Advertorial

Tugu Insurance Raih Predikat Global Financial Strength Rating A- 8 Tahun Berturut-turut

Kompas.com - 07/02/2024, 20:43 WIB

KOMPAS.com – PT Asuransi Tugu Pratama Indonesia Tbk (Tugu Insurance) kembali meraih prestasi membanggakan. Teranyar, Tugu Insurance meraih predikat Financial Strength Rating A- (Excellent) dan The Long-Term Issuer Credit Rating of “a-” (Excellent) dari lembaga pemeringkat di bidang asuransi asal Amerika Serikat, AM Best.

Berkat raihan tersebut, Tugu Insurance berhasil mendapatkan Predikat Rating A- (Excellent) sebanyak delapan kali berturut-turut sejak 2016. Tak hanya mempertahankan prestasi, anak usaha Badan Usaha Milik Negara (BUMN) PT Pertamina (Persero) berkode saham TUGU itu juga melengkapi capaiannya dengan memperoleh predikat Indonesia National Scale Rating (NSR) of aaa.ID (Exceptional).

Untuk diketahui, AM Best merupakan lembaga pemeringkat kredit global dan penyedia analisis data dengan spesialisasi pada industri asuransi. Berdiri sejak 1899 dengan kantor pusat di Amerika Serikat, AM Best telah melakukan pemeringkatan di lebih dari 100 negara.

Setiap tahun, AM Best memberikan penilaian kepada lebih dari 16.000 perusahaan asuransi di seluruh dunia. AM Best sendiri memiliki kantor regional di London, Amsterdam, Dubai, Hong Kong, Singapura, dan Mexico City.

AM Best menilai bahwa Tugu Insurance merupakan salah satu grup asuransi besar di Indonesia berdasarkan pangsa pasar asuransi nonjiwa dalam negeri. Perseroan dinilai memiliki posisi pasar yang kuat dalam asuransi komersial dan industri, di antaranya pada segmen bisnis energi, penerbangan dan perkapalan, serta bisnis afiliasi dari Grup Pertamina.

Presiden Direktur Tugu Insurance Tatang Nurhidayat mengaku bangga atas capaian tersebut. Apalagi, predikat itu berhasil dipertahankan selama delapan tahun berturut-turut.

“Penghargaan ini membuktikan implementasi strategi bisnis yang dilakukan Tugu Insurance telah berada pada jalur yang benar. Selama ini, kami terus berinovasi melalui produk dan layanan dengan tetap memperhitungkan risiko secara ketat,” katanya dalam rilis yang diterima Kompas.com, Rabu (7/2/2024).

AM Best, kata Tatang, menilai bahwa Tugu Insurance memiliki kekuatan neraca keuangan sangat baik (very strong) yang didukung oleh tingkat risiko investasi moderat. Selain itu, Tugu Insurance juga dinilai mempunyai aset reasuransi dengan kualitas kredit yang baik.

Tatang melanjutkan, prestasi kinerja Tugu Insurance yang berhasil mempertahankan predikat A- (Excellent) selama delapan tahun berturut-turut adalah bukti stabilitas kekuatan keuangan dan komitmen perusahaan untuk terus tumbuh berkelanjutan.

“(Hal itu juga sekaligus) memberikan banyak kemanfaatan bagi segenap stakeholders sambil tetap memperhatikan tingkat risiko bisnis dari seluruh aspek operasional,” ujarnya.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com