Advertorial

Gelar Internet BAIK Series 8, Telkomsel Lanjutkan Implementasi Prinsip ESG Melalui Ruang Digital

Kompas.com - 19/01/2024, 18:48 WIB

KOMPAS.com – Telkomsel kembali menggelar program Internet Bertanggung Jawab, Aman, Inspiratif, Kreatif (Internet BAIK) dalam upaya menanggulangi penyebaran konten negatif, meningkatkan indeks literasi digital nasional, serta mewujudkan Indonesia yang semakin cakap digital dan bertanggung jawab.

Selaras dengan Gerakan Nasional Literasi Digital Siberkreasi yang diselenggarakan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo), pelaksanaan program Internet BAIK Series 8 kali ini mengusung tema "Empower Creative Generation".

Melalui tema tersebut, Telkomsel mengedepankan fokus terhadap peningkatan literasi digital generasi muda dengan mendukung pembentukan karakter kreatif serta inspiratif dalam pemanfaatan internet dan media sosial.

Internet BAIK Series 8 merupakan salah satu program corporate social responsibility (CSR) unggulan Telkomsel untuk menciptakan dampak sosial dalam proses bisnis berkelanjutan perusahaan yang mengimplementasikan prinsip environmental, social, and governance (ESG).

Program Internet BAIK Series 8 turut memberikan edukasi digital kepada siswa-siswi berkebutuhan khusus dan penyandang disabilitas.

Direktur Jenderal Aplikasi Informatika Kemenkominfo Semuel A Pangerapan menyatakan, pihaknya menyambut baik kehadiran program Internet BAIK dari Telkomsel yang selama ini telah konsisten menghadirkan edukasi digital bagi seluruh kalangan.

Ia mengatakan, program tersebut sudah sejalan dengan Gerakan Nasional Literasi Digital Siberkreasi yang berupaya menanggulangi ancaman potensi pelunturan nilai-nilai toleransi, inklusivitas, dan degradasi moral yang sedang dihadapi Indonesia melalui penyebaran konten negatif di internet, seperti hoaks, cyberbullying, cybercrime, judi online, dan online radicalism.

Semuel pun berharap, program Internet BAIK dapat mendukung peningkatan literasi digital ke berbagai sektor, terutama pendidikan secara inklusif, memberdayakan, dan berkelanjutan.

“Semoga Telkomsel dan program CSR unggulannya ini dapat mendorong masyarakat untuk aktif berpartisipasi menyebarkan konten positif melalui internet serta menjaga toleransi dan demokrasi di ranah digital, khususnya pada tahun politik 2024," ujarnya dalam rilis pers yang diterima Kompas.com, Jumat (19/1/2024).

Mengedepankan semangat menggerakkan kemajuan, Internet BAIK Series 8 mengoptimalkan teknologi digital dalam meningkatkan kualitas pendidikan melalui e-repository bahan ajar digital. Program ini juga memfasilitasi kolaborasi antara siswa dan guru dari berbagai sekolah untuk berbagi ide, menerapkan strategi pengajaran terdepan, serta memaksimalkan sumber daya pendukung pembelajaran.

Diselenggarakan di Medan, Tasikmalaya, Banjarbaru, dan Kediri, bagi para guru, orangtua, komunitas, pelajar setingkat SMA, serta siswa-siswa penyandang disabilitas, rangkaian Internet BAIK Series 8 terdiri dari Seminar, Workshop, Bootcamp, dan Showcase yang berfokus pada kecakapan kreatif digital. Dok. Telkomsel Diselenggarakan di Medan, Tasikmalaya, Banjarbaru, dan Kediri, bagi para guru, orangtua, komunitas, pelajar setingkat SMA, serta siswa-siswa penyandang disabilitas, rangkaian Internet BAIK Series 8 terdiri dari Seminar, Workshop, Bootcamp, dan Showcase yang berfokus pada kecakapan kreatif digital.

Sementara itu, dalam upaya meningkatkan kegiatan belajar mengajar dengan pendekatan yang holistik dan berkelanjutan, Internet BAIK Series 8 juga akan memberikan pelatihan serta dukungan tambahan kepada para guru atau tenaga pendidik untuk meningkatkan kualifikasi mereka dalam menggunakan metode pengajaran yang efektif.

Vice President Corporate Communications & Social Responsibility Telkomsel Saki H Bramono mengatakan, kemampuan masyarakat Indonesia dalam memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) secara umum kian membaik dalam tiga tahun terakhir.

Hal tersebut dibuktikan dalam laporan Status Literasi Digital di Indonesia 2023 yang dirilis Kemenkominfo bersama Katadata Insight Center (KIC). Laporan ini mengungkapkan, nilai total indeks literasi digital Indonesia pada 2023 berada di level 3,65 dari skala 1-5 poin.

