Advertorial

Berniat Ganti Mobil pada 2024? Saatnya Beralih pada yang Baik untuk Masa Depan Bumi

Kompas.com - 23/02/2024, 13:55 WIB

KOMPAS.com – Tahun yang baru menjadi momen yang dimanfaatkan banyak orang untuk menyusun resolusi atau impian yang ingin dicapai. Salah satu impian yang kerap dijadikan rencana adalah memiliki barang atau produk tertentu. Contohnya, mengganti mobil lama dengan yang baru.

Seperti diketahui, saat ini jenis mobil yang tersedia di pasaran cukup banyak dan beragam, tidak hanya dari sisi merek, tetapi juga jenisnya. Selain mobil konvensional yang menggunakan bahan bakar minyak (BBM), terdapat pula pilihan mobil listrik yang semakin populer beberapa waktu terakhir, yakni mobil listrik.

Mobil listrik bisa menjadi pilihan yang tepat bagi Anda yang sedang mencari kendaraan baru, terutama kendaraan ramah lingkungan.

Untuk diketahui, mobil listrik disebut lebih ramah lingkungan karena tidak menghasilkan sisa residu atau emisi. Pada mobil listrik, sumber utama tenaga mobil adalah listrik yang tersimpan dalam baterai dan dapat diisi ulang.

Adapun salah satu produsen otomotif yang memiliki produk kendaraan listrik berkualitas adalah Toyota. Produsen kendaraan asal Jepang ini memiliki sejumlah produk mobil listrik pada setiap kategori, yakni hybrid electric vehicle (HEV), plug-in hybrid electric vehicle (PHEV), dan battery electric vehicle (BEV).

Berikut adalah kendaraan listrik Toyota berdasarkan kategorinya.

  1. Hybrid electric vehicle (HEV)

Mobil HEV menggunakan kombinasi dua penggerak, yakni internal combustion engine (ICE) atau mesin bensin sebagai penggerak roda dan motor listrik untuk membantu meningkatkan efisiensi bahan bakar. Adapun energi yang dihasilkan untuk menggerakkan mobil disimpan pada baterai mobil HEV.

Umumnya, mobil HEV tidak diisi daya menggunakan charger, tetapi mendapatkan daya melalui pengereman regeneratif dan mesin pembakaran internal.

Toyota sendiri memiliki beberapa jenis mobil HEV. Pertama, All New Kijang Innova Zenix Hybrid. Mobil ini mengadopsi platform dan mesin TNGA serta teknologi Toyota Hybrid System generasi ke-5.

All New Kijang Innova Zenix Hybrid mengadopsi platform dan mesin TNGA serta teknologi Toyota Hybrid System generasi ke-5. Dok. TAM All New Kijang Innova Zenix Hybrid mengadopsi platform dan mesin TNGA serta teknologi Toyota Hybrid System generasi ke-5.

All New Kijang Innova Zenix Hybrid dibekali mesin empat silinder berkode M20A-FXS berkapasitas 1.987 cc nonturbo. Mobil ini juga dibekali teknologi perangkat keselamatan aktif Toyota Safety Sense (TSS) 3.0 untuk melindungi pengendara dan penumpang.

Kedua, All New Yaris Cross HEV. Mobil full HEV ini memiliki fitur kenyamanan dan keamanan canggih serta modern, seperti TSS dan Toyota Hybrid System (THS), Push Start System, Immobilizer, Smart Entry System, dan Electric Parking Brake (EPB) with Auto Brake Hold.

Ketiga, New Corolla Altis HEV. Mobil ini dibekali mesin berkapasitas 1.798 cc 4-silinder DOHC dengan teknologi Dual VVT-i. Mesin ini sanggup menghasilkan daya 98 PS pada 5.200 rpm dan torsi 14,5 Kgm pada 4.000 rpm.

Selain itu, New Corolla Altis HEV juga dilengkapi dengan perangkat keselamatan, seperti TSS, Hill Start Assist (HSA), Vehicle Stability Control (VSC), Rear Cross Traffic Alert (RCTA), dan Blind Spot Monitor (BSM).

