Advertorial

Genjot Ekonomi Kerakyatan, PNM Lakukan Sinergi Social Loan dengan HSBC

Kompas.com - 22/01/2024, 19:23 WIB

KOMPAS.com – PT Permodalan Nasional Madani (PNM) sepakat melakukan sinergi social loan dengan PT Bank HSBC.

Penandatangan kerja sama tersebut dilakukan oleh Direktur Operasional, Digital, dan Teknologi Informasi PT PNM Sunar Basuki serta President Director HSBC Francois De Maricourt di Jakarta pada Selasa (16/1/2024).

Sunar mengatakan bahwa kerja sama tersebut merupakan salah satu bentuk komitmen PNM untuk memberdayakan ekonomi berbasis kerakyatan melalui pendampingan dan pembiayaan ultramikro bagi masyarakat Indonesia.

“Penerimaan tersebut sangat tepat guna, terlebih PNM merupakan lembaga yang berfokus pada pembiayaan serta pendampingan usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) serta ultramikro,” jelas Sunar dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Senin (22/1/2024).

Dia melanjutkan, penerimaan penyaluran dana sosial itu juga bertujuan untuk mendorong peningkatan status sosial ekonomi perempuan di seluruh Indonesia.

“Program PNM Mekaar yang hadir sejak 2015 beranggotakan 15,2 juta nasabah perempuan. Penyaluran ini diharapkan dapat mengoptimalkan program tersebut,” ucap Sunar.

Sunar menambahkan bahwa PNM Mekaar berbeda dengan pembiayaan lain. Sebab, program ini memberikan akses permodalan bagi perempuan prasejahtera di seluruh Indonesia dengan maksimal pendapatan senilai Rp 800.000 per bulan.

Untuk memaksimalkan layanan tersebut, PNM juga menghadirkan berbagai program pendampingan sehingga modal yang diberikan dapat dikelola dengan baik.

Dengan kata lain, ucap Sunar, PNM telah memberikan tiga modal utama, yakni modal finansial, intelektual, dan sosial.

“Jika bukan kami (yang mendorong pemberdayaan perempuan), siapa lagi? Kita harus percaya bahwa mereka bisa berdaya dan bahkan menjadi bagian dari tulang punggung perekonomian bangsa,” tegas Sunar.

Seperti diketahui, PNM telah bertransformasi menjadi salah satu group lending dan lembaga pemberdayaan terbesar di dunia yang mengusung pola pemberdayaan.

Dalam memberdayakan nasabah, PNM berpegang pada konsep pembiayaan dan pendampingan berkelanjutan. Pola ini diyakini dapat mengefektifkan modal dalam pengembangan usaha nasabah.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com