Advertorial

Dukung Keberlanjutan Sektor Perikanan, Pj Gubernur Sulsel Tebar 1 Juta Benih Nila di Danau Tempe

Kompas.com - 09/02/2024, 16:59 WIB

KOMPAS.com - Penjabat (Pj) Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel) Bahtiar Baharuddin menebar 1 juta benih ikan nila dan 10.000 benih ikan mas bersama Bupati Wajo Amran Mahmud dan nelayan setempat di Danau Tempe, Kabupaten Wajo, Sulsel, Jumat (9/2/2024).

Kegiatan tersebut dilakukan guna meningkatkan produksi ikan sekaligus mendukung keberlanjutan sektor perikanan di daerah tersebut.

Penebaran benih itu juga merupakan bagian dari program penebaran 100 juta bibit ikan nila yang digagas oleh Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulsel.

"Saya memberikan perhatian serius pada sektor perikanan karena kehidupan masyarakat Wajo dikelilingi danau atau tappareng," kata Bahtiar dalam siaran tertulis yang diterima Kompas.com, Jumat.

Bahtiar memaparkan bahwa jumlah ikan di bendungan dan danau semakin berkurang karena berbagai faktor.

Oleh karena itu, Dinas Kelautan dan Perikanan Sulsel, Balai Benih Ikan di Soppeng, serta kementerian dan jajaran pemerintah daerah (pemda) terkait pun mendukung program pemberian benih.

“Semuanya bersatu membagi 100 juta bibit nila di Sulsel pada 2023. Program ini dijalankan secara serius agar berdampak pada masyarakat," ujarnya.

Selama enam bulan ke depan, lanjut Bahtiar, pihaknya akan memberikan satu juta bibit ikan. Ia pun meminta agar program ini dijaga sehingga dapat berkembang. 

“Selain bantuan benih, Pemprov Sulsel juga memiliki program lainnya, seperti pembuatan rumpon dan terumbu karang buatan,” jelasnya.

Pj Gubernur Sulsel Bahtiar Baharuddin. DOK. Pemprov Sulsel Pj Gubernur Sulsel Bahtiar Baharuddin.

Sementara itu, Kepala Dinas Perikanan Wajo Andi Ismirar Sentosa mengatakan bahwa program tersebut sangat membantu nelayan.

“Program tersebut merupakan inisiatif Pj Gubernur (Sulsel). Program ini sangat luar biasa karena sangat membantu nelayan di Danau Tempe,” kata Ismirar.

Usai menebar benih secara simbolis, Pj Gubernur Sulsel juga memberikan bantuan bibit ikan nila kepada ratusan nelayan yang berasal dari Wajo, Soppeng, dan Sidrap.

Selanjutnya, para nelayan akan mengitari tiga kabupaten tersebut untuk menyebarkan ikan di sepanjang Danau Tempe.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com