Advertorial

Rayakan BK3N 2024, Pupuk Kaltim Ajak Masyarakat Perkuat Budaya Keselamatan

Kompas.com - 02/02/2024, 16:28 WIB

KOMPAS.com - PT Pupuk Kalimantan Timur (Pupuk Kaltim) berkomitmen penuh untuk mengedepankan prinsip dan penerapan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) dalam setiap tahapan operasional.

Hal tersebut merupakan wujud komitmen Pupuk Kaltim sebagai pelaku industri pupuk dan petrokimia dengan operasional pabrik dan material berisiko tinggi.

Dalam mengawasi penerapan K3, Unit Kerja Departemen K3 memimpin implementasi penerapan K3 di seluruh aspek kegiatan perusahaan.

Unit Kerja Departemen K3 juga dibantu tim khusus yang direkrut dari semua unit kerja untuk mendukung penerapan K3, seperti Tim Gugus Penanggulangan Kebakaran, Panitia Pembina Keselamatan dan Kesehatan Kerja (P2K3), Tim Pertolongan Pertama Pada Kecelakaan (P3K), Tim Evakuasi, Tim Search and Rescue (SAR), serta petugas Safety Representatives.

Adapun implementasi K3 Pupuk Kaltim mengacu pada Sistem Manajemen Keselamatan dan Kesehatan Kerja (SMK3) sesuai Peraturan Pemerintah Nomor 50 Tahun 2012 dan Standar ISO 45001:2018.

Implementasi SMK3 dilakukan untuk memastikan pemenuhan aspek K3 di seluruh aktivitas, mulai dari identifikasi terhadap risiko, analisis penilaian, hingga mitigasi risiko. Pencegahan risiko dilakukan menggunakan sejumlah tools, seperti Sistem Manajemen Risiko yang terintegrasi dalam seluruh proses bisnis perusahaan.

Rayakan BK3N

Teranyar, Pupuk Kaltim turut meramaikan peringatan Bulan K3 Nasional (BK3N) bertajuk “Budayakan K3, Sehat, dan Selamat dalam Bekerja, Terjaga Keberlanjutan Usaha” mulai 12 Januari–12 Februari 2024.

Pada acara tersebut, Pupuk Kaltim bersama seluruh karyawan dan masyarakat sekitar di Bontang menunjukkan komitmen dalam mengedepankan upaya K3 untuk mengoptimalkan produktivitas SDM.

Peringatan BK3N juga menjadi upaya Pupuk Kaltim dalam mendukung pencapaian tujuan ke-8 dari Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs), yaitu meningkatkan pertumbuhan ekonomi yang inklusif dan berkelanjutan, kesempatan kerja yang produktif dan menyeluruh, serta pekerjaan yang layak.

Direktur Utama Pupuk Kaltim Budi Wahju Soesilo menyampaikan bahwa pelaksanaan BK3N bukan hanya sebuah perayaan, melainkan juga langkah kolaboratif dari Pupuk Kaltim untuk menciptakan budaya keselamatan dan kesehatan kerja yang lebih baik di lingkungan kerja dan masyarakat sekitar.

Melalui BK3N, Pupuk Kaltim mengajak karyawan dan masyarakat untuk mengetahui pentingnya keselamatan dan kesehatan dalam setiap aspek kehidupan. Dengan demikian, produktivitas dapat terjaga secara optimal.

Latihan pengamanan K3.DOK. Pupuk Kaltim Latihan pengamanan K3.

Budi memaparkan, pihaknya memiliki slogan “Safety is Our Personality” dalam membudayakan K3 di setiap aspek perusahaan. Filosofi dasar K3 menjadi panduan dalam menjaga keutuhan pekerja.

“Bagi kami, penerapan K3 bukan hanya tujuan, melainkan bagian dari perjalanan perusahaan menuju kesuksesan yang berkelanjutan,” kata Budi dalam siaran tertulis yang diterima Kompas.com, Jumat (2/2/2024).

Komitmen Pupuk Kaltim terhadap pelaksanaan K3 di perusahaan dapat dilihat dari berbagai penghargaan yang telah diterima dari Kementerian Ketenagakerjaan pada 2023.

Pupuk Kaltim menerima Penghargaan Kecelakaan Nihil atas prestasi perusahaan dalam melaksanakan K3 yang mencapai 53.328.987 jam kerja orang tanpa kecelakaan kerja terhitung sejak 9 Februari 2016 sampai 31 Desember 2022.

Pupuk Kaltim juga menerima Penghargaan Program Pencegahan Dan Penanggulangan Covid-19 di tempat kerja dan Program Pencegahan Dan Penanggulangan HIV-AIDS di tempat kerja dalam Kategori Platinum.

Guna memeriahkan BK3N Pupuk Kaltim 2024, Pupuk Kaltim melaksanakan beberapa rangkaian acara. Sebut saja, lomba lari 5 kilometer, workshop Contractor Safety Management System (CSMS) bersama Kamar Dagang dan Industri (Kadin), lomba penyelamatan dan penanganan kebakaran, serta lomba safety induction.

Pupuk Kaltim juga menggelar seminar kesehatan bertajuk “Happiness Comes with Healthiness” yang dilakukan bersamaan dengan kegiatan konseling dan tes HIV sukarela bagi peserta seminar guna meningkatkan kesadaran terkait HIV/AIDS.

Dengan tingginya dukungan dari pihak eksternal dalam keberlangsungan bisnis perusahaan, Pupuk Kaltim juga melakukan penilaian Kinerja Keamanan Kontraktor. Inisiatif ini dilakukan guna memotivasi kontraktor agar selalu mengutamakan K3 dalam meningkatkan dan mempertahankan performanya.

Tak berhenti disitu, Pupuk Kaltim juga mengadakan lomba poster K3 kepada pelajar SMA se-kota Bontang dan lomba video reels Instagram serta Safety Campaign in The Air (siaran radio) untuk masyarakat umum. Hal ini dilakukan untuk mengajak seluruh elemen masyarakat memahami makna K3 secara menyeluruh.

Perayaan BK3N Pupuk Kaltim 2024 akan ditutup dengan pemberian penghargaan K3 serta peresmian Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) sebagai bentuk inisiatif Pupuk Kaltim dalam upaya dekarbonasi.

Soesilo melanjutkan, K3 merupakan aspek penting dalam perlindungan ketenagakerjaan dan merupakan hak dasar dari setiap tenaga kerja.

“Sebagai perusahaan yang berdiri berdampingan dengan masyarakat, Pupuk Kaltim berkomitmen menjaga keutuhan, kesehatan dan keselamatan bukan hanya untuk karyawan perusahaan, tetapi juga masyarakat. Masyarakat yang tinggal di area dekat pabrik menjadi prioritas utama perusahaan,” tuturnya.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com