Advertorial

Keripik Tempe Buatan Nasabah PNM Mekaar Dipuji Jokowi

Kompas.com - 07/02/2024, 21:13 WIB

KOMPAS.com – Presiden Joko Widodo (Jokowi) memuji produk keripik tempe yang dibuat salah satu nasabah Permodalan Nasional Madani (PNM) Membina Ekonomi Keluarga Sejahtera (Mekaar), Sri Hartati.

Produk tersebut dipamerkan saat Jokowi menyambangi 4.000 nasabah PNM Mekaar di Lapangan Lima Puluh, Kabupaten Batu Bara, Sumatera Utara, Rabu (7/2/2024).

Jokowi menilai, kemasan dan merek produk keripik tempe buatan Sri menarik. Ia pun optimistis, produk tersebut bisa dijual secara luas.

“Ini tadi saya beli di depan, coba dilihat, keripik tempe tapi kemasannya seperti ini, bagus enggak? Bagus sekali,” puji Jokowi seperti dikutip dari rilis resmi yang diterima Kompas.com, Rabu.

Sementara itu, Sri menuturkan bahwa usaha keripik tempe itu ia jalankan demi menghidupi anak sematang wayangnya, Bilqis, yang juga dipakai sebagai nama produk.

Membesarkan anak semata wayangnya seorang diri, Sri percaya bahwa keberuntungan anaknya membawa kesuksesan pada bisnis keripiknya.

Tak disangka, kepercayaan tersebut, dibarengi dengan kegigihan dan kerja keras, berhasil mengantarkan Sri menuju kesuksesan. Kini, ia telah memiliki reseller produk keripik tempe besutannya di Malaysia.

“Saya membesarkan Bilqis sendiri. Saya percaya bahwa kesuksesan usaha keripik ini, bahkan sampai ada reseller ke Malaysia karena anak adalah pembawa rezeki,” ucapnya.

Sri mengisahkan, usaha tersebut dibangun berkat modal dari PNM. Awalnya, plafon pinjamannya hanya Rp 2 juta pada 2020. Namun, berkat kegigihan dan kerja keras, serta omzet dari usaha keripik tempe yang terus meningkat, kini pinjaman tersebut sudah naik menjadi Rp 6 juta.

Ia berharap, jangkauan pasar keripik tempe buatannya bisa semakin luas. Ia juga bersyukur karena kehadiran PNM Mekaar membawa dirinya pada kesempatan ini.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com