Advertorial

Dukung Ekosistem Elektrifikasi, Toyota Hadirkan Ultra Fast Charging 120 dan 150 Kw Pertama di DIY dan Sumatera

Kompas.com - 13/02/2024, 17:48 WIB

KOMPAS.com - PT Toyota-Astra Motor (TAM) memperluas cakupan Toyota xEV Ecosystem dengan menghadirkan ultra fast charging (UFC) DC berdaya 120 kW di dealer resmi Toyota Nasmoco Bantul, Yogyakarta dan Dunia Barusa, Aceh (15/12/2024). 

Seiring dengan inisiatif “It’s Time for Everyone” menuju netralitas karbon, Toyota menghadirkan teknologi dan kendaraan-kendaraan ramah lingkungan, termasuk kendaraan elektrifikasi (xEV). 

Tidak hanya itu, TAM juga menyediakan fasilitas pendukung mobilitas battery electric vehicle (BEV) dan plug-in hybrid electric vehicle (PHEV) Toyota yang lengkap, mudah, dan nyaman di berbagai lokasi strategis untuk memberikan peace of mind bagi pengguna selama bepergian. 

Marketing Director PT Toyota-Astra Motor (TAM) Anton Jimmi Suwandy mengatakan, kini secara total tersedia 100 titik charging station Toyota yang tersebar di berbagai dealer dan tempat umum di seluruh Indonesia.

Angka tersebut ditargetkan terus bertambah hingga akhir 2024 dan tersedia di seluruh jaringan dealer Toyota di Indonesia.

“Sebagai salah satu bagian dari inisiatif ‘It’s Time for Everyone’, TAM mendukung mobilitas BEV dan PHEV Toyota dengan menyediakan fasilitas charging station yang mudah diakses di dealer resmi Toyota dan berbagai lokasi strategis lain,” ujar Anton dalam keterangan resmi yang diterima Kompas.com, Rabu (24/1/2024).

Anton melanjutkan, kehadiran UFC DC 120 kW di dealer Toyota Nasmoco Yogyakarta dan UFC DC 150 kW di dealer Dunia Barusa Aceh, diharapkan dapat memudahkan mobilitas pelanggan di daerah perkotaan.

“Kehadiran sarana tersebut dapat meningkatkan jangkauan mobilitas BEV dan PHEV Toyota untuk perjalanan antarkota, khususnya di wilayah Yogyakarta dan Aceh yang memiliki banyak destinasi wisata,” kata Anton.

Total mobility solution

Dalam upaya memberikan total mobility solution, Toyota xEV Ecosystem dibangun untuk memberikan kemudahan kepada pelanggan yang melakukan servis kendaraan elektrifikasi dan pengisian ulang baterai BEV dan PHEV di bengkel resmi Toyota. 

Hingga Januari 2024, tercatat sudah ada 98 dealer resmi Toyota di wilayah Sumatera, Jawa, Kalimantan, Bali, dan Nusa Tenggara Barat (NTB) yang memiliki fasilitas charging spot.

Toyota pun berupaya meningkatkan kemampuan pengisian charging station dealer Toyota dengan menghadirkan UFC berdaya DC 120 kW di dealer resmi Toyota Nasmoco Bantul, Yogyakarta. Fasilitas serupa juga segera dioperasikan di Nasmoco Majapahit Semarang, Jawa Tengah (Jateng).

Selanjutnya, UFC berdaya DC 150 kW di Dunia Barusa Aceh. Fasilitas ini merupakan UFC pertama di dealer resmi Toyota dan juga sebagai UFC pertama di wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) dan Pulau Sumatera.

Untuk diketahui, tersedia masing-masing 1 unit UFC di kedua dealer yang dilengkapi tiga jenis gun charger tipe CCS2, CHAdeMO, dan AC Type 2 (22 kW) yang dapat dimanfaatkan pelanggan Toyota dan Lexus secara gratis. 

Peralatan isi ulang baterai BEV dan PHEV Toyota tersebut memiliki charging duration dari 0–80 persen antara 30–45 menit.

Sebelumnya, Toyota telah mengoperasikan UFC dengan spesifikasi sama di ASHTA Mal SCBD, Jakarta Selatan (Jaksel) dan Rest Area 695A Jombang Tol Trans Jawa.

Toyota xEV Ecosystem akan terus dibangun untuk mendukung mobilitas pelanggan. Rencananya paling lambat pada 2024, outlet Toyota di seluruh Indonesia telah memiliki charging spot bersama kehadiran unit UFC di beberapa outlet Toyota dan tempat-tempat strategis lainnya di pulau-pulau besar di Indonesia.

Selain itu, Toyota juga akan membangun lebih banyak UFC 120 kW di beberapa mal kota besar, termasuk Jakarta, bersama AC Charger yang disesuaikan dengan alokasi di mal tersebut.

Untuk meningkatkan range BEV dan PHEV Toyota, akan ada tambahan unit UFC 120 kW bersama AC Charger 7 kW dan 22 kW di rest area lainnya.

Marketing Director PT TAM Fumitaka Kawashima mengatakan, sejalan dengan visi Toyota Environmental Challenge 2050 dan Net Zero Emission 2060 pemerintah Indonesia yang direfleksikan pada gerakan “It’s Time for Everyone “, Toyota akan terus menambah fasilitas charging station. Terutama, jenis UFC dengan keunggulan waktu pengisian sangat cepat.

Dengan begitu, pelanggan BEV dan PHEV Toyota dapat bermobilitas tanpa perlu khawatir urusan pengisian ulang baterai.

“Selain memberikan peace of mind kepada pelanggan, kami berharap dukungan tersebut dapat meningkatkan popularitas xEV Toyota dan mengajak lebih banyak masyarakat berpartisipasi dalam menekan emisi karbon lewat berbagai cara sesuai kemampuan pelanggan,” kata Fumitaka.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com