Advertorial

Dorong Partisipasi Masyarakat pada Pemilu 2024 dan Geliat Perekonomian Nasional, Apindo Gelar Klingking Fun

Kompas.com - 11/02/2024, 11:49 WIB

KOMPAS.com – Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) mengadakan program  "Klingking Fun: Pesta Diskon, Anti Golput" untuk mendorong partisipasi masyarakat dalam menggunakan hak suara pada Pemilihan Umum (Pemilu) 2024.

Kegiatan tersebut merupakan hasil kerja sama antara Apindo dengan Himpunan Peritel dan Penyewa Pusat Perbelanjaan Indonesia (Hippindo) serta Asosiasi Pengelola Pusat Belanja Indonesia (APPBI).

Program berskala nasional itu sendiri akan dilaksanakan secara serentak, mulai dari hari pertama hingga gelaran Pemilu 2024 selesai.

Ketua Umum Apindo Shinta W Kamdani mengatakan, program Klingking Fun 2024 merupakan kali kedua digelarApindo setelah pertama kali diselenggarakan pada tahun Pemilu 2019.

“Apindo selalu bersikap netral dalam kontestasi politik dan kembali melaksanakan komitmen dalam mendukung Pemilu. Program Klingking Fun sendiri diadakan untuk mendorong masyarakat agar mau memilih dan tidak golput. Kami juga menggandeng asosiasi serta pelaku usaha,” ujar Shinta dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Jumat (9/2/2024).

Dalam program tersebut, tambah Shinta, Apindo telah mengajak perusahaan anggotanya untuk berpartisipasi dengan memberikan diskon bagi para pemilih yang telah menggunakan hak pilihnya dalam Pemilu 2024.

Oleh karena itu, pelaksanaan program Klingking Fun diharapkan dapat meningkatkan partisipasi politik masyarakat dan mampu menggerakkan roda perekonomian nasional.

Sementara itu, Ketua Panitia Klingking Fun 2024 sekaligus Pelaksana Tugas (Plt) Wakil Ketua Umum Hippindo Fetty Kwartati menjelaskan bahwa masyarakat akan mendapatkan sejumlah diskon di sejumlah gerai yang ada di pusat perbelanjaan ataupun toko ritel usai menggunakan hak pilihnya.

Masyarakat hanya perlu menunjukkan tinta pada jari sebagai bukti telah melakukan pencoblosan di tempat pemungutan suara (TPS) .

“Masyarakat yang telah menentukan pilihannya dengan melakukan pencoblosan di TPS pada Rabu (14/2/2024)  bisa langsung mengunjungi mal atau toko ritel terdekat yang tergabung dalam acara Klingking Fun. Cukup tunjukkan tinta pada jari sebagai bukti partisipasi pemilu, masyarakat bisa langsung menikmati diskon-diskon yang menarik,” kata Fetty.

Fetty menambahkan, Klingking Fun 2024 dijamin lebih menarik karena peserta toko ritel dan mal dalam program kali ini jauh lebih banyak ketimbang 2019.

Event ini akan menjadi kegiatan ikonik 5 tahunan bagi masyarakat Indonesia yang sedang menyambut dan mengikuti pesta demokrasi. Klingking Fun juga dapat menjadi ajang untuk meredam ketegangan politik karena pemilu dan sebagai bentuk apresiasi terhadap masyarakat yang telah mengikuti proses demokrasi,” terang Fetty.

Fetty berharap, selain mendorong masyarakat untuk berpartisipasi, Klingking Fun juga dapat meningkatkan tingkat okupansi kunjungan konsumen ke pusat perbelanjaan dan omzet para peritel serta penyewa gerai.

Di sisi lain, Ketua Umum APPBI Alphonzus Widjaja menerangkan bahwa umumnya mayoritas pusat perbelanjaan indonesia telah memiliki program untuk mendukung kesuksesan penyelenggaraan pemilu.

Namun, program yang mereka adakan sebagian besarbelum terintegrasi dengan pemangku kepentingan (stakeholder).

“Mulai Pemilu 2024, pusat perbelanjaan Indonesia sudah bergabung dalam program Klingking Fun 2024 bersama dengan Hippindo di bawah koordinasi Apindo. Ini dilakukan agar program ini semakin besar dan kuat dalam mendorong kesuksesan Pemilu 2024 melalui tingkat partisipasi pemilih yang tinggi,” terang Alphonzus.

Dengan bergabungnya berbagai pemangku kepentingan dalam program Klingking Fun, Alphonzus ingin agar program ini bisa semakin besar dan kuat di masa depan.

“Kami juga ingin agar program Klingking Fun menjadi satu-satunya program dari industri usaha ritel Indonesia yang mendukung kesuksesan Pemilu 2024. Program Klingking Fun rencananya akan diikuti gerai dan mal di seluruh Indonesia serta akan diperluas ke area rekreasi wisata juga,” tutur Alphonzus.

