Advertorial

Mulai dari AgenBRILink untuk Akses Layanan Perbankan hingga Inovasi Eduwisata Bawa Desa Lerep Jadi Juara 3 Nugraha Karya Desa BRILiaN 2023

Kompas.com - 22/01/2024, 15:57 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com – Berlokasi di kaki Gunung Ungaran dengan ketinggian 340-910 meter di atas permukaan laut (mdpl) membuat Desa Lerep, Kecamatan Ungaran Barat, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah (Jateng) kaya akan potensi alam.

Mulai dari tanaman kopi, cengkih, durian, hingga rempah-rempah bisa tumbuh subur di desa dengan luas wilayah sebesar 682,32 hektare (ha) tersebut. Desa Lerep juga memiliki Curug Indrokilo dan Embung Sebligo yang punya potensi wisata. 

Sadar akan potensi yang cukup besar itu, pemerintah desa beserta warga Desa Lerep berinovasi mengembangkan potensi tersebut dengan bertransformasi menjadi desa wisata. 

Kepala Desa Lerep Sumariyadi bercerita, ide inovasi desa wisata bermula dari sapi-sapi yang dirawat oleh warga di kediaman masing-masing. 

Karena menimbulkan permasalahan limbah yang mengganggu lingkungan, pemerintah desa dan masyarakat berinisiatif untuk mengumpulkan seluruh sapi peliharaan warga di satu lokasi dan menjadikannya peternakan sapi.

“Dari situ, banyak warga memberikan masukan untuk mengembangkan peternakan serta produk sampingannya, seperti biogas dan pupuk organik. Akhirnya, peternakan itu dikembangkan menjadi kampung (tematik) sapi,” ujar Sumariyadi saat dihubungi Kompas.com, Kamis (11/1/2024). 

Berangkat dari inovasi tersebut, Desa Lerep berkembang menjadi desa wisata edukasi dan ekologi. Tak hanya kampung sapi, kini, setiap dusun di desa ini telah bertransformasi menjadi kampung-kampung tematik, seperti Kampung Durian, Kampung Kopi, dan Kampung Keripik. 

Inovasi yang dilakukan Desa Lerep tidak berhenti di situ. Untuk semakin mengembangkan potensi, Desa Lerep kemudian mengembangkan program Paket Eduwisata yang dikelola oleh Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Gerbang Lentera. 

Melalui inovasi itu, BUMDes Gerbang Lentera menawarkan pengalaman wisata edukasi yang lengkap kepada wisatawan, mulai dari mengunjungi Kampung Durian, belajar menanam padi, membuat olahan susu sapi, membuat kerajinan berbahan sampah, hingga mempelajari budaya setempat. 

“Untuk mendukung program eduwisata itu, masyarakat Desa Lerep juga membuat homestay di rumah-rumah warga sebagai tempat wisatawan bagi menginap,” kata Sumariyadi. 

Di samping itu, Desa Lerep juga mengembangkan potensi wisata lain. Sebut saja, wisata alam Curug Indrokilo, Wisata Embung Sebligo, wisata offroad, hingga Pasar Kuliner Jajanan Ndeso. 

Pasar Kuliner Jajanan Ndeso yang digelar setiap Minggu Pon dan Pahing itu tidak hanya menjadi destinasi wisata, tetapi juga menjadi wadah untuk para petani menjual hasil panen dan sekaligus menambah nilai ekonomis dari komoditas lokal.

“Terkadang supply dan demand tidak terkendali. Ketika (hasil panen) melimpah dan tidak laku, (akhirnya) dijual dengan harga murah. Bagaimana petani bisa maju kalau seperti itu? Karena itulah, kami buat pasar kuliner,” tutur Sumaryadi. 

Produk BRI untuk aktivitas ekonomi masyarakat

Guna mendukung aktivitas ekonomi masyarakat, Desa Lerep turut memanfaatkan produk-produk perbankan dari BRI. 

Untuk transaksi di Pasar Kuliner Jajanan Ndeso, misalnya, para penjual telah dibekali dengan metode pembayaran nontunai, yakni QRIS BRI. Tujuannya, agar para pengunjung pasar dapat dengan mudah bertransaksi tanpa perlu repot menyiapkan uang tunai.

Kemudian, di Desa Lerep juga terdapat AgenBRILink sebagai perluasan layanan perbankan BRI. Menurut Sumariyadi, kehadiran AgenBRILink di desanya turut membantu masyarakat yang tidak memiliki rekening bank (unbanked) dalam mengakses layanan perbankan.

Salah satunya adalah membantu masyarakat yang tidak memiliki rekening untuk menerima kiriman uang dari anggota keluarga yang bekerja di luar desa. 

“Orang-orang tua (lansia), misalnya, yang ditinggal anaknya bekerja tetap bisa dapat kiriman uang dan diambil di AgenBRILink tanpa harus bepergian jauh ke bank di kota,” katanya.

Tak hanya itu, AgenBRILink juga membantu berbagai aktivitas transaksi masyarakat, seperti mempermudah membayar sejumlah tagihan, seperti berlangganan internet. Hal ini secara tidak langsung juga membantu digitalisasi keuangan di masyarakat.

Untuk diketahui, AgenBRILink merupakan perluasan layanan perbankan BRI yang menjalin kerja sama dengan nasabah BRI sebagai agen. Para agen ini dapat melayani transaksi perbankan bagi masyarakat secara real-timeonline.

Melalui AgenBRILink, nasabah BRI ataupun masyarakat umum bisa mendapatkan pelayanan yang sama seperti hal di unit kerja BRI, mulai dari transfer uang, setor tunai, tarik tunai, pembayaran tagihan dan cicilan, hingga setoran pinjaman.

Berbagai inovasi dan upaya pengembangan ekonomi desa itu pun membuahkan hasil. Desa Lerep berhasil meraih Juara 3 pada ajang Nugraha Karya Desa BRILiaN 2023 pada Rabu (10/1/2024).

Sumaryadi mengatakan, penghargaan tersebut menjadi kebanggaan tersendiri bagi masyarakat Desa Lerep. Ia menjelaskan, hadiah yang diterima dalam ajang Nugraha Karya Desa BRILiaN 2023 akan digunakan untuk pengembangan desa, terutama destinasi wisata. 

“Mungkin kami akan membangun camping ground di kawasan Embung Sebligo. Untuk itu, kami juga berharap, BRI terus memberikan pendampingan dalam prosesnya agar destinasi wisata baru ini bisa berkelanjutan,” paparnya. 

Dengan meningkatkan potensi desa agar lebih maju dan kreatif di masa depan, masyarakat desa di mana pun di Indonesia berkesempatan mengikuti jejak desa-desa yang menjadi pemenang Program Desa BRILiaN.

Raih kesempatan jadi Desa BRILiaN tahun berikutnya dengan mengunjungi atau menghubungi Kantor BRI Unit dan Mantri BRI Unit terdekat yang akan membantu pendaftaran.

Yuk, jadikan desamu sebagai salah satu Desa BRILiaN.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com