“Selaras dengan semangat Indonesia untuk berbagi harapan akan kemajuan negeri, Telkomsel juga terus berupaya menciptakan dampak sosial dalam proses bisnis berkelanjutan perusahaan dengan mengimplementasikan prinsip ESG,” ucap Saki.

Program Internet BAIK, kata Saki, menjadi salah satu upaya pihaknya dalam mengambil peran mendukung literasi digital generasi muda yang kreatif dan inspiratif melalui peningkatan pengetahuan serta keterampilan dalam penggunaan teknologi.

“Telkomsel berharap, program Internet BAIK dapat secara inklusif dan berkelanjutan menanggulangi penyebaran konten negatif, meningkatkan indeks literasi digital nasional, serta mewujudkan Indonesia yang semakin cakap digital dan bertanggung jawab," imbuhnya.

Saki mengatakan, Internet BAIK Series 8 akan diselenggarakan di Medan, Tasikmalaya, Banjarbaru, dan Kediri secara onsite. Program ini ditujukan bagi para guru atau tenaga pendidik, orangtua, komunitas, pelajar, serta siswa siswi penyandang disabilitas dari sekolah luar biasa (SLB) setingkat sekolah menengah atas (SMA).

Rangkaian program Internet BAIK Series 8 tahun ini akan dimulai dengan acara seminar bersama profesional dan praktisi. Mereka akan berbagi wawasan dan pengalaman berharga tentang tren terkini dan tantangan di dunia kreatif digital.

Kemudian, rangkaian kegiatan Internet BAIK akan dilanjutkan dengan Workshop dan Bootcamp kecakapan kreatif digital yang digelar secara luring dan daring. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan serta mendukung pengembangan pengetahuan, wawasan, dan kreativitas.

Pada penghujung program di setiap lokasi, Internet BAIK Series 8 akan melangsungkan showcase prototype platform yang dibuat oleh para peserta.

Sebagai informasi, program Internet BAIK dihadirkan untuk menciptakan ruang digital yang sejuk, aman, dan inklusif bagi seluruh masyarakat dalam berdemokrasi. Utamanya, di tengah agenda besar Pemilu 2024 dan berbagai tantangannya, terutama di sektor digital.

Melalui program edukasi literasi digital, khususnya bagi para siswa-siswi yang akan mengikuti pemilu pertama, Telkomsel berharap Internet BAIK Series 8 dapat mendukung Pemilu 2024 yang sehat dan damai dengan mendorong masyarakat memilih dengan bijak serta menjaga perdamaian di ruang digital.Dok. Telkomsel Melalui program edukasi literasi digital, khususnya bagi para siswa-siswi yang akan mengikuti pemilu pertama, Telkomsel berharap Internet BAIK Series 8 dapat mendukung Pemilu 2024 yang sehat dan damai dengan mendorong masyarakat memilih dengan bijak serta menjaga perdamaian di ruang digital.

Melalui program edukasi literasi digital, khususnya bagi para siswa-siswi yang akan mengikuti pemilu pertama mereka, Telkomsel berharap dapat mendukung keberlangsungan Pemilu 2024 yang sehat dan damai. Salah satunya, dengan mendorong masyarakat memilih dengan bijak serta menjaga perdamaian di ruang digital.

Secara umum, InternetBAIK merupakan program CSR Telkomsel yang berfokus membuka lebih banyak peluang dalam meningkatkan kualitas kewarganegaraan digital (digital citizenship). Upaya ini dilakukan Telkomsel dengan konsisten mengambil peran mendukung peningkatan literasi digital di kalangan generasi muda yang kreatif dan inspiratif guna menciptakan konten positif dan efektif secara sehat dan positif.

Sejak 2016, Internet BAIK telah meningkatkan pengetahuan dan keterampilan dalam penggunaan teknologi secara bertanggung jawab, aman, inspiratif, dan kreatif (BAIK) kepada lebih dari 15.500 pelajar di lebih dari 780 sekolah.

Tak ketinggalan, program tersebut juga telah meningkatkan pengetahuan lebih dari 7.000 guru, orangtua, dan komunitas di lebih dari 240 kota/kabupaten di seluruh penjuru Indonesia, serta menciptakan lebih dari 1.600 Internet BAIK Agents of Change bersama lebih dari 270 kreator konten.

Guna mendukung pelaksanaan Internet BAIK, Telkomsel pun memberikan kesempatan bagi para karyawannya untuk ikut berpartisipasi melalui program employee volunteering.

Untuk mendapatkan informasi lebih lengkap mengenai program Internet BAIK Series 8 dan registrasinya, dapat diakses melalui laman internetbaik.id.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com