Advertorial

Angseri, Desa Berpredikat Tata Kelola Terbaik di Nugraha Karya Desa BRILiaN 2023 Berkat Pelatihan dan Pemanfaatan AgenBrilink

Kompas.com - 22/02/2024, 18:26 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com – Bali memang layak menyandang predikat sebagai surganya wisata. Mulai dari wisata pantai, wisata budaya, agrowisata hingga desa tersedia di Pulau Dewata.

Berbicara soal desa, salah satu hidden gem yang patut disambangi adalah Desa Angseri di Kecamatan Baturiti, Kabupaten Tabanan, Bali, yang memiliki luas wilayah sekitar 758,160 hektare (ha). Seluas 48,7 persen di antaranya merupakan lahan pertanian dan perkebunan.

Lahan pertanian dan perkebunan Desa Angseri juga dimanfaatkan sebagai agrowisata. Salah satu yang terkenal adalah Air Panas Angseri.

Saat dihubungi Kompas.com, Rabu (31/1/2024), Kepala Desa Angseri I Nyoman Warnata bercerita awal mula pihaknya mengelola potensi alam wilayahya.

Semula, cerita Nyoman, pihak desa mengajukan permohonan pengelolaan hutan kemasyarakatan kepada Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) untuk menjaga kelestariannya.

“Permohonan kami direspons Kementerian LHK. Kini, masyarakat desa jadi dapat memanfaatkan hasil hutan secara lestari, seperti kayu, bambu, rotan, tanaman obat, dan madu,” tutur Nyoman.

Kemudian, perangkat desa berinisiatif mengelola kawasan di Desa Angseri sebagai destinasi berbasis agrowisata melalui Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Cahaya Pesona Mandiri.

Direktur BUMDes Cahaya Pesona Mandiri I Wayan Cekug mengatakan, untuk pengembangan sektor pariwisata, Desa Angseri telah merancang masterplan berbasis alam dan kearifan lokal, yakni Angseri Sustainable Integrated Tourism Area (Astungkara).

Masterplan ini merupakan induk perencanaan terhadap berbagai upaya yang meliputi pengembangan infrastruktur, fasilitas, produk, promosi, dan sumber daya manusia (SDM). Beberapa obyek wisata yang kami kelola adalah air terjun, pemandian air panas, agrowisata, dan desa wisata,” kata Wayan.

Pengembangan sejumlah potensi tersebut, tambah Wayan, berdampak terhadap peningkatan kesejahteraan masyarakat desa. Mereka ikut terlibat dalam berbagai aktivitas ekonomi, seperti penjualan produk pertanian, perhutanan, peternakan, dan pariwisata.

Terbantu pelatihan dan produk BRI

Untuk lebih memaksimalkan potensinya, Desa Angseri mengikuti program Desa BRILiaN 2023 yang diinisiasi oleh BRI.

Desa BRILiaN merupakan program pemberdayaan desa dari BRI dengan tujuan meningkatkan kapasitas dan kapabilitas perangkat desa, pelaku usaha, dan masyarakat setempat. Dengan demikian, potensi yang dimiliki desa terkelola secara maksimal. Desa pun dapat berdaya dan maju.

Desa Angseri memanfaatkan agrowisata sebagai salah satu sumber pemasukan bagi masyarakat. Dok. istimewa Desa Angseri memanfaatkan agrowisata sebagai salah satu sumber pemasukan bagi masyarakat.

Sejak pertama bergulir pada 2020 hingga 2023, program Desa BRILiaN telah diikuti oleh lebih dari 3.178 desa di seluruh Indonesia. Desa-desa yang mengikuti program ini telah menunjukkan kemajuan yang signifikan, baik dari segi ekonomi, sosial, maupun lingkungan.

Melalui program tersebut, kata Wayan, Desa Angseri mendapatkan pelatihan, seperti cara mengemas produk yang baik seperti apa dan cara memasarkannya melalui media sosial (medsos).

BRI juga disebutkan aktif mendorong masyarakat, khususnya yang memiliki usaha, untuk melakukan digitalisasi. Hal ini mengingat Desa Angseri punya sejumlah obyek wisata yang melibatkan para pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) lokal.

Untuk itu, BRI membantu pelaku usaha setempat mendapatkan kode Quick Response Indonesian Standard (QRIS) untuk memudahkan transaksi konsumen.

“Transaksi kan saat ini banyak yang dilakukan menggunakan QRIS,” terang Wayan.

Penduduk Desa Angseri juga didorong untuk menggunakan BRImo. Melalui superapp BRI ini, warga desa bisa membayar pajak, tagihan listrik dan air dengan mudah.

Selain BRImo, lanjut Wayan, keberadaan AgenBRILink juga meningkatkan literasi keuangan warga desa melalui sosialisasi dan edukasi. AgenBRILink juga berperan besar dalam meningkatkan aktivitas perbankan yang dilakukan oleh masyarakat di Desa Angseri.

“AgenBRILink perannya sangat besar. Sebab, kini masyarakat dapat melakukan transfer uang, tarik tunai, dan setor tunai secara mudah. Selain itu, mereka juga bisa melakukan pembayaran untuk berbagai tagihan, seperti PLN, telepon, PDAM, iuran BPJS, pembayaran cicilan kredit kendaraan, dan beberapa layanan perbankan lain,” jelas Wayan.

Berkat program Desa BRILiaN, Desa Angseri dapat mengelola potensinya dengan baik dan terstruktur sehingga ikut meningkatkan perekonomian masyarakat desa. Karena itu pula, Desa Angseri mendapat predikat Desa dengan Tata Kelola Terbaik pada Nugraha Karya Desa BRILiaN 2023.

Desa mana pun di Indonesia juga bisa mengikuti jejak desa-desa yang menjadi peserta Program Desa BRILiaN, seperti Desa Angseri. Raih kesempatan jadi Desa BRILiaN tahun berikutnya dengan mengunjungi atau menghubungi Kantor BRI Unit dan Mantri BRI Unit terdekat yang akan membantu pendaftaran.

Yuk, jadikan desamu sebagai Desa BRILiaN berikutnya.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com