tidak hanya memiliki wisata alam, tapi juga wisata kreasi, budaya, dan edukasi,” jelas Arifin dalam rilis pers yang diterima Kompas.com, Selasa (9/1/2024). 

Arifin menjelaskan bahwa segala usaha di Desa Ketapanrame dijalankan dan dikelola oleh Badan Usaha Milik Desa (BUMDes). Adapun masyarakat setempat memiliki peran sebagai pemilik saham di BUMDes tersebut.

Arifin mengaku senang karena keterlibatan tersebut menjadi penanda bahwa masyarakat setempat paham dan yakin bahwa usaha yang dijalankan dapat meningkatkan kesejahteraan hidup mereka. 

Berbagai upaya yang dilakukan dalam pengembangan desa wisata tersebut pun membuka jalan bagi Desa Ketapanrame hingga sukses meraih berbagai penghargaan.

Salah satu penghargaan yang diraih adalah Desa Wisata Terbaik 2023 pada ajang Anugerah Desa Wisata Indonesia yang diselenggarakan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf). 

Selain itu, pada Desember 2023, Desa Ketapanrame juga didapuk sebagai Desa Terbaik I untuk kategori Desa Maju/Mandiri dalam ajang Lomba Desa Wisata Nusantara 2023. 

Masyarakat berdaya, desa berjaya

Seperti diketahui, daya tarik dari desa wisata tak terlepas dari keberadaan usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) dengan produk-produk lokal yang menjadi ciri khas dari desa wisata tersebut.

Tak hanya itu, kehadiran UMKM tersebut juga menjadi salah satu aspek penting dalam pemberdayaan masyarakat lokal.

Hal tersebut pun disadari oleh Pemerintah Desa Ketapanrame yang menjadikan pemberdayaan masyarakat sebagai kunci dari keberhasilan desa wisata tersebut. 

Selain pembagian dividen dari kepemilikan saham di BUMDes, masyarakat lokal yang ingin berwirausaha juga akan menerima berbagai jenis bantuan, mulai dari penyediaan lahan untuk kios hingga modal usaha.

“Masyarakat yang membutuhkan modal usaha kami sarankan untuk memakai jasa perbankan. Salah satunya melalui BRI yang memberikan bantuan pinjaman untuk masyarakat lewat kredit usaha rakyat (KUR) yang mudah diakses oleh masyarakat,” terang Arifin. 


 Tidak hanya akses pembiayaan, BRI juga memberdayakan masyarakat Desa Ketapanrame melalui pembinaan dan pelatihan dalam menjalankan usaha. dok. YouTube/Kompas TV Tidak hanya akses pembiayaan, BRI juga memberdayakan masyarakat Desa Ketapanrame melalui pembinaan dan pelatihan dalam menjalankan usaha.

Berkat inisiatif tersebut, Desa Ketapanrame terpilih menjadi Desa BRILiaN setelah mengalahkan ribuan desa lain di Indonesia.

Arifin menjelaskan, sebagai Desa BRILiaN, Desa Ketapanrame mendapatkan dana dari program corporate social responsibility (CSR) BRI sebesar Rp 1 miliar untuk mengembangkan potensi wisata. 

Untuk diketahui, Desa BRILiaN merupakan program pemberdayaan desa yang bertujuan menghasilkan role model dalam pengembangan desa melalui implementasi praktik kepemimpinan desa yang unggul dan semangat kolaborasi guna mengoptimalkan potensi desa berbasis Sustainable Development Goal (SDGs).

Adapun desa-desa yang tergabung dalam program Desa BRILiaN diharapkan dapat menjadi sumber inspirasi kemajuan desa yang dapat direplikasi ke desa-desa lain.

Melalui Desa BRILiaN, BRI berupaya mewujudkan ketahanan ekonomi dengan menjadikan desa-desa di Indonesia memiliki sejumlah nilai, yaitu BUMDes yang aktif, digitalisasi desa, keberlanjutan (sustainability), dan inovasi.

Menurut Arifin, capaian Desa Ketapanrame sebagai Desa Wisata Terbaik 2023 tidak terlepas dari kontribusi besar BRI kepada masyarakat lokal. Selain memberikan akses pembiayaan, BRI juga mendampingi warga desa lewat berbagai pembinaan dan pelatihan. 

“Dalam prosesnya, kami didampingi BRI dalam menggunakan dana yang diberikan. Ada juga pembinaan kepada pengurus desa dalam hal manajemen keuangan dan penggunaan teknologi untuk pengelolaan keuangan desa,” ucapnya. 

Pendampingan tersebut, imbuhnya, turut mempercepat realisasi rencana pembangunan yang telah disusun, baik pembangunan infrastruktur maupun sumber daya manusia (SDM).

“Hal itu dapat memberikan kesejahteraan bagi masyarakat desa kami. Semua pelatihan dari BRI, khususnya untuk mengelola unit usaha, juga kami turunkan lagi ke warga,” jelas Arifin.

Pembinaan tersebut juga semakin lengkap dengan kehadiran Pojok Mantri BRI di sejumlah titik di Desa Ketapanrame. Para Mantri BRI ini bertugas memberikan literasi keuangan serta mempermudah masyarakat dalam melakukan transaksi. 

Salah satu Mantri BRI di Desa Ketapanrame, Roni, menjelaskan bahwa pihaknya berkoordinasi dan berkolaborasi dengan aparat desa untuk melakukan sosialisasi berbagai produk dan layanan mikro BRI.

“Di sini, Mantri BRI juga berfungsi sebagai financial advisor dan penyuluh digital, memberikan edukasi, serta pendampingan dan konsultasi bisnis kepada para calon nasabah mikro. Selain itu, kami juga berperan aktif dalam kegiatan sosial yang ada di desa ini,” kata Roni. 

Untuk diketahui, kisah perjalanan Desa Wisata Ketapanrame dalam menjadi Desa Wisata Terbaik Indonesia bisa disaksikan di Petualangan BRILiaN The Series 3 Episode 10: Desa BRILiaN Ketapanrame yang tayang di kanal YouTube Kompas TV.

Pada episode yang dipandu oleh Dion Wiyoko itu, kamu dapat mengetahui lebih banyak tentang Desa Wisata Ketapanrame dengan berbagai daya tariknya.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com