Advertorial

Manfaatkan Solusi Data Insight Telkomsel, Kemenhub Berhasil Pantau Lalin Nataru

Kompas.com - 17/01/2024, 20:37 WIB

KOMPAS.com – Keberhasilan Badan Kebijakan Transportasi Kementerian Perhubungan (Kemenhub) Republik Indonesia dalam menganalisis pergerakan lalu lintas pada periode libur Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 (Nataru) adalah buah manis dari kolaborasinya dengan Telkomsel.

Lewat kolaborasi itu, Kemenhub menggunakan layanan insight (data solutions) berbasis survei digital, yaitu tSurvey.id dan Mobility Insight Telkomsel.

Kolaborasi tersebut sejalan dengan semangat Telkomsel yang terinspirasi dari semangat Indonesia dalam menciptakan terobosan yang dapat mengakselerasi transformasi digital sektor pemerintahan dan sekaligus memenuhi kebutuhan pengambilan keputusan berbasis data di lingkup pemerintah.

Vice President Data Solutions Telkomsel Alfian Manullang mengatakan bahwa pihaknya antusias atas kolaborasi yang terjalin. Sebab, kemitraan ini dapat membantu pemerintah dalam meningkatkan budaya pengambilan keputusan berbasis data yang well-informed. Dengan demikian, Indonesia bisa menuju data-driven nation.

Telkomsel pun, lanjut Alfian, berkomitmen untuk terus mendukung setiap organisasi dan individu agar dapat melakukan transformasi digital dengan pemanfaatan telco data insight yang andal dan akurat. 

“Kerja sama ini menjadi bentuk nyata semangat Telkomsel dalam menggerakkan kemajuan dengan mendukung pemerintah untuk pengembangan dan penyempurnaan tata kelola lalu lintas ataupun kebijakan lainnya yang berkaitan dengan mobilitas dan transportasi di Kementerian Perhubungan,” ucapnya dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Rabu (17/1/2024).

Kepala Badan Kebijakan Transportasi Kemenhub Robby Kurniawan menuturkan, kolaborasi yang terjalin akan membuka peluang baru dalam memahami dinamika transportasi dan mobilitas masyarakat secara lebih holistik. Hal ini sangat penting dalam menyusun kebijakan yang efektif dan adaptif.

Ia juga menilai, insight data yang diperoleh dari pemanfaatan layanan tSurvey.id dan Mobility Insight akan menjadi kontribusi berharga bagi Kemenhub dalam merancang strategi transportasi yang lebih efisien dan berkelanjutan.

“Kami percaya bahwa kerja sama ini dapat membantu mencapai tujuan bersama dalam meningkatkan kualitas layanan transportasi dan memberikan dampak positif bagi masyarakat Indonesia,” ujar Robby.

Berkat pemanfaatan solusi tSurvey.id dan Mobility Insight, Badan Transportasi Kemenhub mencatat, terdapat 126 juta perjalanan mobilisasi masyarakat ke luar provinsi dan di dalam provinsi selama 16 Desember 2023 sampai 1 Januari 2024.

Selain itu, total jumlah penumpang yang menggunakan moda angkutan umum ditemukan meningkat sebesar 21 persen dari Nataru tahun lalu.  

Kemudian, jumlah kendaraan yang melintas jalan tol untuk keluar Jabodetabek mengalami peningkatan sebanyak 10,9 persen. Sementara, jumlah kendaraan yang melintas jalan tol untuk masuk Jabodetabek mengalami peningkatan sebanyak 11,11 persen.

Mobility Insight Telkomsel dapat membantu korporasi ataupun pemerintah dalam menganalisis pergerakan penduduk dan demografi melalui pemanfaatan big data analytics dari telco data insight. Hasil ini bisa digunakan dalam membantu pengambilan keputusan dan pengembangan kebijakan dengan lebih efektif dan tepat sasaran.

Sejak 2018, solusi tersebut telah mengatasi serta melayani permintaan layanan dari pelanggan korporasi dan pemerintahan terkait pergerakan masyarakat. Mobility Insight Telkomsel berguna untuk mendukung keputusan statistik di sektor transportasi, pariwisata, advertising, retailer, property atau land.

Sementara itu, layanan tSurvey.id yang merupakan platform survei digital Telkomsel menawarkan solusi data insight bagi seluruh kebutuhan riset pelanggan, baik dalam lingkup akademik, komersial lintas industri, sosial, maupun keperluan riset lain secara luas.

Kapabilitas platform tSurvey.id diperkaya telco data insight yang memiliki beberapa keunggulan, mulai dari jangkauan responden yang luas, fitur respondent targeting dengan profiling akurat, keluaran hasil yang lebih cepat, hingga fitur manajemen survei yang user friendly.

Platform tSurvey.id telah membantu para pelaku riset untuk mendapatkan berbagai insight dari para responden, mulai dari aspek kebiasaan, opini, hingga persepsi terhadap sebuah produk secara akurat dan cepat.

Informasi lebih lengkap mengenai keunggulan solusi layanan Mobility Insight dan tSurvey.id dari Telkomsel bisa didapat di laman tsel.id/TelkomselMsight dan tsel.id/tsurvey_id.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com