Advertorial

All New Yamaha NMAX 155 dan XMAX Connected, Memang Boleh Skutik Gambot Senyaman dan Secanggih Ini?

Kompas.com - 25/01/2024, 16:48 WIB

KOMPAS.com – Sejak pertama kali diperkenalkan di Indonesia pada 2015, Yamaha NMAX 155 langsung mencuri perhatian penggemar motor di Indonesia. Sulung dari keluarga MAXI Indonesia ini mengawali kehadiran Yamaha di pasar skuter matik (skutik) gambot atau besar di Tanah Air.

Dua tahun berselang, Yamaha merilis XMAX dengan kubikasi lebih besar, yakni 250 cc, untuk melengkapi MAXI Indonesia. Sama seperti NMAX, XMAX juga mendapat sambutan positif masyarakat.

Kini, baik NMAX maupun XMAX telah mendapatkan pembaruan dari Yamaha yang membuat keduanya menjadi skutik gambot nyaman dan canggih. Seperti apa kenyamanan dan kecanggihan All New NMAX 155 dan XMAX Connected?

All New NMAX 155

Dari segi tampilan, All New NMAX 155 memiliki bodi kekar dengan lekukan garis sudut yang tegas.

Skutik tersebut memiliki panjang 1.935 milimeter (mm), lebar 740 mm, dan tinggi 1.160 mm. Sementara itu, sumbu roda berjarak 1.340 mm dan jarak terendah ke tanahnya 124 mm.

Selain itu, All New NMAX 155 memiliki ketinggian jok 756 mm dengan desain kursi lebih melebar. Joknya berkontur ganda sehingga membuat tampilan motor semakin gagah dan stylish.

All New NMAX 155 menawarkan kenyamanan kepada pengguna. Hal ini dbuktikan melalui desain motor yang menghadirkan segitiga ergonomi dengan baik dan proporsional agar dapat menopang tubuh pengendara dengan sempurna. Dengan demikian, pengguna All New Nmax 155 tidak mudah lelah selama perjalanan.

Selain itu, pada posisi kaki, All New NMAX 155 memiliki ruang pijakan kaki luas dengan penempatan yang fleksibel. Saat melalui perjalanan panjang, pengendara bisa memindahkan kaki ke pijakan atas untuk melemaskan otot kaki.

All New NMAX 155. DOK. Yamaha All New NMAX 155.

Posisi pijakan yang ergonomis ini memungkinkan pengendara tetap fokus melihat ke depan tanpa takut kaki menjadi pegal.

Untuk ukuran ban, All New NMAX 155 menggunakan ban depan 110/70 dan belakang 130/70 dengan diameter ring 13.

Skutik gambot tersebut juga memiliki berbagai fitur canggih, seperti lampu LED, lampu hazard, spidometer digital, side stand switchstop start system, Y-Connect, keyless smart key systemelectric power sockethandlebar switch controlsmart motor generator (SMG).

Yamaha juga menyematkan fitur smart key system. Fitur ini membuat pengendara dapat menyalakan motor hanya dengan menekan tombol alias tanpa kunci. Terdapat juga fitur answer back system yang membuat motor memberi respons suara. Semua lampu sein juga akan menyala saat tombol ditekan.

Untuk mesin, All New NMAX 155 dibekali mesin 155 cc berpendingin cairan SOHC 1-silinder 4-langkah. Mesin ini mampu memberikan tenaga 15,4 dk pada 8.000 rpm dan torsi 13,9 Nm di putaran 6.500 rpm.

All New NMAX 155 dibanderol mulai Rp 31.615.000 untuk kategori standar. Motor ini memiliki empat varian warna, yakni Matte Green, Metalic Blue, Metalic Red, serta Maxi Signature.

XMAX Connected

Dari segi desain, XMAX Connected memiliki lebih banyak lekukan pada bodi ketimbang All New NMAX 155. Hal ini membuat motor skuter premium ini tampak lebih agresif.

XMAX Connected memiliki headlampstoplamp, dan sein full LED. Panel instrumennya menggunakan model dual cluster yang punya fungsi navigasi dan bisa terhubung ke smartphone.

Motor skuter premium Yamaha tersebut memiliki bagasi berkapasitas 44,9 liter. Bagasi yang luas ini dapat digunakan untuk menaruh berbagai alat perlengkapan riding, seperti jas hujan, baju ganti, dan serta perlengkapan lain.

Tangkinya berkapasitas 13 liter sehingga mampu memberikan daya jelajah lebih jauh. XMAX Connected menggunakan ban depan 120/70-15 dan belakang 140/70-14.

Untuk kenyamanan, XMAX Connected menawarkan dua posisi pijakan kaki dan area pijakan yang luas untuk membuat kaki lebih rileks saat perjalanan jarak dekat atau jauh.

XMAX Connected. DOK. Yamaha XMAX Connected.

Motor skuter premium Yamaha ini juga memiliki jok yang lebar dan nyaman untuk menopang bokong pengendara selama perjalanan.

XMAX Connected dirancang dengan posisi duduk yang ergonomis. Posisi ini membuat pengendara tidak mudah pegal saat menempuh perjalanan jarak jauh selama berjam-jam.

Untuk fitur, XMAX Connected dibekali dengan fitur navigasi, TFT Infotainment Display, Y-Connect, Anti-lock Braking System (ABS) dual channeltraction control (TCS), smartkey system, serta lampu hazard.

Terdapat juga teknologi Traction Control System yang dirancang untuk mengurangi risiko ban belakang selip pada saat akselerasi di segala situasi permukaan jalan. Dengan demikian, pengendara tak perlu khawatir ban selip saat memacu XMAX Connected.

XMAX Connected menggunakan mesin Blue Core 249,8 cc SOHC 4 katup berpendingin cairan dengan standar emisi Euro 3. Mesin ini memiliki kompresi 10,5:1 dengan tenaga sebesar 22,5 dk pada 7.000 rpm dan torsi maksimum 24,3 Nm di 5.500 rpm. 

Selain sudah dibekali ABS, pengereman skutik tersebut juga menggunakan kaliper 2 piston di depan dan 1 piston di belakang. Hal ini membuat rem motor ini pakem di segala kondisi permukaan jalan.

XMAX Connected dibanderol mulai Rp 66 juta. Motor ini memiliki empat varian warna, yakni Dark Petrol, Premium Black, Prestige Grey, serta Luxury Red.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com