Advertorial

Komitmen Kembangkan Kendaraan Listrik Berkelanjutan di Tanah Air, Hyundai Bangun Ekosistem Pendukung

Kompas.com - 26/02/2024, 15:57 WIB

KOMPAS.com – PT Hyundai Motors Indonesia (HMID) berkomitmen memperkuat pengembangan berkelanjutan dari lini kendaraan listrik Hyundai beserta ekosistem pendukungnya di Tanah Air.

Adapun komitmen tersebut tercermin lewat tema yang diusung Hyundai pada bertajuk "Hyundai EV. Expect More" pada pameran otomotif Indonesia International Motor Show (IIMS) 2024.

Untuk diketahui, eksibisi otomotif tersebut digelar di Jakarta International Expo (JIExpo) Kemayoran, Jakarta Pusat (Jakpus), mulai Jumat (15/2/2024) hingga Minggu (25/2/2024).

Chief Operating Officer PT HMID Fransiscus Soerjopranoto menambahkan, tema “Hyundai EV. Expect More” menjadi manifestasi terbaru dari komitmen Hyundai dalam memperkuat pengembangan berkelanjutan dari lini kendaraan listrik Hyundai di Indonesia beserta ekosistem pendukungnya.

Hadirnya semangat baru "Hyundai EV. Expect More", lanjut Fransiscus, mempertegas komitmen Hyundai untuk menghadirkan produk inovatif tiap tahun di Indonesia demi menjawab kebutuhan mobilitas masa depan masyarakat.

“Ke depan, Hyundai mengakselerasi era mobilitas terdepan di Indonesia yang diharapkan dapat meningkatkan kualitas hidup masyarakat luas dalam jangka panjang,” ujar Fransiscus dalam rilis pers yang diterima Kompas.com, Jumat (23/2/2024).

Fransiscus melanjutkan, lewat tema tersebut, Hyundai meyakinkan masyarakat untuk beralih menggunakan kendaraan listrik guna merasakan mobilitas masa depan yang sesungguhnya.

Untuk itu, imbuh dia, Hyundai menunjukkan bagaimana pengguna menikmati kepemilikan kendaraan listrik yang worry-free hasil dari pengalaman berkendara terdepan, layanan purnajual andal, dan ekosistem teknologi terintegrasi.

“Semangat ini juga memperkuat komitmen berkelanjutan dari Hyundai dalam mendukung pemerintah melengkapi ekosistem kendaraan listrik Indonesia, yang sebelumnya telah Hyundai lakukan lewat pembangunan pabrik hingga jaringan charging station,” kata Fransiscus.

Adapun kehadiran HMID dalam gelaran IIMS 2024 kian memperkuat posisi produsen mobil asal Korea Selatan (Korsel) ini memimpin ekosistem kendaraan listrik di Tanah Air.

Dengan tema "Hyundai EV. Expect More", lanjut Woojune Cha, pihaknya mendorong elektrifikasi di Tanah Air dibuktikan lewat peluncuran IONIQ 5 Batik serta menampilkan SEVEN Concept dan All New KONA Electric.

Sebagai pionir kendaraan listrik dan solusi mobilitas masyarakat Indonesia sejak 2020, Hyundai membuktikan komitmen dalam membangun ekosistem electric vehicle (EV) dari hulu ke hilir.

Hal ini diwujudkan melalui pembangunan pabrik battery cell dan battery pack, produksi EV perdana dalam negeri, serta perluasan lebih dari 200 charging station di seluruh penjuru Tanah Air.

Upaya-upaya tersebut dinilai penting dalam menyokong transformasi menuju transportasi kendaraan listrik, sekaligus membuka peluang baru bagi industri otomotif Indonesia dalam mengadopsi teknologi canggih dan berkelanjutan.

President Director PT HMID Woojune Cha mengatakan, Hyundai memiliki visi “Progress For Humanity”untuk berinovasi menciptakan masa depan yang lebih baik.

Salah satunya, lewat pengembangan berkelanjutan ekosistem kendaraan listrik di Indonesia yang dinilai memiliki potensi besar untuk menjadi pemain penting di ASEAN.

Langkah tersebut dinilai selaras dengan salah satu misi pemerintah untuk menjadikan Indonesia sebagai EV hub di Asia Tenggara.

“Sejalan dengan mimpi besar tersebut, Hyundai akan terus memimpin dan mengakselerasi elektrifikasi industri otomotif di Indonesia dengan mendorong penguatan ekosistem kendaraan listrik di Indonesia melalui investasi terarah dan kemitraan strategis yang merangkul pemangku kepentingan secara luas, baik itu pemerintah maupun pelaku industri terkait,” ujar Woojune Cha.

