Advertorial

Ini Alasan Toyota Yaris Cross HEV Raih Penghargaan Total Cost Ownership di GridOto Award 2023

Kompas.com - 19/02/2024, 14:07 WIB

KOMPAS.com – Pada pengujung 2023, Yaris Cross HEV menjadi salah satu mobil keluaran Toyota yang menyabet penghargaan Total Cost Ownership (TCO) untuk kategori smallsport utility vehicle (SUV) di ajang GridOto Award.

GridOto Award 2023 adalah ajang apresiasi yang diberikan oleh GridOto, salah satu media otomotif terkemuka di Indonesia, kepada produsen otomotif yang telah berinovasi menghasilkan produk terbaik demi kemajuan industri otomotif dan memenuhi kebutuhan konsumen di Indonesia.

Sementara, TCO adalah kategori penghargaan untuk mobil baru dengan biaya kepemilikan terbaik di segmennya ketimbang mobil baru lainnya yang diluncurkan di Indonesia selama 2023.

Sebagai informasi, Toyota Yaris Cross HEV adalah mobil hybrid yang diperkenalkan oleh PT Toyota Astra Motor (TAM) di Indonesia, dengan status world premiere pada Mei 2023.

Ada banyak aspek menarik yang membuat kendaraan yang dibanderol seharga Rp 440,6 juta itu meraih penghargaan tersebut, mulai dari desain yang ringkas, sporty, dan elegan, performa mesin kendaraan ini tangguh, hingga penghematan bahan bakar.

Toyota Yaris Cross Hybrid dibekali dengan mesin 1.500 cc Dual VVT-i yang dikombinasikan dengan motor listrik. Kombinasi keduanya menghasilkan torsi yang sangat besar, yaitu 141 Nm. Tenaga tersebut disalurkan ke roda depan melalui transmisi CVT.

Dengan torsi yang besar, Yaris Cross Hybrid memiliki akselerasi yang responsif. Apalagi, Toyota juga menyediakan mode berkendara PWR yang lebih agresif. Dengan mode berkendara ini, Yaris Cross Hybrid dapat berakselerasi lebih cepat.

Selain akselerasi yang responsif, Yaris Cross Hybrid juga memiliki tenaga yang stabil. Hal ini karena kombinasi mesin dan motor listrik menghasilkan tenaga yang selalu mengisi dari putaran bawah sampai ke putaran atas. Mesin 1.500 cc pada mobil ini memiliki tenaga 91 Tk, sementara motor listriknya 80 Tk.

Meskipun memiliki akselerasi yang agresif, handling Yaris Cross Hybrid tetap terbilang presisi dan minim body roll. Hal ini membuat pengendara yang berada di balik kemudi tidak membutuhkan waktu lama untuk merasakan sensasi berkendara yang menyenangkan.

Apalagi, penggunaan baterai litium membuat Yaris Cross Hybrid memiliki mode berkendara EV. Selain menjadikan mesin senyap, juga berdampak signifikan untuk efisiensi bahan bakar.

Bodi gagah

Yaris Cross Hybrid mengusung konsep "Solid & Dynamic", yang tecermin dari tampilannya yang gagah dan modern.

Grill trapezoidal yang berbeda ukuran antara atas dan bawah, serta lampu utama yang mengikuti lekukan kap mesin dan bodi samping, memberikan kesan tangguh dan sporty. Pelek 18 inci yang diusung Yaris Cross Hybrid semakin menambah kegagahannya. 

Yaris Cross Hybrid memiliki dimensi 4.310 mm x 1.770 mm x 1.615 mm, dengan ground clearance 260 mm. Dimensi ini menjadikannya tangguh untuk digunakan di segala medan, baik jalanan beraspal maupun jalanan yang tidak rata.

Overhang depan dan belakang dibuat padat dengan approach angle 19 derajat dan departure angle 28 derajat. Hal ini semakin menambah kemampuan Yaris Cross Hybrid untuk berpetualang.

Radius putar Yaris Cross Hybrid juga tergolong kecil, yakni 5,2 meter. Hal ini membuatnya lebih lincah saat bermanuver dan melakukan u-turn.

