Advertorial

Perkuat Keandalan Perangkat Lunak, BRI Raih Sertifikasi ISO/IEC/IEEE 29119

Kompas.com - 09/02/2024, 13:35 WIB

KOMPAS.com – Seiring perkembangan teknologi, berbagai macam jenis pelayanan publik mulai beralih ke digital guna mempercepat serta memudahkan pemenuhan kebutuhan masyarakat. Oleh karena itu, kemampuan digital pelayanan publik perlu dilengkapi dan didukung perangkat lunak yang andal.

Hal tersebut turut diupayakan PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk atau BRI melalui transformasi BRIVOLUTION 2.0. Adapun transformasi ini merupakan salah satu upaya BRI dalam mewujudkan visi sebagai The Most Valuable Banking Group in South East Asia & Champion of Financial Inclusion pada 2025.

Upaya transformasi BRIVOLUTION 2.0 itu pun kembali membawa BRI mendapatkan sertifikasi ISO/IEC/IEEE 29119 untuk pengujian perangkat lunak.

Direktur Digital dan Teknologi Informasi BRI Arga M Nugraha mengatakan, transformasi digital BRI diimplementasikan sebagai pedoman dengan tiga fokus utama. Pertama, meningkatkan resiliensi perseroan. Kedua, berfokus pada konsep open banking.

Ketiga, memperkuat pemanfaatan kecerdasan buatan (artificial intelligence/AI) dan pembelajaran mesin (machine learning) untuk mendorong transaksi serta layanan keuangan sehingga lebih mudah, cepat, terintegrasi, dan praktis.

"Transformasi BRIVOLUTION kami gunakan sebagai guideline untuk menjawab tantangan digital dan IT. Sebab, sebagai unit, kami punya strategi yang sama dan mendukung business goals yang sama pula. Ke depan, kami coba formulasikan tiga hal tersebut menjadi fokus jangka menengah," jelas Arga dalam rilis pers yang diterima Kompas.com, Jumat (9/2/2024).

Arga melanjutkan, raihan sertifikasi ISO/IEC/IEEE 29119 menegaskan komitmen BRI untuk menjaga standar tertinggi guna memastikan keandalan dan kualitas perangkat lunak yang digunakan. Menurutnya, keberhasilan itu mencerminkan langkah signifikan BRI sebagai pionir dalam menerapkan standar global di bidang pengujian perangkat lunak di Indonesia.

Tak hanya itu, kata Arga, capaian itu juga menunjukkan komitmen BRI dalam memberikan solusi perangkat lunak yang andal, aman, dan berkualitas tinggi.

Capaian itu pun mencerminkan dedikasi BRI untuk menjamin performa perangkat lunak dalam menunjang layanan BRI serta memenuhi beragam kebutuhan layanan perbankan masyarakat.

“Digitalisasi dan standar kualitas yang tinggi dalam pengujian perangkat lunak menjadi landasan kuat untuk menghadapi dinamika perbankan modern serta memberikan pelayanan terbaik kepada nasabah,” ucapnya.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com