Advertorial

Ajak Tamu Beri Penghormatan pada Hari Raya Nyepi, Ayana Resort Hadirkan Paket Menginap Khusus

Kompas.com - 23/02/2024, 11:46 WIB

KOMPAS.com – Umat Hindu, termasuk yang berada di Bali, akan merayakan Hari Raya Nyepi pada Senin (11/3/2024). Nyepi merupakan bagian dari festival keagamaan paling sakral di Pulau Dewata yang menandai awal tahun baru dalam kalender Saka Bali. Peringatan Nyepi di Bali bakal dimulai pada Senin pukul 06.00 WITA.

Sebagai bagian dari komitmen untuk merayakan dan melestarikan warisan budaya Bali, Ayana Resort menghadirkan pengalaman bagi tamu untuk sepenuhnya meresapi makna dan keajaiban Nyepi. Pengalaman ini dihadirkan lewat paket menginap Captivating Nyepi Retreat mulai 10-12 Maret 2024.

"Captivating Nyepi Retreat di Ayana Resort adalah pengalaman yang mendalam. Kami mengundang tamu untuk terhubung dengan budaya Bali dan momen magis pada Hari Raya Nyepi," kata General Manager Ayana Resort Giordano Faggioli dalam rilis pers yang diterima Kompas.com, Rabu (21/2/2024).

Ayana Resort akan menghadirkan pengalaman tersebut di area resor dengan kegiatan imersi budaya dan kesehatan yang beragam. Dengan begitu, para tamu dapat lebih memahami alasan Nyepi dianggap sebagai waktu paling indah dan penting di Bali.

Salah satu aktivitas yang terdapat pada paket menginap tersebut adalah tur Museum SAKA. Museum yang diperkenalkan pada akhir 2023 itu menjadi destinasi untuk mempelajari tentang Nyepi, Ogoh-ogoh, dan semua bentuk budaya Bali, mulai dari tradisional hingga kontemporer.

Sebagai pusat budaya untuk merayakan ekspresi kreatif, spiritual, dan filosofis Pulau Bali, Museum SAKA memainkan peran sentral dalam aktivitas Captivating Nyepi Retreat Ayana. Sebab, kegiatan tur museum ini memiliki fokus khusus pada Nyepi bersama dengan beberapa acara khusus lain.

Pada malam sebelum Nyepi atau yang dikenal sebagai Pengrupukan, jalan-jalan di Bali akan dipenuhi arak-arakan patung Ogoh-ogoh raksasa untuk mengusir unsur-unsur jahat serta menciptakan keseimbangan antara manusia, alam, dan dunia spiritual.

Ayana Resort mengadakan Parade Ogoh-ogoh yang akan dilaksanakan di area resor pada Minggu (10/3/2024) pukul 16.00 WITA. Ayana Resort bekerja sama dengan masyarakat di sekitar Jimbaran dan Gianyar untuk menciptakan dua Ogoh-ogoh. Patung-patung ini akan diarak dari Lobby Ayana Resort Bali dan Lobby Rimba by Ayana ke area sekitar Museum SAKA dan kemudian menuju SAKA Garden.

Parade Ogoh-ogoh di area resor Ayana Bali. dok. Ayana Bali Parade Ogoh-ogoh di area resor Ayana Bali.

Parade itu juga akan diikuti oleh kolaborasi khusus antara Ogoh-ogoh dengan tarian yang dikoreografikan oleh penari, seniman, penulis, dan pendidik Bali terkenal, Profesor I Made Bandem.

"Dengan Museum SAKA sebagai pusat budaya kami, parade Ogoh-ogoh, dan pertunjukan khusus tahun ini semakin memperkuat komitmen kami untuk merayakan dan melestarikan budaya luar biasa Pulau Bali. Bergabunglah dengan kami dalam perjalanan ini untuk memperkuat koneksi Anda dengan Bali serta merasakan makna mendalam dari Nyepi,” tutur Giordano.

Selain itu, kata Giordano, Nyepi juga menjadi kesempatan yang baik bagi tamu untuk terhubung dengan budaya Bali melalui hidangan lokal yang lezat.

Oleh karena itu, paket Captivating Nyepi Retreat telah mencakup makan malam satu kali untuk dua orang di lokasi amfiteater Kampoeng Bali di Rimba by Ayana yang dilaksanakan pada Minggu. Di sini, para tamu dapat menikmati perjamuan budaya yang memanjakan indra, matahari terbenam, serta pertunjukan tarian dan musik tradisional.

Selanjutnya, ketika umat Hindu Pulau Bali masuk pada kesunyian pada 11 Maret 2024 serta melaksanakan ritual puasa dan meditasi, tamu juga dapat fokus pada perjalanan meditatif mereka sendiri dengan kegiatan kesehatan yang dirancang secara cermat oleh Ayana.

Kegiatan tersebut adalah yoga saat matahari terbit dan terbenam, menikmati ketenangan di Ayana Farm, serta sesi sound bathing yang memanfaatkan kekuatan penyembuhan gelombang suara resonan.

Paket liburan itu juga mencakup satu kali perawatan thalassotherapy gratis untuk dua orang di Kolam Aquatonic di Ayana Spa.

Sebagai informasi, thalassotherapy merupakan terapi yang memanfaatkan air laut yang dihangatkan dengan suhu optimal untuk mengembalikan keseimbangan kekurangan mineral, serta merangsang peredaran darah dan rehabilitasi otot.

Lewat paket menginap itu, Ayana Resort mengajak para tamu untuk menikmati langit malam di Bali yang dihiasi bintang-bintang. Para tamu Ayana Resort diundang untuk mengikuti acara stargazing sebagai salah satu kegiatan yang menakjubkan di malam Nyepi. Acara ini berlangsung di Rimba Lawn pada pukul 20:00 WITA.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com