Desain kabin mewah

Kabin Yaris Cross Hybrid dibalut dengan warna hitam dengan detail jahitan biru sehingga menciptakan kesan sporty dan mewah. Desain dasbornya dibuat seperti kokpit pesawat, dengan penempatan ruang tengah yang ringkas tetapi fungsional.

Kabin juga dilengkapi dengan layar head unit 10,1 inci yang terintegrasi dengan Bluetooth, Apple CarPlay, dan Android Auto. Layar MID 7 inci juga sudah full digital. Panoramic roof berukuran besar menambah kesan mewah kabin.

Fitur lain yang tersedia adalah setir tilt dan telescopic, AC digital, push start stop button, dan jok elektrik untuk pengemudi, dan dilengkapi dengan audio steering switch.

Selain itu, Yaris Cross hybrid juga dilengkapi dengan tiga mode berkendara, yakni ECO, Normal, dan Power, serta electric parking brake.

Dilengkapi fitur keamanan mumpuni

Toyota Yaris Cross Hybrid dibekali perangkat keselamatan aktif dan mumpuni, termasuk enam airbag dan Toyota Safety Sense (TSS) dan Toyota Hybrid System (THS).

TSS terdiri dari berbagai fitur canggih, seperti Pre-Collision Warning & Pre-Collision Braking (FCW & AEB), Lane Departure Warning & Lane Departure Prevention (LDW & LDP), Adaptive Cruise Control (ACC), Front Departure Alert (FDA), dan Lane Keeping Control (LKC).

Selain itu, ada pula Automatic High Beam (AHB), Pedal Misoperation Control (PMC), Panoramic View Monitor (PVM), Blind Spot Monitoring (BSM), Rear Cross-Traffic Alert (RCTA), Hill Start Assist (HSA), dan Vehicle Stability Control (VSC).

Semua fitur tersebut bekerja dengan baik. Sebagai contoh, ketika ingin berpindah lajur di jalan tol tanpa menyalakan lampu sein, fitur LDW & LDP langsung aktif dan memberi peringatan kepada pengemudi lain dengan cara mengoreksi setir secara otomatis serta muncul lampu peringatan di multi information display (MID).

Begitu juga dengan fitur ACC. Fitur ini dapat menyesuaikan kecepatan dan jarak dengan kendaraan yang berada di depan. Caranya, pengemudi cukup menekan tombol ikon mobil dengan tiga garis di bawah yang ada pada kemudi. Pengemudi bisa mengatur kecepatan maksimal berapa dan mau berapa jaraknya dengan kendaraan depan.

Hemat bahan bakar

Untuk menghemat bakar, Toyota Yaris Cross Hybrid dibekali Toyota Hybrid System (THS). Sistem ini adalah gabungan mesin bensin 1,5 liter dengan motor listrik sehingga tenaga yang dihasilkan menjadi lebih besar, tapi konsumsi bahan bakar tetap efisien.

Toyota Yaris Cross juga telah fitur safety yang canggih. All New Yaris Cross dibekali tiga mode pilihan berkendara, yakni normal, eco, power. Sehingga pengemudi bisa memilih ingin performa yang maksimal saat berkendara atau efisiensi bahan bakar.

Tim Kompas Otomotif sempat melakukan pengujian berkendara dengan Toyota Yaris Cross versi standar dan hybrid. Pengujian dilakukan dengan berkendara berkeliling Jakarta dalam jarak dan gaya berkendara sehari-hari. Hasil uji coba diberitakan Kompas.com pada Rabu (15/11/2023).

Dalam pengujian itu, konsumsi bahan bakar Yaris Cross standar mencapai 10,1 kilometer per liter (Kpl) setelah menempuh jarak 60 kilometer. Sementara, Yaris Cross hybrid hanya mengonsumsi bahan bakar 24,5 Kpl setelah menempuh jarak 127 kilometer.

Berdasarkan uji coba itu, Yaris Cross Hybrid lebih irit bahan bakar daripada Yaris Cross standar.

Namun, perlu diingat bahwa hasil tersebut tidak bisa dijadikan patokan, mengingat banyak faktor yang memengaruhi konsumsi bahan bakar, seperti kondisi jalan, jarak tempuh, gaya berkendara, bahan bakar yang digunakan, kondisi kendaraan, dan beban barang yang dibawa di kabin.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com