Advertorial

Bentuk Jiwa Wirausaha pada Siswa, Skystar Ventures UMN Gelar Skystar Youngpreneur Competition

Kompas.com - 07/02/2024, 10:32 WIB

KOMPAS.com - Skystar Ventures Universitas Multimedia Nusantara (UMN) mengajak siswa-siswi sekolah menengah untuk mengembangkan pola pikir entrepreneur melalui Skystar Youngpreneur Competition.

Kompetisi tersebut diselenggarakan di Raffles Christian School dan Sekolah Perkumpulan Mandiri pada Senin (22/1/2024) hingga Jumat (26/1/2024).

Dalam penyelenggaraan kompetisi kali ini, Skystar Ventures UMN berkolaborasi dengan DANA sebagai industry partner.

Lebih dari 50 siswa dan siswi Sekolah Perkumpulan Mandiri dan Raffles Group of Schools dilatih untuk menumbuhkan kreativitas dan keterampilan kewirausahaan, serta mengembangkan minat bisnis mereka.

Skystar Youngpreneur Competition pun memberikan kesempatan menyenangkan dan menantang bagi siswa-siswi yang menjadi peserta.

Mereka berkesempatan untuk berkolaborasi, membentuk karakter, menganalisis masalah, dan mempresentasikan ide mereka secara profesional dengan bantuan mentor-mentor berpengalaman di bidangnya.

Kegiatan tersebut dimulai dengan pembentukan tim yang dilanjutkan dengan brainstorming dan memperkaya pengetahuan industri.

Tidak hanya itu, peserta juga diajak untuk memperdalam identifikasi masalah dan melakukan riset guna menghasilkan solusi yang inovatif berdasarkan masalah industri sesungguhnya yang dibawakan oleh DANA.

Pada tahap akhir, peserta melakukan finalisasi solusi dari ide inovasi mereka dengan melakukan pitching kepada DANA dan perwakilan dari venture capital (VC). Pada sesi ini, siswa berkesempatan mendapatkan saran, masukan, dan tanggapan untuk mengenal realitas industri.

Tiga kelompok dengan ide terbaik memperoleh hadiah dengan total nilai Rp 2.250.000.

“Kompetisi ini menjadi kesempatan untuk siswa berkumpul, berinteraksi, serta belajar bersama. Tidak hanya belajar dari satu sama lain, tetapi juga dari mentor dan fasilitator. Mereka mendapat kesempatan untuk belajar dari studi kasus dari orang-orang yang berpengalaman,” ujar Director Raffles Group of School Gary Tan selaku dalam rilis pers yang diterima Kompas.com, Selasa (6/2/2024).

-Dok. UMN -

Pada kesempatan sama, Academic Director Sekolah Perkumpulan Mandiri Yenny Chandra mengatakan, program tersebut merupakan wujud pembelajaran kolaboratif.

“Selain memupuk bakat kewirausahaan, Skystar Youngpreneur Competition juga membentuk karakter serta pengetahuan praktis siswa dalam menghadapi dunia bisnis yang kian dinamis,” kata Yenny.

Untuk diketahui, Skystar Youngpreneur Competition telah digelar dua kali sejak 2023. Kegiatan ini merupakan inisiatif Skystar Ventures, Universitas Multimedia Nusantara, DANA, serta Raffles Group of School dan Sekolah Perkumpulan Mandiri.

Head of Incubator Skystar Ventures UMN dan sekaligus Wakil Rektor Bidang Administrasi Umum dan Keuangan UMN, Andrey Andoko, mengatakan bahwa kolaborasi tersebut merupakan bagian dari upaya untuk menciptakan masa depan yang dipimpin generasi yang berpikiran kritis, kreatif, dan inovatif demi menopang ekonomi bangsa. 

“Indonesia membutuhkan lebih banyak entrepreneur. Dengan mengenalkan entrepreneurship sejak dini, diharapkan tercipta lebih banyak entrepreneur baru yang akan berkontribusi pada penciptaan lapangan kerja,” papar Andrey.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com