Advertorial

Presiden Jokowi Cek Stok Beras di Gudang Bulog Cibitung dan Serahkan Bantuan Pangan

Kompas.com - 16/02/2024, 14:50 WIB

KOMPAS.com – Presiden Joko Widodo (Jokowi) melakukan pengecekan ketersediaan cadangan beras pemerintah di Gudang Perusahaan Umum (Perum) Badan Urusan Logistik (Bulog), Cibitung, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat (Jabar), Jumat (16/2/2024).

Selain mengecek stok beras, Jokowi juga menyerahkan bantuan pangan beras kepada keluarga penerima manfaat (KPM) di Cikarang Barat, Kabupaten Bekasi.

Jokowi mengatakan, pemenuhan kebutuhan pangan merupakan prioritas pemerintah. Untuk itu, program-program pemerintah yang berdampak langsung ke masyarakat, termasuk bantuan pangan, tengah diupayakan agar bisa diperpanjang hingga Juni dengan menyesuaikan kondisi keuangan negara.

"Di seluruh dunia saat ini sedang terjadi krisis pangan. Jadi, harga beras mengalami kenaikan, tapi di Indonesia rakyat dibantu dengan bantuan pangan beras sebanyak 10 kg per bulan. Bantuan tersebut disalurkan sampai Juni 2024 dan seterusnya, melihat kondisi Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN)," ujar Jokowi dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Jumat.

Pada kesempatan sama, Kepala Badan Pangan Nasional (Bapanas) Arief Prasetyo Adi menjelaskan, bantuan pangan beras disalurkan kembali mulai Rabu (15/2/2024) secara serentak di seluruh Indonesia.

"Bantuan pangan beras disalurkan kembali usai Pemilu dan kembali ditegaskan, program ini tidak memiliki keterkaitan dengan kepentingan apa pun sehingga dapat dipastikan tujuannya adalah membantu pemenuhan pangan masyarakat yang membutuhkan," kata Arief.

Direktur Utama Perum Bulog Bayu Krisnamurthi turut menyampaikan bahwa Bulog sudah menyiapkan stok cadangan beras pemerintah dengan baik untuk pelaksanaan program-program, seperti bantuan pangan beras.

"Stok beras yang dikuasai Bulog saat ini sebanyak 1,4 juta ton dan sangat cukup untuk kebutuhan penyaluran bantuan pangan beras sampai Juni 2024, penyaluran beras Stabilisasi Pasokan dan Harga Pangan (SPHP), dan menghadapi puasa (Ramadhan) serta Lebaran," kata Bayu.

Salah satu warga Cikarang Barat yang menerima manfaat, Jamaludin (42 tahun), mengaku gembira dengan bantuan pangan beras dari pemerintah.

"Alhamdulillah, saya seneng banget dengan bantuan ini. Apalagi, saya cuma buruh harian lepas jadi ngebantu banget. Kami berharap, bantuan serupa dilanjutkan," katanya.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com