Advertorial

Mayapada Hospital Jakarta Selatan Hadirkan Operasi Bedah Plastik Ala Korea lewat Korean Rhinoplasty

Kompas.com - 20/02/2024, 14:47 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Operasi hidung (rhinoplasty) menjadi salah satu jenis operasi bedah plastik yang populer dalam beberapa tahun belakangan. Lewat operasi ini, bentuk hidung seseorang bisa diperbaiki atau diperindah agar sesuai dengan proporsi wajah.

Saat ini, banyak pasien yang melakukan operasi tersebut di luar negeri, seperti Korea Selatan dan Thailand. Padahal, rhinoplasty juga dapat dilakukan di rumah sakit di Indonesia dengan kualitas yang tak kalah bagus dengan dokter luar negeri.

Guna memenuhi kebutuhan pasien yang ingin melakukan operasi bedah plastik estetik, Aesthetics Centre Mayapada Hospital Jakarta Selatan menghadirkan layanan “Korean Rhinoplasty”, Senin (19/2/2024). Layanan ini ditangani langsung oleh Dokter Spesialis Bedah Plastik Rekonstruksi dan Estetik Mayapada Hospital dr Beta Subakti Nataatmadja, Sp. BPRE, Subsp. EL (K).

Dokter Beta sendiri sebelumnya berpraktik di Mayapada Hospital Surabaya. Tingginya antusiasme pasien yang ingin mendapatkan layanan bedah plastik dari dr Beta membuat Mayapada Hospital memperluas layanan dr Beta di Mayapada Hospital Jakarta Selatan.

Chairman and Group Chief Executive Officer Mayapada Healthcare Group Jonathan Tahir mengatakan, Aesthetic Center di Mayapada Hospital Jakarta Selatan dan Surabaya menandai langkah Mayapada Healthcare Group dalam memperluas spektrum layanan kesehatan di industri estetika.

Seiring meningkatnya minat masyarakat Indonesia terhadap bedah plastik, Mayapada Hospital memiliki layanan Korean Rhinoplasty sebagai komitmen untuk menyediakan layanan bedah plastik estetik yang berkualitas dan terpercaya. Layanan ini memiliki kelengkapan, mulai dari tenaga spesialis, subspesialis, penunjang medis, fasilitas, hingga teknologi terkini.

Kehadiran dr Beta sebagai dokter ahli bedah plastik estetik kelas dunia asal Indonesia di Mayapada Hospital membawa keunggulan tersendiri. Pasalnya, dr Beta dapat memenuhi kebutuhan pasien yang menginginkan perubahan tampilan secara signifikan, tapi tetap natural sebagai orang Indonesia.

“Kami berharap, masyarakat Indonesia tidak perlu pergi ke Korea Selatan dan bisa mempercayakan tindakan bedah plastik di Aesthetic Center Mayapada Hospital,” ujar Jonathan.

Sementara itu, Direktur Mayapada Hospital Jakarta Selatan dr Fiktorius Kuludong MM mengatakan, Aesthetics Centre Mayapada memiliki berbagai keunggulan dalam melakukan rhinoplastyPertama, ditangani dokter spesialis dan subspesialis. Hal ini membuat penanganan operasi menjadi lebih aman karena ditangani oleh oleh ahlinya.

Adapun dr Beta merupakan salah satu dokter bedah plastik kompeten di Indonesia di bidang rhinoplasty dan breast augmentation.

Kedua, kerja sama tim. Mayapada Hospital memiliki layanan dan tim dokter multidisipliner yang terintegrasi. Dengan demikian, penanganan operasi menjadi lebih komprehensif karena didukung tim dokter dari berbagai disiplin spesialis.

Ketiga, peralatan dan teknologi yang lengkap. Mayapada Hospital Jakarta Selatan memiliki peralatan yang komprehensif karena telah terakreditasi oleh JCI. Akreditasi ini menunjang standar pelayanan rumah sakit bertaraf internasional yang aman, nyaman, serta memuaskan pasien.

“Manajemen dan dokter Mayapada Hospital berkolaborasi dan berkomitmen untuk memberikan pelayanan yang aman dan memuaskan. Terlebih, kami sudah terakreditasi JCI yang berarti Mayapada Hospital sudah mampu memberikan pelayanan bertaraf internasional,” kata dr Fiktorius di Mayapada Hospital Jakarta Selatan, Senin (19/2/2024).

