Advertorial

Kinerja Keuangan Kuat, Tugu Insurance Banjir Apresiasi

Kompas.com - 27/01/2024, 08:15 WIB

KOMPAS.com Berbagai penghargaan prestisius berhasil diraih PT Asuransi Tugu Pratama Indonesia Tbk (Tugu Insurance) sejak awal 2024. Prestasi ini melanjutkan raihan yang didapat sepanjang 2023 sekaligus menunjukan kinerja nyata emiten Anak Badan Usaha Milik Negara (BUMN) PT Pertamina Persero di industri asuransi Tanah Air.

Awal 2024 ini dinilai permulaan oleh Direktur Keuangan & Layanan Korporat Tugu Insurance Emil Hakim didapuk oleh Warta Ekonomi untuk yang ketiga kalinya sebagai Best Performance Chief Financial Officer in Optimizing Business Lines Performance to Reach Profitability, kategori General Insurance dalam ajang Indonesia Best CFO Awards 2024 atas konsistensi kinerjanya yang dinilai mampu mempertahankan pertumbuhan perseroan secara baik.

Emil Hakim menyampaikan bahwa sebagai CFO turut memiliki peran penting untuk tetap membawa perusahaan terus beradaptasi dengan berbagai tuntutan inovasi demi keberlangsungan operasional bisnis perusahaan.

"Apresiasi ini menjadi tambahan semangat bagi Tugu Insurance untuk terus berinovasi dalam memberikan kontribusi positif terhadap perkembangan perekonomian nasional dari sektor perasuransian. Untuk itu, kami berusaha meningkatkan kemanfaatan atas eksistensi Tugu Insurance, baik bagi segenap shareholders maupun stakeholders," jelas Emil dalam rilis yang diterima Kompas.com, Jumat (26/1/2024).

Adapun pada pengujung 2023, Tugu Insurance juga mengantongi penganugerahan sebagai TOP 20 Financial Institution Awards 2023 dari majalah Digital The Finance Infobank dan meraih dua penghargaan bergengsi, antara lain The Best Performing General Insurance 2023 Based on Financial Performance 2020-2022 untuk kategori General Insurance Category With Premium Gross Above Rp 2,5 Trillion serta Emil Hakim sebagai Best Chief Financial Officer (CFO) 2023 in Financial Institutions 2023 untuk General Insurance Category With Premium Gross Above Rp 2,5 Trillion.

Sementara penghargaan lainnya yang turut diraih Tugu Insurance sebagai Indonesia Best 50 Financial Institution Awards 2023 yang digelar untuk tahun kelima oleh The Iconomics.

Saat itu, Tugu Insurance berhasil menyabet penghargaan sebagai Best Social Contribution Reputation Award untuk kategori General Insurance > 10 Triliun. Adapun predikat ini diberikan kepada perusahaan finansial dengan reputasi kontribusi sosial tertinggi pada kategorinya.

The Iconomics juga mengapresiasi Emil Hakim sebagai Most Popular CFO 2023. Penilaiannya pun dilakukan melalui kajian media monitoring dan riset The Iconomics. Kajian ini mengukur jumlah keywords penelusuran person CFO hingga perusahaan terkait dari periode 2022 hingga kuartal III tahun 2023.

Kemudian, hasilnya dilakukan penyeleksian berdasarkan tingkat Related News hingga Sentiment News. Semakin tinggi hasil dari penilaian tersebut maka semakin merepresentasikan tingkat popularitas dari CFO dari perusahaan.

Emil menjelaskan bahwa prestasi ini tak lepas dari hasil kerja keras segenap insan #Tuguers—sebutan bagi karyawan Tugu Insurance—maupun dukungan kepercayaan para pelanggan. Adapun Tugu Insurance telah mencatatkan RBC 569,8 persen jauh di atas ketentuan batas minimun Otoritas Jasa Keuangan (OJK), yakni 120 persen per TW3/2023 serta sejak 2016 memiliki Global Rating dengan predikat "A-" dari AMBest.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com