Advertorial

Apresiasi Influencer, Archipelago International Gelar Archipelago Influencer Awards

Kompas.com - 15/02/2024, 13:00 WIB

KOMPAS.com - Operator hotel terkemuka di Asia Tenggara, Archipelago International, menyelenggarakan kompetisi “Archipelago Influencer Awards” sejak Oktober 2023 hingga Februari 2024. Acara ini terselenggara berkat kolaborasi hotel-hotel di bawah naungan Archipelago International dan Citilink.

Kompetisi tersebut digelar sebagai bentuk apresiasi kepada influencer dalam mengasah kreativitas dan kemampuan mereka.

Chief Executive Officer (CEO) Archipelago International John Flood mengatakan, pihaknya sangat senang bisa menyelenggarakan program bergengsi Archipelago Influencer Awards untuk kali pertama.

Menurutnya, program tersebut sejalan dengan komitmen Archipelago International terhadap inovasi dan keterlibatan masyarakat.

“Melalui Archipelago Influencer Awards, kami mengajak masyarakat memanfaatkan kekuatan pengaruh media sosial untuk mempromosikan merek kami dan berkontribusi pada pertumbuhan pariwisata dan perhotelan di Indonesia," kata John dalam siaran tertulis yang diterima Kompas.com, Selasa (13/2/2024).

Untuk diketahui, Archipelago Influencer Awards 2023 dirancang dengan beberapa tujuan. Pertama, memperkuat kerja sama strategis antara Archipelago International dan Citilink.

Dengan menjalin kerjasama bersama maskapai Citilink sebagai mitra, Archipelago International berkomitmen menciptakan kolaborasi dengan influencer untuk mempromosikan sektor pariwisata dan perhotelan.

Kedua, memperluas kesadaran merek dan jangkauan dari Citilink dan hotel di bawah naungan Archipelago International yang tersebar di Indonesia, mulai dari Sumatera hingga Papua. 

Ketiga, mengembangkan strategi pemasaran yang inovatif dan efektif melalui media sosial bersama influencer selama 2023–2024. Inisiatif ini dilakukan untuk mendorong kerja sama dalam mempromosikan pariwisata dan perhotelan di berbagai kepulauan Indonesia.

Selain itu, inisiatif tersebut juga bertujuan untuk memberikan penghargaan kepada influencer di Instagram sebagai promotor sekaligus platform untuk memberdayakan generasi muda. Program ini juga mengundang mereka membantu mempromosikan pariwisata di Indonesia secara aktif.

Selain meningkatkan portofolio influencer, program tersebut juga untuk menginspirasi generasi muda supaya lebih kreatif dalam membuat konten yang bermanfaat untuk industri pariwisata.

Tahapan seleksi Archipelago Influencer Awards

Archipelago Influencer Awards 2023 dimulai dengan proses pemilihan nano-influencer dan micro-influencer terbaik dari tujuh kepulauan di Indonesia, yakni Sumatera, Sulawesi, Kalimantan, Jawa, Bali, Nusa Tenggara, serta Papua.

Sementara itu, acara utama Archipelago Influencer Awards 2023 diikuti lebih dari 100 influencer dari seluruh Indonesia. Acara ini memiliki berbagai tahapan, yakni seleksi, program inkubasi, penilaian, serta malam penganugerahan.

Pada tahap seleksi yang berlangsung pada 1-31 Oktober 2023, pihak Archipelago International dan Citilink menyeleksi influencer dari berbagai kategori, seperti Hotel Reviewers, Food Bloggers, dan Penggemar Destinasi Wisata.

Para influencer diminta mengisi data diri dan mengirimkan karya video terbaik yang diunggah dalam Google Form. Selanjutnya, video yang diunggah influencer akan dinilai pihak Archipelago International dan Citilink.

Dari ratusan influencer yang mendaftar, panitia akan memilih 7 influencer terbaik untuk mendapatkan kesempatan mengikuti program inkubasi Fly, Stay and Slay. Adapun faktor yang memengaruhi seleksi adalah kualitas dan relevansi konten dengan tema. 

Tahap selanjutnya adalah program Inkubasi dan nominasi 7 besar yang berlangsung pada 1 Desember 2023 hingga 15 Januari 2024.

Pada tahap itu, influencer yang masuk 7 nominasi terbaik mendapat kesempatan untuk mengikuti program inkubasi (fly, stay and slay) bersama Archipelago International dan Citilink.

Adapun tujuh nominasi teratas yang terpilih adalah Emni Darlis (@darlismuhan), Timur Asyari (@timurasyari), Adhe Tora (@adhetora), Umar Imanuddin (@Marzcheese), Mardiah (@mardiaheyyy), Arief Firmansyah (@Jalanbarengarief), serta Agnes Indra (@Agnesyi).

Program Inkubasi - makan siang dengan influencers. DOK. Archipelago International Program Inkubasi - makan siang dengan influencers.

Seluruh influencer tersebut berkesempatan terbang ke destinasi pilihan sesuai dengan rute Citilink dan menginap di hotel di bawah naungan Archipelago International di seluruh Indonesia. Sebut saja, Hotel NEO Eltari Kupang, ASTON Palembang Hotel and Convention Center, Quest Hotel Balikpapan, ASTON Canggu Beach Resort, Harper MT. Haryono, favehotel Pantai Losari Makassar, dan The Alana Hotel Malang.

Ketujuh influencer terbaik itu juga mendapatkan kesempatan menikmati hidangan food and beverage (F&B) gratis di hotel. 

Selama program inkubasi, para influencer diharuskan membuat reels konten pada 16 Januari hingga 31 Januari 2024.

Adapun tema konten yang dibuat meliputi pengalaman selama menginap di hotel di bawah naungan Archipelago International, destinasi wisata di sekitar hotel, pengalaman mencicipi hidangan lezat dari setiap hotel, serta pengalaman perjalanan dengan maskapai Citilink.

Selanjutnya, konten yang telah dibuat akan dinilai oleh juri berdasarkan beberapa kriteria, seperti kualitas konten, engagement rate para influencers, dan relevansi dengan tema. Adapun juri kompetisi ini terdiri dari perwakilan Archipelago International dan Citilink.

Tahap selanjutnya adalah Malam Penganugerahan yang berlangsung ASTON Serang, Selasa (6/2/2024). Acara ini mengungumkan pemenang Archipelago Influencer Awards 2023, yakni @AgnesYi sebagai Influencer Terbaik dalam Destinasi Wisata, @JalanBarengArief sebagai Influencer Terbaik dalam Tur Hotel, serta @TimurAsyari sebagai Influencer Terbaik dalam Pengalaman F&B.

Talkshow bersama dengan influencers. DOK. Archipelago International Talkshow bersama dengan influencers.

Para pemenang diberi kesempatan berbagi pengalaman dan testimoni mengenai program Archipelago Influencer Award. Acara ini digelar bersamaan dengan Commercial Summit yang diadakan Archipelago International di ASTON Serang, Rabu (7/2/2024).

Pemenang Archipelago Influencer Award berhak mendapatkan voucer hotel senilai Rp 2 juta dari Archipelago International, tiket pulang pergi dari Citilink, serta trofi dari Archipelago International. 

Untuk informasi lebih lanjut, Anda dapat mengunjungi laman www.archipelagointernational.com dan ikuti akun Instagram @archipelagointernational.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com