Advertorial

Pantau Panen Raya di Blora dan Grobogan, Bulog Pastikan Pasar Beras Kembali Normal

Kompas.com - 24/02/2024, 19:13 WIB

KOMPAS.com – Direktur Utama Perum Bulog Bayu Krisnamurthi bersama Bupati Blora Arief Rohman meninjau persawahan di daerah sentra produksi padi di Kabupaten Blora dan Grobogan, Jawa Tengah, Sabtu (24/2/2024).

Sebab, sebagian sawah tersebut sudah mulai panen dan sebagian lagi akan panen dalam satu atau dua minggu ke depan.

"Kami hari ini melihat langsung tanda-tanda awal panen di kawasan ini," kata Bayu dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Sabtu.

Ia melanjutkan, aktivitas pengolahan beras di fasilitas penggilingan padi setempat juga terlihat meningkat seiring datangnya panen. Salah satunya, di CV Sumber Makmur Blora.

Pemilik CV Sumber Makmur Blora Murdono mengatakan bahwa ada sekitar 100 ton beras premium dalam kemasan bermerek “Mawar” dan “Padi” yang siap dikirim ke ritel modern dan pasar tradisional. Kesiapan ini tampak dari truk pengangkut beras yang sudah menunggu di pintu gudang.

"Harga jualnya sekitar Rp 13.000 sehingga konsumen dapat membeli sesuai harga eceran tertinggi (HET). Selain itu, masih ada sekitar 50 ton beras pecah kulit yang belum dikemas dan 100 ton gabah yang siap diolah," jelas Murdono.

Bayu menambahkan bahwa dengan adanya pasokan beras swasta yang dijual sesuai HET, pasar beras akan segera kembali normal.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com