Advertorial

Penipuan dengan Modus File Apk Marak Jelang Pemilu, BRI Beberkan Cara Antisipasinya!

Kompas.com - 11/02/2024, 11:42 WIB

KOMPAS.com – Modus penipuan digital dengan social engineering masih marak bermunculan. Modus penipuan pun mengikuti perkembangan isu yang terjadi di tengah masyarakat. Contohnya, mendekati pemilihan umum (pemilu) 2024, para penipu membagikan file berformat apk dengan dalih undangan pemilu.

File apk pada masa menjelang pemilu biasanya menggunakan penamaan “Undangan Pemilu” atau “PPS Pemilu 2024” dan dikirim lewat Whatsapp. Ketika pemilik ponsel mengunduh file tersebut, malware akan masuk ke dalam ponsel dan mengakses data-data pribadi, termasuk data perbankan.

Menanggapi maraknya penipuan dengan file apk berkedok undangan pemilu, Bank Rakyat Indonesia (BRI) menggencarkan edukasi langkah untuk mengantisipasinya. BRI meluncurkan kampanye #BilangAjaGak untuk menolak mentah-mentah segala modus penipuan atau kejahatan perbankan di platform digital.

Direktur Jaringan dan Layanan BRI Andrijanto menekankan agar para nasabah waspada jika ada nomor tidak dikenal yang mengirimkan file berformat apk dalam bentuk apa pun, termasuk yang dikirim dengan mengatasnamakan BRI.

“BRI tidak pernah membuka channel (komunikasi) di aplikasi chat. BRI sebagai bank yang sangat concern terhadap segala jenis kejahatan perbankan senantiasa mengimbau dan mengedukasi nasabah. Tujuannya, supaya nasabah waspada dan mengenali berbagai jenis modus penipuan,” kata Andrijanto dalam rilis yang diterima Kompas.com, Minggu (11/2/2024).

Modus penipuan pun mengikuti perkembangan isu yang terjadi di tengah masyarakat, seperti pemilu. Dok. BRI Modus penipuan pun mengikuti perkembangan isu yang terjadi di tengah masyarakat, seperti pemilu.

Andrijanto juga menambahkan, melalui kampanye tersebut, BRI berharap awareness dan kewaspadaan masyarakat terkait modus menipuan social engineering semakin meningkat. Masyarakat juga diharapkan dapat mengenali modus-modus penipuan social engineering yang terus berkembang.

Selain undangan pemilu atau PPS Pemilu 2024, file apk dapat berupa, undangan pernikahan digital, pemberitahuan penutupan rekening bank, pemberitahuan tagihan BPJS, serta foto paket dari kurir.

Ada pula file yang berupa surat pemberitahuan wajib pajak, pemberitahuan SPT pajak, dan surat atau blanko tilang elektronik.

BRI memberikan cara mengantisipasi penipuan dengan modus social engineering.Dok. BRI BRI memberikan cara mengantisipasi penipuan dengan modus social engineering.

BRI mengimbau masyarakat untuk selalu menjaga kerahasiaan data serta tetap berhati-hati dalam menerima pesan. Dengan begitu, berbagai modus penipuan akan mudah untuk dihindari. BRI memberikan cara mengantisipasi penipuan dengan modus social engineering, sebagai berikut.

  1. Waspada saat ada pesan dari nomor tak dikenal mencantumkan link atau file berbentuk apk.
  2. Kenali file yang disertai pengumuman atau pemberitahuan berupa ancaman dan membuat panik.
  3. Tidak asal klik link atau file yang dikirimkan.
  4. Jika sudah terklik dan meng-install file tersebut, cepat matikan koneksi data selular dan wifi pada perangkat.
  5. Bersihkan data dan cache aplikasi tersebut.
  6. Uninstall aplikasi tersebut.
  7. Ubah username, PIN dan password mobile banking termasuk email

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com