Advertorial

Menteri LHK Pimpin Langsung Kegiatan Penanaman Pohon Serentak di Cianjur

Kompas.com - 09/02/2024, 18:34 WIB

KOMPAS.com - Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Siti Nurbaya memimpin langsung kegiatan Penanaman Pohon Serentak yang dilakukan di Cianjur, Jawa Barat (Jabar), Rabu (7/2/2024).

Sebagai informasi, kegiatan tersebut tak hanya digelar di Cianjur, tetapi juga dilakukan di hampir seluruh wilayah di Indonesia.

Pada kesempatan tersebut, Siti bersama 635 peserta kegiatan melakukan penanaman 1.000 batang pohon.

Peserta kegiatan penanaman pohon itu berasal dari sejumlah golongan masyarakat, mulai dari lingkungan pesantren, kelompok penerima program Bank Pesona, hingga tamu undangan dari pemerintah pusat dan daerah.

Sebelum mengawali kegiatan penanaman, Siti pun memberikan sambutan terlebih dahulu kepada para peserta program.

"Mengutip Eric Weiner, ketika pohon terakhir ditebang, ketika sungai terakhir dikosongkan, ketika ikan terakhir ditangkap, barulah manusia akan menyadari bahwa dia tidak dapat memakan uang," ujar Siti dalam siaran pers yang diterima Kompas.com Jumat (9/2/2024).

Siti menambahkan, penanaman pohon adalah upaya konkret dan strategis dalam mengatasi triple planetary crisis yang terdiri dari perubahan iklim, polusi, dan ancaman kehilangan keanekaragaman hayati. 

Menurutnya, ketiga aspek tersebut saling terkait dan sangat mendesak untuk diatasi.

"Penanaman pohon bukan sekadar solusi untuk mengatasi perubahan iklim dan polusi udara, tetapi juga sebuah komitmen nyata untuk menjaga keberlanjutan alam. Manusia memiliki tanggung jawab besar sebagai pelindung dan pengemban keseimbangan ekosistem," kata Siti.

Siti memaparkan, pohon adalah anugerah alam yang penting bagi kehidupan seluruh makhluk di bumi.

Pasalnya, selain menyediakan oksigen bagi manusia, pohon juga berperan sebagai penyerap karbon, memberikan tempat tinggal bagi berbagai makhluk hidup, menjaga keseimbangan air, mengatur suhu udara, meredam kebisingan, dan mengurangi dampak buruk angin.

Menteri LHK Situ Nurbaya saat memimpin kegiatan Penanaman Pohon Serentak di Cianjur. Dok. Kementerian LHK Menteri LHK Situ Nurbaya saat memimpin kegiatan Penanaman Pohon Serentak di Cianjur.

Adapun aksi penanaman pohon yang dilakukan Kementerian LHK merupakan bentuk komitmen pemerintah Indonesia dalam mengurangi risiko bencana dan pengendalian perubahan iklim.

Hal tersebut juga sebagai upaya menjaga bumi dari pemanasan global yang sudah menjadi ancaman nyata dan perlu diantisipasi bersama.

"Kepedulian dan kecintaan bersama dalam menjaga dan merawat lingkungan bisa diwujudkan dengan aksi nyata menanam pohon seperti yang kita laksanakan bersama-sama hari ini," ucap Siti.

Sebagai informasi, kegiatan Penanaman Pohon Serentak dari Kementerian LHK juga menjadi bagian dari peringatan Hari Lahan Basah Sedunia yang jatuh setiap tanggal 2 Februari.

Oleh karena itu, penanaman serentak kali ini juga dilakukan di kawasan mangrove dan gambut yang termasuk kategori lahan basah.

Acara tersebut turut dihadiri Pejabat Pimpinan Tinggi Madya dan Pratama Kementerian LHK, Kepala Divisi (Kadis) Kehutanan Provinsi Jabar, Kadis Lingkungan Hidup Jabar, Kepala UPT Kementerian LHK, serta tokoh muda Green Leader Indonesia.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com