Advertorial

Maksimalkan Dampak Program Tanggung Jawab Sosial, Yayasan WINGS Peduli Lakukan Kolaborasi dengan Berbagai Pihak

Kompas.com - 19/02/2024, 18:54 WIB

KOMPAS.com – Untuk mendukung komitmennya dalam menjalankan program tanggung jawab sosial dan lingkungan (TJLS) atau corporate social responsibility (CSR), WINGS Group melalui Yayasan WINGS Peduli menjalin kolaborasi strategis dengan berbagai mitra secara berkelanjutan.

Hal tersebut diwujudkan dengan menempatkan para mitra sejak tahap perumusan program hingga pelaksanaan. Para mitra yang berkolaborasi dengan Yayasan WINGS Peduli di antaranya adalah pemerintah, lembaga swadaya masyarakat, komunitas lokal, dan karyawan WINGS Group.

Pada tahap perumusan program, Yayasan WINGS Peduli melibatkan para mitra dengan mempertimbangkan saran dan kebutuhan mereka. Tujuannya, untuk menciptakan program yang sesuai dengan kebutuhan lingkungan dan masyarakat, serta mengoptimalkan dampak program TJLS yang dapat diukur dan dirasakan oleh penerima manfaat.

Pada tahap pelaksanaan, berbagai mitra tersebut, termasuk karyawan WINGS Group, juga dilibatkan sebagai aktor perubahan yang melanjutkan misi sosial kepada komunitas sekitar mereka.

Perwakilan Yayasan WINGS Peduli Sheila Kansil mengatakan, kolaborasi tersebut penting untuk mengoptimalkan pelaksanaan program CSR.

"Kami meyakini bahwa kolaborasi dengan berbagai pihak menjadi kunci keberhasilan program CSR kami. Melalui sinergi ini, kami dapat merancang program yang lebih tepat sasaran sesuai dengan kebutuhan masyarakat sehingga dampak yang dihasilkan menjadi lebih optimal dan berkelanjutan," ujarnya dalam rilis pers yang diterima Kompas.com, Senin (12/2/2024).

Program TJLS Yayasan WINGS Peduli

Yayasan WINGS Peduli memiliki sejumlah inisiatif program TJLS di beragam bidang yang bersinergi dengan berbagai mitra.

Adapun sinergi dan inisiatif itu merupakan bentuk komitmen Yayasan WINGS Peduli meningkatkan kualitas hidup masyarakat serta menciptakan Bumi yang lebih nyaman untuk generasi mendatang. Hal ini sejalan dengan filosofi perusahaan, yaitu “The Good Things in Life Should Be Accessible for All.

Komitmen Yayasan WINGS Peduli dalam menangani bencana alam mendapatkan apresiasi dari pemerintah melalui Kementerian Sosial.dok. Yayasan WINGS Peduli Komitmen Yayasan WINGS Peduli dalam menangani bencana alam mendapatkan apresiasi dari pemerintah melalui Kementerian Sosial.

Pada bidang lingkungan, Yayasan WINGS Peduli membantu pengelolaan sampah serta pelestarian lingkungan melalui pilar #WINGSPeduliLingkungan.

Upaya tersebut diwujudkan melalui edukasi ke masyarakat mengenai pemilahan sampah lewat kampanye #PilahDariSekarang, peresmian bank sampah binaan, serta aksi bersih sungai dan pantai.

Untuk merancang dan mengoptimalkan dampak berbagai program tersebut, Yayasan WINGS Peduli bekerja sama dengan Kementerian Kesehatan, pemerintah provinsi, hingga dinas lingkungan hidup.

Melalui sejumlah program tersebut, Yayasan WINGS Peduli bersama para mitra telah mengedukasi lebih dari 20.000 masyarakat, membina lima bank sampah, serta membersihkan sejumlah pantai yang berlokasi dekat dengan tempat tinggal masyarakat.

Kemudian, lewat program #WINGSPeduliKemanusiaan, Yayasan WINGS Peduli juga hadir sejak awal penanganan bencana melalui kolaborasi dengan sejumlah mitra yang berfokus pada percepatan penanganan bencana alam.

Adapun program #WINGSPeduliKemanusiaan mencakup kegiatan pembagian produk food and beverages dan sanitasi kepada para penyintas bencana.

Yayasan WINGS Peduli bekerja sama dengan Kementerian Sosial, pemerintah setempat, perangkat desa, serta Distribution CenterWINGS untuk memastikan jenis produk bantuan sesuai dengan kebutuhan serta bantuan terdistribusi ke posko-posko penyintas bencana.

Melalui upaya itu, Yayasan WINGS Peduli berhasil mendapatkan penghargaan atas bantuan dan dedikasi untuk penanganan bencana.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com