Advertorial

Bupati Blitar Optimistis Pemilu di Kabupaten Blitar Berjalan Lancar

Kompas.com - 13/02/2024, 21:33 WIB

KOMPAS.com - Bupati Blitar Rini Syarifah bersama Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda, Sekretaris Daerah) dan sejumlah kepala perangkat daerah di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Blitar melakukan monitoring persiapan Pemilihan Umum (Pemilu) 2024.

Kegiatan itu dilakukan di beberapa desa, yaitu Desa Jatilengger dan Desa Bendo di Kecamatan Ponggok, serta Desa Kalipucung dan Desa Sanankulon di Kecamatan Sanankulon, Selasa (13/2/2024).

Bupati Blitar yang akrab disapa Mak Rini itu optimistis, pelaksanaan Pemilu di Kabupaten Blitar berjalan lancar, sukses, aman, dan damai. Beliau juga yakin, tingkat partisipasi pemilih bisa mencapai 82 persen dari daftar pemilih tetap (DPT) yang berjumlah 956.873 orang.

Untuk mencapai target tersebut, 3.536 tempat pemungutan suara (TPS) telah didirikan di seluruh wilayah Kabupaten Blitar.

“Saya berharap, semua warga di Kabupaten Blitar yang sudah mempunyai hak pilih bisa hadir di TPS untuk menggunakan hak pilihnya. Jangan golput. Ini guna mendukung pembangunan untuk Indonesia maju,” ucapnya dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Selasa.

Dalam kesempatan tersebut, Mak Rini juga mengingatkan masyarakat agar lebih perhatian kepada masyarakat disabilitas yang memiliki hak pilih.

“Tolong jemput bola untuk menangani saudara-saudari disabilitas. Jangan sampai ada yang terlewatkan sehingga mereka bisa menggunakan hak pilihnya,” ujarnya.

Bupati Blitar mengucapkan terima kasih dan apresiasi kepada seluruh penyelenggara pemilu atas kerja keras dalam menyukseskan pesta demokrasi. Ia berpesan agar mereka menjaga kesehatan, tetap semangat, dan terus menjaga suasana tetap kondusif.

Sebagai informasi, Pemkab Blitar telah menyiagakan sekitar 2.000 tenaga kesehatan (nakes) di seluruh kecamatan dan 248 desa serta kelurahan di Kabupaten Blitar. Mereka akan berkeliling ke seluruh TPS dan bersiaga di puskesmas dan rumah sakit.

Persiapan sudah sangat matang

Bupati Blitar menyatakan bahwa persiapan Pemilu 2024 di Kabupaten Blitar sudah sangat matang. Hal ini dibuktikan dengan pembentukan Tim Koordinasi dan Fasilitasi Dukungan Kelancaran Pelaksanaan Pemilihan Umum dan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Tahun 2024.

Tim yang diketuai oleh Sekretaris Daerah dan beranggotakan Kepala Perangkat Daerah dan stakeholder terkait tersebut memiliki tugas-tugas sebagai berikut.

  1. Melakukan koordinasi dengan Pemerintah Provinsi Jawa Timur, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Blitar, dan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Blitar dalam rangka monitoring dan fasilitasi.
  2. Memberikan dukungan untuk kelancaran pendistribusian logistik Pemilu dan Pilkada 2024.
  3. Memberikan dukungan bagi pelaksanaan sosialisasi peraturan perundang-undangan terkait.
  4. Melakukan identifikasi permasalahan dan menyusun langkah-langkah antisipatif terhadap situasi dan dinamika politik serta keamanan di daerah.
  5. Melakukan analisis situasi dan kondisi sosial politik di daerah serta mendorong penyelesaian permasalahan/sengketa atau konflik.
  6. Melakukan pemantauan situasi keamanan dan ketertiban masyarakat di daerah.
  7. Menyiapkan sarana dan prasarana guna keperluan informasi pemantauan, evaluasi, pengumpulan dan pengolahan data serta penyajian informasi.

Untuk mengantisipasi potensi konflik, Pemkab Blitar juga telah menyiapkan satuan perlindungan masyarakat (satlinmas) sebanyak 3.536 orang.

Selain itu, Pemkab Blitar juga berkoordinasi dengan Forkopimda, Badan Intelijen Negara (BIN), Badan Intelijen Strategis (BAIS), Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB), Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat (FKDM), Forum Koordinasi Pimpinan di Kecamatan (Forkopimcam), dan perguruan pencak silat untuk menjaga situasi tetap aman dan kondusif. 

“Sebenarnya, kami membutuhkan satlinmas sebanyak 7.072 personel. Alhamdulillah, banyak masyarakat yang bersedia menjadi anggota satlinmas sehingga sangat membantu penyelenggaraan pemilu. Untuk itu, saya sangat berterima kasih dan semoga dari jumlah yang ada, Pemilu 2024 (dapat berjalan) sukses dan lancar,” tutur Bupati.

Teaser: Pemkab Blitar telah melakukan berbagai persiapan agar Pemilu 2024 di Kabupaten Blitar berjalan lancar.

Tag: Bupati Blitar, Pemkab Blitar, Pemilu, Pemilu 2024, pilkada

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com