Anda yang ingin berburu promo, khususnya food and beverage (F&B), berikut daftar gerai yang dapat dikunjungi.

  1. Grillman (14 Februari 2024)

 Diskon 30 persen untuk menu tertentu dengan syarat ketentuan berlaku. Promo berlaku di dua store.

  1. Chigo X Flip (12-22 Februari 2024)

Promo Bundle Chigo x KKHU Diskon sampai dengan 47 persen. Hanya paket bundle terpilih,  Bundle for 2  atau All Chigo x Flip Store.

  1. Wingstop (14 Februari 2024)

 Menu Coblos Hemat Hingga 50 persen. Promo berlaku di seluruh Wingstop.  

  1. Shaburi dan Kintan Buffet (7-14 Feb 2024)

Promo Rayakan Pemilu, Imlek, dan Libur Bersama dengan Buy 3 Adult Get 1 Free Senior khusus untuk Special Packages. Cek promo detail di bit.ly/kintan_ig /

  1. Yakiniku Like (1-14 Februari 2024)

Pilih Set Paslon 1,2, atau 3. Set lengkap serba Rp 89.000, sudah termasuk daging 100 g, nasi, sup, kimchi atau salad dan side dish. Hemat lebih dari 30 persen. Cek Set Paslon di bit.ly/yakinikulike_ig /.

  1. Loaf Bun Korean Bakery (8-14 Februari 2024)

Promo Selamat PEMILU (Pekan Memilih untuk Chingu!). Diskon 24 persen off untuk K-Roll, Fried K-Bun, atau K-Loaf. Cek langsung di bit.ly/loafbun.

  1. Paradise Dinasty (12-14 Februari 2024)

 Pemilu Special La Mian Couple Set diskon hingga 40 persen. Cek detail promo di: bit.ly/paradisedynasty_id /.

  1. Ocean 8 (12-14 Februari 2024)

Hemat 30 persen All Rice, Hemat 30 persen All Noodle, atau Hemat 30 persen All Live Seafood. Cek pilihan selengkapnya di bit.ly/ocean8resto /.

  1. Bakerzin (7-14 Februari 2024)

Cakelebration Pemilu dan Valentine. Nikmati 50 persen diskon untuk cake of the day atau setiap pembelian main course. Berlaku kelipatan. Cek promo lengkapnya di bit.ly/bakerzin_ig /.

  1. Pepper Lunch (1-14 Februari 2024)

Hadiah Pemilu Pertama Diskon 20 persen Beef Pepper Rice untuk yang berusia 17-21 tahun sebelum 14 februari 2024.  Cek promo di bit.ly/pepperlunch_ig /.

  1. Kimukatsu (1-14 Februari 2024)

Kejutan Pemilu! Buat yang punya inisial nama huruf P,E,M,I,L, atau U. Diskon 20 persen untuk All Varian Chicken Katsu Layered hanya dengan menunjukkan kartu identitas. Cek promo di bit.ly/kimukatsu_ig /.  

  1. Putu Made (8-14 Februari 2024)

Dessert serba Rp 24.000 dengan pembelian minimal 1 menu utama, maksimal 1 dessert per menu utama. Cek promo di bit.ly/putumade /.

  1. LÉTEN by Paradise Dinasty (12-14 Februari 2024)

Pemilu Special La Mian Couple Set, diskon hingga 40 persen.  Cek detail promo di: bit.ly/leten_ig.

  1. Raa Cha Suki and BBQ (14 Februari 2024)

Special Price BBQ mulai dari Rp 10.000 (syarat ketentuan berlaku).  Berlaku di 107 toko di Indonesia.

  1. Bakmi GM (14 Februari 2024)

Gratis Pangsit Goreng porsi 5. Syarat dan ketentuan berlaku. Promo di seluruh store Bakmi GM.

  1. Maqui’s (14 February 2024)

Special Offer Choco Sand dan macaron mulai dari Rp 65.000. Cek promo di bit.ly/MaquisIndonesia/. Promo berlaku di semua gerai.

  1. Milou’s Farm House

Diskon 25 persen untuk semua menu di Milou Farm House.

  1. Popolamama Fresh Pasta and Pizza (12- 14 February 2024)

 Diskon 30 persen untuk pizza ukuran regular. Syarat dan ketentuan berlaku.

  1. Sushi Tei

Gratis Salmon Tanuki Roll dengan minimum transaksi Rp 400.000 sebelum pajak  dan layanan) di Jabodetabek, Semarang, Solo, dan Lampung, dan kota lainnya (akan dikonfirmasi lebih lanjut).

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com