Tak hanya ketiga mobil tersebut, Toyota juga memiliki tiga pilihan mobil HEV lain, yakni All New Alphard HEV, New Corolla Cross HEV, dan New Camry HEV.

  1. Plug-in hybrid electric vehicle (PHEV)

Serupa dengan HEV, mobil PHEV memadukan mesin konvensional (ICE) dengan mesin yang menggunakan baterai. Baterai mobil PHEV bisa diisi daya menggunakan alat charger ataupun dengan bensin. Mobil ini pun memiliki kapasitas baterai lebih besar jika dibandingkan HEV.

Selain itu, mobil PHEV memiliki tangki bensin untuk menampung bahan bakar sehingga dapat digunakan saat baterai kendaraan habis.

Test drive Toyota RAV4 GR Sport PHEV. Dok. KOMPAS.com/Adityo Wisnu Test drive Toyota RAV4 GR Sport PHEV.

Untuk mobil PHEV, Toyota telah memiliki satu kendaraan pada kategori ini, yaitu All New RAV4 GR Sport PHEV. Adapun mobil ini menjadi kendaraan PHEV pertama Toyota yang dijual secara retail.

Diberitakan Kompas.com, Jumat (10/3/2023), Toyota RAV4 GR Sport PHEV dibekali mesin bensin 2.5 liter yang dipadukan dengan sistem AWD-i Toyota. Varian ini menawarkan tenaga gabungan sebesar 302 Tk.

Mobil itu dibekali baterai Lithium-ion berkapasitas 18,1 kWh yang dapat melaju sejauh 65 km dengan kecepatan hingga 180 Kpj dalam kondisi penuh.

Dari segi interior, mobil berjenis sport utility vehicle (SUV) itu tampil elegan dengan kemudi dan jok berbahan kulit, serta kehadiran 10.3-Inch Toyota Auto Multimedia, 12.3-Inch Full Graphic MID, dan Dual AC dengan White Lighting Switches and Display.

  1. Battery electric vehicle (BEV).

Sesuai namanya, mobil listrik kategori ini sepenuhnya menggunakan listrik yang disimpan dalam battery pack untuk menggerakkan kendaraan. Oleh karena itu, mobil BEV memiliki ukuran baterai lebih besar ketimbang mobil listrik kategori lain untuk menggerakkan motor listriknya.

Mobil BEV sendiri hanya bisa diisi daya menggunakan charging equipment atau menggunakan power outlet, seperti di Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) atau home charging.

All New BZ4X BEV menggunakan platform baru Toyota New Global Architecture (TNGA).Dok. TAM All New BZ4X BEV menggunakan platform baru Toyota New Global Architecture (TNGA).

Untuk kategori BEV, Toyota memiliki mobil All New BZ4X BEV. Mobil SUV ini menggunakan platform baru Toyota New Global Architecture (TNGA) yang berfungsi mengintegrasikan baterai sepenuhnya ke dalam sasis kendaraan di bawah lantai kendaraan.

Dari sisi tenaga, All New BZ4X BEV memiliki tenaga sebesar 204 HP dan torsi 266 Nm yang diklaim mampu melaju dari 0-100 km per jam hanya dalam 8,3 detik. Meski bertenaga besar, penggunaan daya baterai bisa tetap efisien berkat kehadiran mode ECO.

Sementara itu, dari sisi fitur, mobil tersebut dilengkapi dengan beragam fitur canggih, seperti TTS 3.0, Advance Park, Pre-Collision System with Pedestrian Detection, Lane Departure Alert with Steering Assist, Automatic High Beams, dan kamera 360 derajat beresolusi tinggi.

Itulah produk mobil listrik dari Toyota yang ada di pasar Indonesia. Mobil-mobil tersebut dapat menjadi pilihan bagi Anda yang ingin beralih pada mobil listrik untuk ikut berkontribusi terhadap masa depan bumi dan lingkungan.

Untuk mengetahui informasi lebih lanjut mengenai deretan mobil listrik Toyota, silakan kunjungi tautan berikut.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com