Advertorial

Mengenal Desa Wawowae, Pemenang Desa Potensial Wilayah Tengah Program Desa BRILiaN

Kompas.com - 04/02/2024, 15:24 WIB

KOMPAS.com - PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk atau BRI menghadirkan program Desa BRILiaN 2023 sebagai komitmen untuk mengembangkan perekonomian desa di Indonesia.

Pada program tersebut, BRI juga memberikan penghargaan untuk beberapa kategori. Salah satunya adalah penghargaan khusus bidang SDG's kategori Desa Potensial Wilayah Tengah untuk Desa Wawowae, Kecamatan Bajawa, Kabupaten Ngada, Nusa Tenggara Timur (NTT). 

Kepala Desa Wawowae Leonardus Seso bersyukur dan bangga karena bisa mengikuti program Desa BRILiaN. Menurutnya, program ini sejalan dengan visi dan misi Desa Wawowae, yaitu menciptakan masyarakat desa yang bermartabat dan berbudaya, serta mandiri sesuai kebutuhan desa.

Leonardus menjelaskan, Desa Wawowae yang memiliki luas wilayah 6,75 kilometer persegi atau 675 hektare terdiri dari tiga dusun dan sembilan RT. Penduduknya berjumlah 1.680 jiwa dan 405 kepala keluarga (KK). 

Sementara itu, sebagian besar mata pencaharian warga Desa Wawowae adalah petani. Masyarakat memanfaatkan lahan untuk kebun kopi, tanaman pangan dan hortikultura, serta peternakan. 

“Desa Wawowae memiliki tiga potensi unggulan, yakni sektor perkebunan (kebun kopi), tanaman pangan dan hortikultura, serta peternakan,” ujar Leonardus dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Minggu (4/2/2024). 

Keberhasilan Desa Wawowae dalam mengembangkan potensi desa tidak terlepas dari peran Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) setempat. Ketua BUMDes Watuata Hendrikus Bhaga Lalu menambahkan, sektor perkebunan dipilih sebagai potensi ekonomi desa karena punya peluang besar untuk dikembangkan. 

"Melalui forum musyawarah, kami sepakat untuk mengembangkan potensi unggulan kebun kopi dengan produk kopi arabika Flores Bajawa. Kami dapat menghasilkan 200 ton green beans saat masa panen Mei-September,” ujar Hendrikus.

Ketika masa panen kopi selesai, masyarakat mencari potensi lain, yaitu tanaman pangan dan hortikultura. Warga setempat merawat tanaman umur pendek, seperti sawi, kol, wortel, dan timun. Mereka juga mengembangkan peternakan hewan kecil dan besar.

Kembangkan potensi melalui Desa BRILiaN 2023

Selama mengikuti program Desa BRILiaN 2023, setiap desa, termasuk Desa Wawowae, mendapatkan berbagai manfaat, mulai dari mendapat pelatihan online gratis, peningkatan kapasitas serta kapabilitas manajemen desa, penyediaan konsultasi, hingga kesempatan mendapatkan berbagai penghargaan.

Salah satu warga Desa Wawowae, Edi, mengatakan bahwa ia mengikuti pelatihan selama 11 hari. Salah satu pelatihan yang bermanfaat adalah cara memasarkan produk di media sosial dan melalui aplikasi.

“Kami juga diedukasi mengenai sistem pelaporan keuangan. Kami biasanya mengerjakan laporan keuangan secara autodidak karena tidak memiliki basic keuangan. Bagi kami, pelatihan ini dapat jadi pembelajaran yang luar biasa," kata Edi. 

Produk Kopi AFB. Dok. BRI Produk Kopi AFB.

Selain itu, BRI juga melakukan re-branding produk Kopi Arabika Flores Bajawa (AFB) Fullwash. Berkat usaha dan kerja keras memajukan perekonomian masyarakat, Desa Wawowae menerima apresiasi dari BRI untuk pengembangan sarana dan prasarana pengembangan desa. 

"Apresiasi itu akan kami gunakan untuk mengembangkan potensi unggulan. Misalnya, penyediaan mesin untuk pengolahan kopi, seperti mesin sortir, dan rak jemur,” tutur Edi.

Melalui program Desa BRILiaN, Edi berharap, edukasi dari BRI terus berlanjut di desanya. Dia juga berharap, BRI bisa menjadi distributor utama untuk produk AFB. 

Pada kesempatan terpisah, Wakil Direktur Utama BRI Catur Budi Harto menambahkan, Desa BRILiaN merupakan program pemberdayaan desa yang bertujuan menghasilkan role model dalam pengembangan desa.

Inisiatif tersebut merupakan bentuk komitmen BRI sebagai agent of development dalam mengembangkan desa. Hingga akhir 2023, sebanyak 3.178 desa telah mendapatkan pemberdayaan Desa BRILiaN. 

“Program Desa BRILiaN merupakan contoh nyata komitmen BRI sebagai perusahaan BUMN dalam menerapkan economic value dan social value secara bersamaan. Berkat kemampuan BRI menavigasi tantangan, tujuan perusahaan dapat tercapai dengan baik,” tutur Catur.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com