Hadirkan layanan operasi ala Korea

Dokter Beta memaparkan, Korean Rhinoplasty berfokus pada layanan operasi untuk memperbaiki bentuk hidung menjadi lebih indah atau estetik. Korea Selatan dipilih sebagai rujukan karena Negeri Ginseng menjadi tujuan operasi plastik untuk orang Asia. Selain teknis, Korea Selatan juga memimpin prosedur operasi plastik dari aspek sains.

Menurutnya, struktur hidung orang Indonesia mirip dengan orang Korea atau Asia. Dengan demikian, penanganan operasi ala Korea juga cocok diterapkan untuk orang Indonesia.

Sebelumnya, dr Beta ia juga berkesempatan mempelajari ilmu dan teknik bedah plastik terbaru di Department of Plastic and Reconstructive Surgery, Seoul National University Bundang Hospital-Korea.

Ketimbang operasi plastik biasa, Dokter Beta menilai bahwa Korean Rhinoplasty memiliki perbedaan, khususnya pada aspek teknik bedah plastik.

“Korean Rhinoplasty menerapkan teknik bedah plastik menggunakan tulang rawan, bisa dari telinga, tulang hidung, serta iga. Sementara itu, mindset operasi plastik sebelumnya hanya implan,” ujar dr Beta.

Dokter Beta menambahkan, operasi hidung menjadi salah satu operasi plastik yang memiliki permintaan tertinggi di Negara Asia selain mata dan payudara.

Melalui rhinoplasty, pasien yang memiliki kekurangan genetik, seperti hidung pesek atau bengkok, dapat diperbaiki menjadi lebih indah sesuai kontur dan struktur wajah.

Dokter Spesialis Bedah Plastik Rekonstruksi dan Estetik Mayapada Hospital dr Beta Subakti Nataatmadja, Sp. BPRE, Subsp. EL (K). Dok. Mayapada Hospital Dokter Spesialis Bedah Plastik Rekonstruksi dan Estetik Mayapada Hospital dr Beta Subakti Nataatmadja, Sp. BPRE, Subsp. EL (K).

Menurutnya, penanganan rhinoplasty di Aesthetics Centre Mayapada Hospital memiliki perbedaan signifikan ketimbang rumah sakit lain di Indonesia. Pasalnya, Mayapada Hospital menjadi satu dari segelintir rumah sakit yang berfokus pada bedah plastik estetik.

Selain itu, Mayapada Hospital melakukan penanganan bedah plastik estetik di rumah sakit. Hal ini membuat penanganan pasien lebih aman berkat ketersediaan tim dokter multidisiplin dan ketersediaan teknologi medis canggih yang terintegrasi.

“Saya berharap, kehadiran Korean Rhinoplasty di Mayapada Hospital Jakarta Selatan dapat memenuhi kebutuhan pasien di Jakarta. Pasalnya, saat berpraktik di Mayapada Hospital Surabaya, sebagian besar pasien saya berasal dari luar Surabaya, termasuk Jakarta,” ujarnya.

Sementara itu, Pelaksana Tugas Direktur Mayapada Hospital Surabaya dr. Amelia, M.Kes, mengatakan, kebanyakan pasien yang melaksanakan operasi di Mayapada Hospital sudah melakukan operasi plastik di rumah sakit lain. Mereka tidak puas dengan hasil operasi yang dilakukan sehingga kembali melakukan operasi plastik di Mayapada Hospital

Dokter Amelia menilai, rhinoplasty tidak hanya dilakukan untuk memperbaiki penampilan, tapi juga untuk mengatasi mengatasi keluhan, seperti kesulitan bernafas dari hidung.

Dengan kehadiran Korean Rhinoplasty di Mayapada Hospital, pasien tidak perlu pergi Korea atau Thailand untuk melakukan operasi plastik estetik. Terlebih, pasien kerap terkendala bahasa saat melaksanakan operasi bedah plastik di luar negeri.

Hal tersebut dapat membuat hasil operasi bedah plastik menjadi tidak maksimal. Oleh karena itu, Mayapada Hospital menghadirkan Korean Rhinoplasty supaya pasien tidak perlu repot ke luar negeri.

“Semoga kehadiran dr Beta di Aesthetic Center Mayapada Hospital Jakarta Selatan dapat menjadikan layanan estetik di Indonesia yang semakin dikenal, maju, dan terdepan,” ujar dr Amelia.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com