Advertorial

Hadirkan Solusi dan Inovasi, Pameran IFBC 2024 ICE BSD Ajak Pelaku Usaha Optimalkan Potensi Bisnis

Kompas.com - 23/02/2024, 15:38 WIB

KOMPAS.com- Kegiatan wirausaha kini menjadi salah satu peluang yang kerap dipilih masyarakat.

Hal ini memengaruhi angka konsumsi domestik yang disumbangkan oleh wirausaha terus meningkat. Faktanya, usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) masih menjadi tulang punggung dari perekonomian nasional.

Merespons hal tersebut, Neo Expo Promosindo bersama dengan Asosiasi Franchise Indonesia (AFI) kembali menggelar National Roadshow Pameran Info Franchise & Business Concept (IFBC) 2024.

Kegiatan tersebut diusung untuk menggiatkan semangat berwirausaha sekaligus mengakselerasi pertumbuhan ekonomi.

Memasuki tahun ke-18, Pameran IFBC 2024 mengawali rangkaian kegiatan di Tangerang ICE BSD Hall 1 mulai Jumat (23/2/2024) hingga Minggu (25/2/2024).

Pameran tersebut menghadirkan solusi bisnis dan referensi peluang usaha untuk semua kalangan, mulai dari Gen Z hingga purnabakti.

Didukung oleh Bank Syariah Indonesia (BSI), pameran dimeriahkan 193 merek peluang usaha yang terdiri dari waralaba, kemitraan, keagenan, investasi, dan distributor.

Pameran ke-165 IFBC yang mengusung tema “Empowering Growth” akan dibuka oleh sejumlah tokoh penting nasional. Antara lain, Menteri Perdagangan Republik Indonesia Zulkifli Hasan, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia Sandiaga Salahuddin Uno, serta Ketua Kehormatan Asosiasi Franchise Indonesia Anang Sukandar, dan Penjabat (Pj) Gubernur Banten Al Muktabar.

Setelahnya, rangkaian National Roadshow Pameran IFBC 2024 juga akan dilaksanakan di empat kota besar lainnya di Indonesia, yaitu Yogyakarta, Bandung, Surabaya, dan Tangerang.

Melibatkan komunitas UMKM, pameran turut merangkul beberapa komunitas, seperti Rumah Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Jakarta, Tangan Di Atas (TDA) Tangerang Raya, The Entrepreneurs Society, HIPPI, Labamu, dan Sahabat UMKM.

Ragam peluang usaha modern

Gelaran IFBC 2023Dok IFBC Gelaran IFBC 2023

IFBC 2024 ICE BSD memberikan sentuhan kekinian dengan menghadirkan ragam peluang usaha modern yang dapat dijadikan pilihan bisnis bagi para pelaku usaha, seperti ice cream, coffee shop, dan minuman-minuman kekinian lainnya.

Bagi yang tertarik dengan peluang usaha ice cream, Wedrink, Xiyue, Momoyo, Bingxue, Gelato di Lenno, Ai-Cha, Oreumi Ice Cream, Teman Ice Cream & Tea, Holly Tea, Teman Nongkrong Ice Cream bisa menjadi pilihan.

Ada pula peluang usaha coffee shop, seperti Tomoro Coffee, Kopi Dari Hati, Tentang Kopi, Kopi Sewindu, Tempat Bercakap, Warkop Naik Kelas, Smartfolks Coffee, Ai-Ka, Bangi Kopi, Teman Nongkrong, dan Rindumu.

Sedangkan peluang usaha minuman kekinian lainnya yang turut meramaikan adalah Ducok & Pucok Juara, Xiboba, Xibo Bikes, Minum Es Indonesia, Es Teler Kapten, Miyou, Super Juice Station, Coco Summer, Froyou, Misnow, Loving Bean, Honey Bunny, Waroeng Teh Kotjok, Cinta Sejatea, Tea Strom, dan Pertehmina.

Hadir pula peluang usaha kuliner yang tidak kalah menarik, seperti Ayam Gepuk Pak Gembus, Minang Sepakat, Sambal Bakar Foodbank, Tentang Pasta, Kharisma Bahari, Warteg Subsidi Bahari, Warteg Putri Bahari, Xiji, Mo Tahu Aja, Warteg Selera Bahari, Selera Sambal, Pide Turkish Pizza, Istanbul Kebab, Nasi Goreng Lidah Mertua, Dapoer Daeng Makassar, Kokikit, Bilik Seduh, Bakarin Sambal, Mie Ayam Bengkel, Hungrypedia, Gorengan Naik Kelas, Hungrybank, Hotplate Special Hungrybank, Robak Hungrybank, Yamin Hungrybank, Rindu Minang, dan Oto Bento.

Peluang usaha Me Gacorin, Ayank Steak, Bakso Kampungqu, Crispyku, Bakmi Naga, Nasi Goreng Hongkong, Popo Recipe 1972, Jajan Mieee, Snack N Shake, Aloha Moktail, Kebab Turki Babarafi, Smokey Kebab, Aladdin Kebab, Nasi Kulit Syuurga, Makciak, Yaminqu, Sate RSPP H. Tori, Steak 36, Nasimura, Mimura, Zhengda, Youneed Mee, Tahu Jeletot Taisi, Mr Kriuk, Mamma Roti, Truffle Belly, RumaNasi, Uena Food, Eggio Waffle, dan Jeji Chewy Puff juga memberikan tawaran menarik.

