Advertorial

Ajinomoto Health Provider Ajak Ibu-ibu PKK di 15 Kota Indonesia Tingkatkan Perilaku Sadar Gizi Keluarga

Kompas.com - 25/01/2024, 12:00 WIB

KOMPAS.com - PT Ajinomoto Indonesia (Ajinomoto) mengadakan acara Gerakan Masak Bergizi (GEMBIRA) untuk ibu-ibu Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) di Kecamatan Klojen, Malang, Jawa Timur, Selasa (23/1/2024). Acara ini juga diselenggarakan di 15 kota besar lain di Indonesia.

Kegiatan tersebut diselenggarakan untuk memberikan pemahaman terkait pentingnya asupan gizi yang seimbang, bijak mengonsumsi garam, dan kesehatan keluarga.

Sebagai informasi, Ajinomoto memiliki visi untuk meningkatkan harapan hidup sehat bagi 1 miliar orang di seluruh dunia pada 2023. Salah satu upaya untuk mewujudkan visi itu adalah melalui acara GEMBIRA.

Sejak 2022, kegiatan itu sudah diikuti lebih dari 5.900 ibu-ibu PKK. Mereka mendapatkan edukasi gizi dan demo masak makanan bergizi seimbang melalui acara ini.

Wakil Kepala Cabang Surabaya PT Ajinomoto Sales Indonesia Yusuke Maeyama mengatakan, ibu memiliki peran penting dalam menyediakan makanan yang sehat dan bergizi.

Pasalnya, ibu adalah orang yang menentukan menu makanan keluarga setiap hari. Dengan makanan sehat dan asupan gizi seimbang, keluarga dapat tumbuh dengan baik.

Ajinomoto menyadari, asupan gizi yang baik dalam keluarga patut dicermati. Pasalnya, keluarga merupakan fondasi yang sangat penting bagi perkembangan suatu generasi. Keluarga yang sehat dapat menghasilkan bangsa yang sehat dan kuat di masa depan.

Gizi yang baik merupakan modal penting bagi pertumbuhan generasi Indonesia. Dengan gizi yang lengkap, perkembangan mental dan fisik generasi muda Indonesia akan bertambah baik.

“Gizi yang baik dapat membuat generasi muda Indonesia dapat tumbuh menjadi bangsa yang kuat,” kata Yusuke dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Selasa (23/1/2023).

Yusuke menjelaskan bahwa pada acara Gembira di Kecamatan Klojen, Ajinomoto berupaya meningkatkan perilaku sadar gizi. Inisiatif ini dilakukan dengan membagikan informasi asupan gizi seimbang yang baik untuk keluarga.

Selain itu, Ajinomoto juga mengedukasi cara memilih makanan dengan asupan gizi seimbang melalui “Isi Piringku” dan menghitung status gizi menggunakan cakram gizi.

“Kami juga menyosialisasikan pentingnya peranan bumbu umami dalam pembatasan asupan garam melalui pesan ‘Bijak Garam’,” kata Yusuke.

Sebagai informasi, Bijak Garam merupakan upaya untuk mengurangi penggunaan garam dalam memasak dengan menambahkan sedikit MSG. Konsep ini dapat membantu mengurangi risiko hipertensi.

Cara mengaplikasikan Bijak Garam pun sangat mudah. Ibu cukup mengurangi penggunaan garam yang semula 2 sendok teh (sdt) menjadi 1 sdt garam + setengah sdt MSG untuk 1 liter air per kuah dalam menu masakan.

Yusuke berharap bahwa melalui edukasi tersebut, para ibu dapat memahami pentingnya asupan makanan yang baik dan mengandung gizi seimbang.

“Kami juga mengharapkan informasi yang didapat ibu pada hari ini dapat diteruskan kepada anggota keluarga lain. Dengan demikian, Bijak Garam dapat menjadi kebiasaan yang baik dalam menyiapkan asupan makanan bergizi bagi keluarga,” ujarnya.

Wakil Kepala Cabang Surabaya PT Ajinomoto Sales Indonesia Yusuke Maeyama saat memberi sambutan dalam Gerakan Masak Bergizi bersama Ajinomoto Health Provider di Kecamatan Klojen, Malang, Jawa Timur, Selasa (23/1/2024).DOK. Ajinomoto Wakil Kepala Cabang Surabaya PT Ajinomoto Sales Indonesia Yusuke Maeyama saat memberi sambutan dalam Gerakan Masak Bergizi bersama Ajinomoto Health Provider di Kecamatan Klojen, Malang, Jawa Timur, Selasa (23/1/2024).

Yusuke memaparkan, Ajinomoto mempunyai dua tujuan besar menuju 2030. Pertama, meningkatkan kualitas dan harapan hidup sehat keluarga Indonesia. Kedua, mengurangi dampak lingkungan dari kegiatan perusahaan.

Inisiatif tersebut dilakukan dan disebarkan oleh Health Provider—sebutan bagi karyawan Ajinomoto Indonesia. Karyawan Ajinomoto telah dibekali pengetahuan terkait gizi, kesehatan keluarga, dan kelestarian lingkungan.

Ajinomoto menyoroti empat masalah kesehatan yang kerap melanda anak-anak, yakni stunting, obesitas, konsumsi garam berlebih, serta anemia. Melalui inisiatif Health Provider, Ajinomoto membantu menghadirkan solusi masalah tersebut.

Acara edukasi mengenai gizi pada GEMBIRA merupakan salah satu upaya Ajinomoto untuk mengurangi keempat masalah kesehatan tersebut.

“Sebagai Health Provider, kami mengomunikasikan acara GEMBIRA melalui tiga pesan utama, yakni atur porsi makan, cukupi asupan dengan makanan lezat bergizi seimbang, lezat, dan bijak konsumsi garam”, tutur Yusuke.

Untuk diketahui, acara tersebut dimeriahkan oleh Chef Devina Hermawan. Alumnus Master Chef Season 5 ini memandu ibu-ibu di Kecamatan Klojen memasak 3 menu lezat yang praktis dengan gizi seimbang.

Adapun menu tersebut adalah Bijak Garam “Kaki Naga Sayur ala AJI-NO-MOTO®” dan 2 menu kelezatan inovasi kaldu Masako, yaitu Bakso Malang ala Masako dan Tumis Sayur Bakso ala Masako®. Resep menu ini diambil dari laman Dapur Umami (https://www.dapurumami.com/). Selain edukasi gizi dan demo masak, Ajinomoto juga membagikan informasi mengenai produk Masako.

Rangkaian event GEMBIRA 2024 telah dimulai sejak Agustus 2023. Berdasarkan survei yang dilaksanakan terhadap seluruh peserta, pemahaman mereka terhadap informasi Gizi Seimbang, Bijak Garam, dan Inovasi Produk Ramah Lingkungan Ajinomoto semakin meningkat.

Selain GEMBIRA, Ajinomoto juga telah menginisiasi beberapa aktivitas terkait upaya peningkatan harapan hidup sehat masyarakat Indonesia. Untuk mendapatkan informasi lebih lengkap, Anda bisa mengunjungi tautan www.ajinomoto.co.id/id/artikel.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com