Advertorial

Mengenal Yaris Cross Hybrid, Kendaraan Inovasi Toyota yang Sukses di Pasar Global dan Lokal

Kompas.com - 19/02/2024, 14:10 WIB

KOMPAS.com – Toyota Indonesia resmi memperkenalkan Yaris Cross Hybrid dalam acara World Premiere Yaris Cross pada Mei 2023.

Vice President Director PT Toyota Astra Motor (TAM) Henry Tanoto mengatakan, dengan membawa visi Mobility for All, kehadiran kendaraan elektrifikasi Toyota, termasuk All New Yaris Cross Hybrid, ikut membawa angin segar pada penjualan mobil ramah lingkungan di Indonesia.

"Lewat Multi Pathway Strategy, kami akan menghadirkan produk-produk ramah lingkungan yang lebih lengkap dan sesuai kebutuhan masyarakat. Kami juga akan membangun ekosistem yang mendukung mobilitas kendaraan elektrifikasi Toyota, diperkuat kolaborasi bersama stakeholder untuk memberikan peace of mind," ujar Henry seperti diberitakan Kompas.com, Rabu (13/12/2023).

Untuk diketahui, sejak diluncurkan, All New Yaris Cross Hybrid berhasil mendapatkan respons positif di pasar otomotif global. 

Sementara di dalam negeri, penjualan dari Yaris Cross Hybrid juga tergolong memuaskan karena berhasil masuk dalam lima besar kendaraan listrik terlaris di Tanah Air sepanjang 2023.

Menurut data data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), Toyota Yaris Cross Hybrid berhasil terjual sebanyak 5.476 unit. Kendaraan ini menempati posisi keempat sebagai kendaraan listrik terlaris pada 2023.

Raihan tersebut jelas tergolong luar biasa. Ini mengingat Toyota Yaris Cross Hybrid baru resmi di jual di pasar otomotif Indonesia pada pertengahan tahun.

Dilengkapi mesin bertenaga

Keberhasilan Toyota Yaris Cross Hybrid masuk dalam lima besar kendaraan listrik terlaris pada 2023 bukan tanpa alasan.

Sebab, kendaraan tersebut memang punya berbagai keunggulan di segala bidang, baik dari segi desain, fitur, hingga mesin.

Untuk mesin, misalnya, Toyota Yaris Cross Hybrid dibekali dengan mesin 2NR-VEX berkapasitas 1.500 cc Dual VVT-i. Mesin tersebut dikombinasikan dengan motor listrik berdaya 59 kilowatt (kW) dengan baterai litium-ion berkapasitas 0,7 kWH.

Berkat itu, Toyota Yaris Cross Hybrid punya torsi yang sangat besar, yaitu 141 Newtonmeter (Nm). Tenaga ini tersalurkan ke roda depan melalui transmisi continuously variable transmission (CVT).

Adapun mesin konvensional 1.500 cc pada mobil tersebut punya tenaga sebesar 91 horse power (hp). Sementara motor listriknya punya tenaga sebesar 82 hp.

Dengan kehadiran dua sumber tenaga dari mesin konvensional dan motor listrik, tenaga dari Yaris Cross Hybrid sendiri terasa selalu mengisi dari putaran bawah sampai ke putaran atas.

Mesin kendaraan mobil tersebut juga semakin agresif karena Toyota juga membenamkam mode berkendara power (PWR) sehingga mobil lebih bertenaga.

Meski agresif, handling Yaris Cross Hybrid tetap terasa presisi dan minim body roll. Hal ini pun membuat pengemudi tidak membutuhkan waktu lama untuk merasakan fun to drive.

Punya desain dan fitur unggulan

Untuk penampilan, dapat dikatakan Toyota Yaris Cross Hybrid punya tampilan yang gagah sekaligus modern. Ini tak lepas berkat konsep desain"Solid & Dynamic" yang disematkan pada kendaraan tersebut.

Kesan solid sendiri langsung terlihat dari bagian depan melalui kehadiran gril trapezoidal yang berbeda ukuran antara atas dan bawah.

Sementara desain lampu utamanya dibuat mengikuti lekukan kap mesin dan bodi samping sehingga membuat mobil tersebut menjadi lebih berkarakter.

Adapun dimensi mobil memiliki panjang 4.310 mm, lebar 1.770 mm, tinggi 1.615 mm, dan ground clearance 260.

Hal itu membuat Toyota Yaris Cross Hybrid tak hanya mampu melibas medan aspal perkotaan, tapi juga sanggup untuk diajak untuk berpetualang.

Pada bagian kaki-kaki, Toyota Yaris Cross Hybrid dibekali pelek sebesar 18 inci sehingga ketika dilihat sepintas, mirip RAV-4.

Pada bagian kabin, mobil tersebut dibalut oleh warna hitam dengan detail jahitan biru. Untuk memamerkan sisi mewah, desain dasbornya dibuat seperti kokpit pesawat yang mana penempatan ruang tengah terlihat ringkas, tetapi tetap fungsional.

Dari segi fitur, Toyota Yaris Cross Hybrid sudah dibekali perangkat keselamatan aktif Toyota Safety Sense (TSS) dan Toyota Hybrid System (THS).

Melalui THS, Toyota Yaris Cross Hybrid diklaim menjadi lebih bertenaga karena optimasi baterai Lithium-Ion.

Berkat itu, pengemudi tidak perlu berusaha keras untuk mencapai kecepatan tertentu, tetapi juga tak perlu khawatir terhadap pemborosan bahan bakar.

Selain semua fitur utu, ada pula fitur penting lain, seperti Emergency Stop Signal, Vehicle Stability Control (VSC), Lane Departure Warning, Lane Departure Prevention, dan Adaptive Cruise Control (ACC).

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com