Bagi para pencinta kuliner oriental, Tokio Street, Shimura Takoyaki, Street Sushi, Bakmi Booster, Dimsum Booster, Takoyaki Booster, Ramen Booster, Ramen Rider, Taso Indonesia, dan Oppa Kimbap juga tak dilewatkan. Hadir pula peluang usaha cookies dari J&C Cookies yang ikut memeriahkan pameran.

Gelaran IFBC 2023Dok IFBC Gelaran IFBC 2023

Pengunjung juga bisa berkunjung ke booth Minko By Aiko Food yang menawarkan peluang usaha di bidang makanan bayi dan balita.

Peluang usaha di bidang retail juga turut meramaikan pameran dengan penawaran-penawaran menariknya. Misalnya, Air Minum Biru, Erafone, Miniso, LG Commercial Laundry, Hydromart, Daily Fresh Water, dan Indofresh Water.

Hadir pula Pods Authentic untuk pengusaha yang tertarik dengan bisnis rokok elektronik.

Sementara yang memiliki minat untuk menjalankan bisnis perawatan kesehatan dan kecantikan, dapat melirik Royal Garden Spa, Roemah Rempah Spa, Madeena Skin Clinic, Mash Moshem Indonesia, Barberpedia, Barbertopia, Barber & Co, dan The Ajudan.

Agar bisnis semakin maju, pengusaha pun membutuhkan beberapa pendukung, misalnya dalam hal layanan finansial dihadirkan BSI.

Anda pun bisa menemukan penunjang bisnis lainnya, seperti Olsera, Paper.id, Sari Lifetech Academy, Kiwoom Sekuritas Indonesia, Robot Resto Express, Ralali, Kulak.id, Aloysius Software Factory, Tosmart Trade Internasional, D’retail, Jumpstart, Paylabs, Beetpos, Prime Studio dan Clean Matic.

Peluang usaha penatu atau laundry, seperti Netto Laundromat, Maxpress Laundry, Maytag Commercial, Laundry Klin, The Daily Wash Laundromat, dan Kliknklin Digital Nusantara, juga bisa menjadi salah satu pilihan yang menarik.

Bagi mereka yang tertarik dalam bidang distributor dan properti, penawaran menarik dari Verona dan Sinarmas Land, serta Jababeka Morotai sayang untuk dilewatkan. Hadir pula jasa travel dari Gaido Tour & Travel.

Gelaran IFBC 2023Dok IFBC Gelaran IFBC 2023

Tak ketinggalan, ada pula bisnis pendidikan, seperti Ohayo Drawing School, Mopi Baca Tulis, Double Decker English & Public Speaking, Xile Mandarin, Gakko Digital Art & Animation, Sugaku Sempoa & Math, Rhino The Creator, Coding & Architecture For Kids.

Tidak ketinggalan, Jos Clay dan Sunny Glow Montessori, Milkyway Modern Montessori, Ohayo Hub, Yogi Yoga, Akitekucha, Bimba SmartKidz, Sempoa Sip, Sip English, Baca Tulis Sip, dan Timedoor Academy. Masih berkaitan dengan dunia anak, ada bisnis playground dari Happy Play Indonesia, dan Happy Toys.

Tak kalah menarik, ada pula peluang usaha di bidang otomotif yang bisa dijumpai pada saat pameran berlangsung. Pengunjung bisa mendapatkan beragam penawaran dari Otopia, Gorillaz, Scuto Drive Your Pride, SCT Motodetailing, Scuto Paint, Washmart, Auto Mobile Care, dan Garage Auto studio.

Selama pameran berlangsung, para pengusaha bisa melakukan konsultasi bisnis secara gratis dengan Asosiasi Franchise Indonesia, DK Consulting, FT Consulting, Sarosa Consulting, Benwarg Consulting, Jun Cai Law Firm & Partners.

Kunjungi juga pendukung bisnis maju, seperti Social Bread, Indonetwork.co.id, Indotrading.com, Majalah Gontor & Forbis, dan Diantara Intermedia (web developer).

Dukung pelaku wirausaha

Guna menghadapi persaingan di dunia bisnis dan peluang usaha, Pameran IFBC 2024 ICE BSD juga menyediakan program edukasi bagi para wirausaha dan calon wirausaha.

Program edukasi tersebut mencakup pembekalan pengetahuan dari ahli hukum, konsultan, dan pelaku usaha yang berpengalaman.

Salah satunya adalah seminar daring Sinergi Franchise “Strategi Manajemen Keuangan untuk Mencapai Profitabilitas”. Seminar ini diselenggarakan atas kerja sama dengan Rumah BUMN, Sarosa Consulting, dan Ralali.com. Pengunjung juga bisa mendapatkan wawasan dari Jababeka Morotai yang bertajuk “Peluang & Potensi bisnis Pariwisata di New Bali”

Ada pula Inspira Talk bertajuk “Strategi marketing UMKM Low budget High Impact” yang dibawakan oleh, CEO PT Braja Biru Abadi Adythia Pratama, Edukasi mengenai “Tiktok and Live Shopping for Business 2024” bersama Edho Zell juga menarik untuk disimak.

Senior Franchise & Business Consultant DK Consulting Djoko Kurniawan juga akan memberikan edukasi mengenai “Tips Memilih Franchise yang Baik”.

Ada juga Founder The Entepreneurs Society Klemens Rahardja yang akan membawakan Inspira Talk bertajuk “Membangun Brand Kelas Dunia”.

Jadi, jangan lewatkan untuk mengunjungi IFBC 2024 di Hall 1 ICE BSD. Dapatkan pengalaman menarik dan inspirasi untuk berwirausaha.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com