Advertorial

Kurangi Dampak Emisi, Toyota Waste Station Berhasil Kumpulkan Sampah Lebih dari 100.000 Kg

Kompas.com - 13/02/2024, 17:38 WIB

KOMPAS.com - Program Toyota Waste Station telah berhasil mengumpulkan sampah sebanyak 100.532 kilogram (kg) per Senin (5/2/2024). 

Untuk diketahui, Toyota Waste Station merupakan fasilitas yang dirancang khusus untuk mengumpulkan, mengelola, dan mengolah berbagai jenis sampah dengan cara berkelanjutan. Fasilitas tersebut berperan penting dalam menjaga kebersihan lingkungan, mengurangi dampak negatif terhadap alam, dan mengurangi emisi karbon.

Terbaru, Toyota menghadirkan Toyota Waste Station di Lobby 2 Mall of Indonesia, Kelapa Gading, Jakarta Utara, Selasa (18/12/2023).

Waste station tersebut melengkapi enam Toyota Waste Station yang sudah hadir di berbagai daerah, yakni Toyota Waste Station Golf Indah di Pantai Indah Kapuk Jakarta, Toyota Waste Station Kamandaka di Kota Baru Parahyangan Bandung, Toyota Waste Station Radial Road Citraland di Surabaya, Toyota Waste Station Museum Angkut di Malang, Toyota Waste Station Politeknik Astra di Cikarang, serta Toyota Waste Station Taman Lalu Lintas di Bandung.

Sebagai informasi, penyediaan waste station merupakan bagian dari kampanye It’s Time For Everyone yang diselenggarakan Toyota sejak Desember 2022. Kampanye ini dimulai dengan pengadaan waste station yang ditampilkan pada acara IT’S TIME FOR EVERYONE Expo di Mall Kelapa Gading, Jakarta Utara, pada Desember 2022.

Melalui kampanye itu, Toyota mengajak masyarakat mendukung program netralitas karbon. Hal ini dilakukan untuk mengurangi risiko pemanasan global (global warming) dan perubahan iklim (climate change).

Pada kampanye tersebut, Toyota bekerja sama dengan Rekosistem untuk membangun waste station di berbagai titik di Pulau Jawa.

Dimulai dari Jakarta, Toyota berkomitmen untuk menambah Toyota Waste Station setiap tahun di berbagai lokasi lain. Nantinya, sampah anorganik yang dikumpulkan pada waste station akan diolah dengan prinsip reusereducerecycle (3R)

Melalui kampanye tersebut, Toyota mengajak masyarakat mendukung program netralitas karbon untuk mencegah peningkatan risiko pemanasan global dan perubahan iklim. Caranya, masyarakat dapat mengumpulkan sampah anorganik dan menyetornya ke fasilitas Toyota Waste Station.

Nantinya, sampah anorganik yang disetorkan akan ditimbang dan pelanggan memperoleh rewards dalam bentuk e-wallet. Khusus untuk Toyota Waste Station di Mall of Indonesia, 250 orang pertama yang beruntung akan mendapatkan e-money eksklusif dari Toyota.

Masyarakat dapat berpartisipasi dengan menyetorkan sampah ke fasilitas Toyota Waste Station terdekat. Anda dapat menyetorkan barang yang tidak terpakai, seperti peralatan elektronik, kertas, botol, kaleng, kardus, serta minyak goreng bekas pakai.

Kegiatan tersebut menjadi stepping stone atau pijakan awal Toyota untuk menyediakan solusi pengurangan emisi karbon lain.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai Program Toyota Waste Station, Anda dapat klik tautan ini.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com