Advertorial

Playhouse Academy, TK Independen Pertama di Indonesia dengan Akreditasi Cambridge

Kompas.com - 15/02/2024, 10:54 WIB

KOMPAS.com - Lembaga pendidikan taman kanak-kanak (TK) independen, Playhouse Academy, meraih akreditasi resmi dari Cambridge International Education untuk menerapkan kurikulum Cambridge Early Years.

Akreditasi Cambridge Early Years merupakan pengakuan penting di dunia pendidikan. Sebab, akreditasi ini menjamin kualitas pembelajaran TK sesuai dengan standar global.

Akreditasi tersebut juga menjadi bukti bahwa Playhouse Academy berkomitmen menyediakan pendidikan bermakna dan menyenangkan bagi siswa.

Group Managing Director International Education at Cambridge University Press & Assessment Rod Smith menyatakan, pihaknya sangat senang karena Playhouse Academy telah menjadi bagian dari Cambridge Early Years Centre.

“Saya berharap dapat bekerja sama dengan Playhouse Academy dalam beberapa tahun mendatang," kata Rod dalam rilis pers yang diterima Kompas.com, Jumat (9/2/2024).

Co-Founder dan Kepala Sekolah Playhouse Academy Dr. Astrid HW-Levi, EdD menyatakan, Playhouse Academy merupakan TK independen pertama yang mendapatkan akreditasi Cambridge Early Years Center.

Selain sebagai kepala sekolah, Astrid juga merupakan seorang istri dan ibu dari tiga anak berusia 17, 15, dan 7 tahun. Dengan pengalaman dalam bidang pendidikan lebih dari 20 tahun, Astrid memahami pendidikan dari perspektif sekolah dan rumah.

“Saya percaya, sekolah harus bekerja sama dengan orangtua untuk memberikan pengalaman bermanfaat dan menyenangkan bagi anak-anak,” kata Astrid.

Selain fokus pada pembelajaran akademis, lanjut Astrid, kurikulum Cambridge Early Years di Playhouse Academy juga mengutamakan pengembangan keterampilan yang relevan untuk masa depan. Keterampilan ini meliputi kemampuan berpikir kritis, kreatif, sosial, dan emosional anak.

Program tersebut dirancang untuk mempersiapkan anak-anak dalam menghadapi tantangan di masa depan serta menciptakan fondasi yang kuat untuk perkembangan pendidikan selanjutnya.

“Pendekatan tersebut memastikan bahwa pembelajaran disesuaikan untuk memenuhi kebutuhan unik setiap anak serta mendorong pendidikan yang inklusif dan dapat diakses oleh beragam siswa,” ujarnya.

Hal sama juga diungkapkan Co-Founder dan Direktur Playhouse Academy Monica Marthen. Ia menyatakan, kolaborasi dengan Cambridge International Education memiliki peran penting bagi Playhouse Academy. Ia pun merasa terhormat dapat bermitra dengan Cambridge International Education.

Murid Playhouse Academy melakukan aktivitas indoor. DOK. Playhouse Academy Murid Playhouse Academy melakukan aktivitas indoor.

“Kerja sama tersebut menegaskan visi kami di Playhouse Academy. Kami berusaha untuk menyediakan lingkungan belajar yang memungkinkan setiap anak berkembang dan sukses,” kata Monica.

Perkenalkan Playhouse Child Development Center

Selain pencapaian akademis, Playhouse Academy juga memperkenalkan program Playhouse Child Development Center (PCDC) pada Februari 2024.

PCDC berfungsi sebagai one-stop center untuk anak-anak dengan neurodivergence. Program ini menawarkan lingkungan pembelajaran inklusif serta intervensi dini yang disesuaikan dengan kebutuhan belajar individu.

Inisiatif tersebut mencerminkan komitmen Playhouse Academy untuk menciptakan lingkungan yang mendukung dan memastikan setiap anak dapat mencapai potensi akademiknya secara optimal.

Astrid melanjutkan bahwa Playhouse Academy memberikan pemantauan komprehensif terhadap anak dalam setting kegiatan sehari-hari oleh psikolog bersertifikat. Diagnosis ini penting dilakukan untuk memberikan dukungan yang disesuaikan dengan kebutuhan belajar dan pertumbuhan anak.

“Dengan pertumbuhan jumlah anak yang mengalami neurodivergence, Playhouse Academy sebagai lembaga pendidikan memiliki tujuan untuk mengintegrasikan mereka ke dalam kelas melalui strategi dan intervensi yang disesuaikan dengan kebutuhan individual,” kata Astrid.

Psikolog berlisensi di Playhouse Child Development Center Michelle Tania, MPsi, menekankan bahwa intervensi tepat waktu untuk anak yang neurodivergence sangat penting guna meningkatkan neuroplastisitas dan keterampilan berkomunikasi.

Untuk mendapatkan informasi lebih lengkap mengenai Playhouse Academy, Anda dapat mengunjungi akun resmi Instagram Playhouse Academy @playhouseacademyid dan laman www.playhouseacademy.id.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com