Advertorial

Kisah Desa Jabung, Sukses Optimalkan Potensi Wisata Desa dan Perekonomian Masyarakat lewat AgenBRILink

Kompas.com - 22/02/2024, 18:29 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com – Berada di kawasan kaki gunung, tepatnya di sisi timur lereng Gunung Lawu, membuat Desa Jabung memiliki udara yang sejuk dan minim polusi udara. Karena lokasi itu pula, desa ini dianugerahi pemandangan yang masih asri dengan pepohonan hijau yang menyegarkan mata.

Tak hanya itu, desa yang berlokasi di Kecamatan Panekan, Kabupaten Magetan, Jawa Timur, ini juga kaya akan sumber air bersih. Potensi ini tidak disia-siakan oleh pemerintah dan masyarakat desa.

Sejak 2015, pemerintah desa telah mengembangkan destinasi wisata yang diberi nama Taman Wisata Desa (TWD) Jabung. Destinasi wisata ini menyediakan sejumlah wahana, seperti kolam renang, pemancingan, kuliner, dan outbound.

“Gagasan membuat destinasi wisata ini karena kami melihat suasana di sini dingin dan punya banyak sumber alam yang bisa dimanfaatkan. Bermula dari TWD Jabung, kami terus mengembangkan destinasi wisata ini dengan mengoptimalkan potensi lain,” kata Kepala Desa Jabung Wito kepada Kompas.com, Selasa (6/2/2024).

Paket wisata outbound, contohnya. Wito mengatakan, pihaknya mengembangkan berbagai aktivitas pendukung lain dalam paket tersebut, seperti eduwisata peternakan sapi perah dan peternakan lebah madu.

Untuk eduwisata peternakan sapi perah, TWD Jabung bekerja sama dengan masyarakat desa yang memiliki peternakan. Di sini, para peserta outbound akan diberikan edukasi seputar peternakan sapi perah, mulai dari memberi makan hingga memerah susu sapi.

“Dengan kerja sama ini, tidak hanya menarik minat pengunjung untuk berlibur di TWD Jabung, tetapi juga memberikan pendapatan tambahan bagi masyarakat,” kata Wito.

Wito menjelaskan, pengelolaan TWD Jabung dipegang oleh Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Sumber Mulyo yang didirikan pada 2014.

Selain mengelola TWD Jabung, BUMDes Sumber Mulyo juga memiliki unit usaha lain, seperti tempat kuliner di sekitar lokasi wisata, toko kelontong, simpan pinjam, dan penjualan elpiji resmi.

Meski begitu, Wito mengakui, BUMDes Sumber Mulyo belum bisa mengelola unit usaha TWD Jabung secara mandiri karena masih ada keterbatasan dari sisi sumber daya manusia (SDM).

“Jadi, untuk pengelolaan TWD Jabung, BUMDes masih dibantu oleh pihak ketiga, terutama untuk operasional di dalam taman wisata,” ujar Wito.

Pendampingan dan pemanfaatan produk BRI

Wito mengatakan, untuk mengatasi keterbatasan sumber daya tersebut, pihaknya aktif mengikutkan desa ke program pendampingan. Salah satunya adalah Desa BRILiaN 2023 dari PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk atau BRI.

Desa BRILiaN merupakan program pemberdayaan desa yang bertujuan menghasilkan role model dalam pengembangan desa. Upaya ini dilakukan melalui implementasi praktik kepemimpinan desa yang unggul serta semangat kolaborasi guna mengoptimalkan potensi desa berbasis Sustainable Development Goal (SDGs).

“BUMDes kami mendapatkan pendampingan dan pelatihan. Pendampingan yang diterima berupa pengelolaan usaha, manajemen keuangan, dan pelaporan keuangan. Hal ini sangat bermanfaat untuk kemajuan BUMDes ke depan,” ujar Wito.

Selain bagi BUMDes, manfaat kehadiran BRI di Desa Jabung juga dirasakan oleh masyarakat desa. Salah satunya melalui kehadiran layanan AgenBRILink.

Menurut Wito, layanan AgenBRILink yang menerapkan konsep sharing fee antara masyarakat yang menjadi agen dan BRI mampu menjadi sumber pendapatan tambahan. Dengan begitu, perekonomian masyarakat dapat terus berkembang.

Berkat layanan AgenBRILink, masyarakat juga bisa mengakses layanan perbankan dan melakukan beragam transaksi dengan mudah tanpa harus menempuh jarak yang cukup jauh.

“Dari Desa Jabung ke ATM terdekat di kecamatan itu jaraknya sekitar 5 km. Dengan adanya AgenBRILink, masyarakat yang sewaktu-waktu mau ambil uang atau bertransaksi jadi lebih mudah karena lebih dekat,” papar Wito.

Sebagai informasi, masyarakat desa mana pun di Indonesia juga bisa mengikuti jejak desa-desa yang menjadi peserta Program Desa BRILiaN. Raih kesempatan jadi Desa BRILiaN tahun berikutnya dengan mengunjungi atau menghubungi Kantor BRI Unit dan Mantri BRI Unit terdekat yang akan membantu pendaftaran.

Yuk, jadikan desamu sebagai Desa BRILiaN berikutnya.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com