Advertorial

Punya 31,6 Juta User, BRImo Jadi Salah Satu Aplikasi Mobile Banking Terbanyak Diunduh di Indonesia pada 2023

Kompas.com - 05/02/2024, 10:50 WIB

KOMPAS.comFinancial superapps milik PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk, BRImo, kembali menorehkan prestasi gemilang pada awal 2024.

Menurut laporan Data.AI, BRImo menjadi aplikasi mobile banking yang paling banyak diunduh oleh masyarakat di Indonesia di sepanjang 2023.

Direktur Jaringan dan Layanan BRI Andrijanto menyampaikan, capaian tersebut merupakan cerminan kepercayaan masyarakat yang terus meningkat terhadap aplikasi BRImo.

“Dengan lebih dari 100 fitur yang dimiliki BRImo, perseroan akan terus mendorong berbagai kemudahan, kecepatan, dan kenyamanan bertransaksi perbankan bagi masyarakat Indonesia,” ujar Andrijanto dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Senin (5/2/2024).

Sejauh ini, tambah Andrijanto, kualitas superapp BRImo terbukti mampu memberikan kenyamanan sehingga terus diandalkan oleh para pengguna, khususnya nasabah BRI.

Berdasarkan data BRI per Desember 2023, BRImo telah memiliki 31,6 juta pengguna. Angka ini meningkat 32,5 persen year-on-year (yoy) dibandingkan dengan periode yang sama pada 2022.

Kemudian, BRImo telah melayani 3 miliar kali transaksi pada 2023 atau tumbuh 69,2 persen yoy.

Sementara itu, volume transaksi BRImo berada di angka Rp 4.158 triliun. Angka ini naik 55,8 persen yoy.

Adapun untuk mengakomodasi kebutuhan nasabah yang semakin banyak, BRI telah memutakhirkan tampilan BRImo.

BRImo kini hadir dengan tampilan baru berisikan fitur-fitur yang lebih lengkap. Saat pertama kali membuka aplikasi, nasabah bakal terkesan lantaran BRI membuat tampilan pada halaman depan (homepage) BRImo tampak lebih modern.

Tampilan halaman depan BRImo kini hadir dengan warna biru yang lebih fresh. Tak hanya itu, pengguna juga akan merasakan suasana lebih bersahabat lewat sapaan di sisi atas halaman depan.

Kemudian, tampilan baru tersebut juga dilengkapi dengan fitur atau menu “Complain” yang hadir untuk memfasilitasi pengguna agar dapat menyampaikan masukan atau kendala yang dihadapi.

Selain itu, BRImo kini juga memiliki akses yang lebih cepat ke fitur-fitur unggulan untuk semakin mempermudah pengguna.

“Selain kecepatan yang terus ditingkatkan, pengelompokan fitur juga lebih mudah karena ditempatkan berdasarkan kebutuhan. Fitur andalan yang ada di tampilan baru tersebut, di antaranya Catatan Keuangan, Transfer, BRI Virtual Account (BRIVA), Pembelian Pulsa/Data, dan Beli Investasi Unggulan. Pengguna juga bisa langsung mencari fitur berdasarkan kata kuncinya (keyword),” jelas Andrijanto.

Ke depan, superapp BRImo akan terus berinovasi untuk memenuhi kebutuhan pengguna dari beragam segmen, mulai dari penambahan fitur untuk investasi, pembelian tiket kereta cepat Whoosh, voucer game dan streaming yang memenuhi kebutuhan lifestyle, registrasi BRImo di luar negeri, hingga fitur pendaftaran merchant.

BRImo saat ini juga semakin lengkap karena telah memiliki fitur Quick Response Indonesian Standard (QRIS) antarnegara (cross-border) yang hadir sejak 17 November 2023.

Fitur tersebut dapat digunakan untuk bertransaksi saat pengguna berbelanja di Singapura.

Selain memiliki fitur yang lengkap, saat ini superapps BRImo juga menjadi aplikasi mobile banking dengan rating terbaik dibandingkan aplikasi sejenis lainnya di Indonesia berdasarkan pengunduh pengguna Android (Play Store) dan iOS (AppStore).

Tercatat, para pengguna Android memberikan rating 4,6 dengan total 1 juta review. Sementara, rating pengguna iOS adalah 4,7 dengan total 141.000 review.

Berdasarkan laporan Data.AI, berikut daftar 10 aplikasi dengan jumlah download terbanyak di kategori keuangan (fintech) pada 2023.

  1. DANA
  2. BRImo
  3. EasyCash
  4. New Livin Mandiri
  5. Gopay
  6. BCA Mobile
  7. Kredivo
  8. OVO
  9. Adakami.
  10. Rupiah Cepat

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com