Akselerasi elektrifikasi otomotif

Untuk diketahui, kehadiran berbagai model kendaraan listrik di IIMS 2024, termasuk dua special display dan satu mobil listrik terbaru, kian menegaskan peran Hyundai dalam mempercepat elektrifikasi industri otomotif di Tanah Air.

Hal itu sejalan dengan peta jalan program Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai (KBLBB) dari pabrik sel baterai yang dioperasikan PT HLI Green Power akan mampu memproduksi sel baterai lithium-ion dengan total kapasitas 10 GWh per tahun untuk memenuhi kebutuhan lebih dari 150.000 unit BEV.

Tidak hanya itu, pabrik battery system yang dioperasikan Hyundai Energi Indonesia ditargetkan memproduksi hingga 50.000 unit battery system assembly (BSA) tiap tahun.

Hyundai Seven Concept tampil di ajang IIMS 2024Dok. KOMPAS.com/DIO DANANJAYA Hyundai Seven Concept tampil di ajang IIMS 2024

Kedua fasilitas yang beroperasi mulai April 2024 itu melengkapi pabrik PT Hyundai Motor Manufacturing Indonesia (HMMI) yang akan menambah kapasitas produksi mobil listrik hingga 70.000 unit pada 2024.

Beroperasinya tiga pabrik Hyundai di Indonesia secara serentak akan menghadirkan kendaraan listrik dengan komponen baterai buatan lokal untuk kali pertama.

Model-model BEV Hyundai tersebut diproyeksikan untuk menjawab kebutuhan pasar Indonesia dan luar negeri, khususnya di Asia Tenggara.

Hyundai juga telah memimpin era elektrifikasi sektor otomotif Indonesia dengan menghadirkan lini IONIQ serta KONA Electric sejak 2020 dan solusi purnajual terdepan yang menyesuaikan kebutuhan kendaraan listrik.

Upaya berkelanjutan Hyundai dalam memajukan ekosistem kendaraan listrik di Indonesia turut dilakukan dengan menyediakan jaringan charging station di lebih dari 200 titik, termasuk Ultra Fast Charging Station tercepat di Indonesia, dan akan diperluas ke lebih banyak wilayah.

Upaya tersebut telah diwujudkan lewat kemitraan strategis untuk mengekspansi charging station Hyundai di berbagai titik lokasi yang semakin memudahkan akses bagi pengguna kendaraan listrik.

Tidak hanya itu, Hyundai juga berencana memperluas kolaborasi dengan pihak lain dalam membangun lebih banyak charging station. Tujuannya, untuk meningkatkan kenyamanan berkendara dengan kendaraan listrik.

Sejalan dengan respons positif konsumen terhadap EV, Hyundai berkomitmen meningkatkan penyediaan produk dan layanan kendaraan listrik ke depan. Salah satunya, melalui rangkaian program yang memastikan pengalaman memiliki Hyundai EV yang worry-free.

Miliki kendaraan listrik worry-free

Dalam upaya menghadirkan pengalaman kepemilikan kendaraan listrik yang worry-free, HMID menghadirkan program Hyundai Hadir Untukmu: Hyundai Jaga, Hyundai Jamin.

Khusus lini kendaraan listrik, HMID menawarkan berbagai manfaat bagi pelanggan yang melakukan pembelian IONIQ 5 dan IONIQ 6 pada 2024 melalui Hyundai Jamin.

Adapun manfaat tersebut salah satunya jamin ganti mobil baru, yaitu jaminan penggantian mobil baru dengan tipe, warna, dan spesifikasi yang sama jika mobil mengalami nilai kerusakan minimal 50 persen. Manfaat ini berlaku sampai dengan 1 tahun setelah mobil dikirim.

Selain itu, ada pula manfaat jamin pelunasan cicilan, yaitu jaminan pelunasan pembiayaan selama masa tenor bagi pemilik kendaraan apabila mengalami kecelakaan. Manfaat ini berlaku khusus bagi pelanggan Hyundai Finance.

Hyundai juga memberikan manfaat jamin biaya medis konsumen, yaitu jaminan biaya perawatan medis bagi pengendara dan penumpang apabila mengalami kecelakaan.

Perlu diketahui, jaminan tersebut berlaku untuk maksimal lima orang dengan biaya hingga Rp 100 juta per individu.

Adapun program tersebut berlaku hingga satu tahun setelah mobil diterima oleh pelanggan.

Selanjutnya, manfaat jamin penggantian biaya ban. Dengan manfaat ini, pengguna bisa mendapatkan penggantian biaya pembelian ban baru dengan tipe dan ukuran yang sama bagi pelanggan.

Manfaat tersebut berlaku selama satu tahun setelah serah terima kendaraan dan diberikan bila ban yang rusak akibat kecelakaan sudah tidak dapat digunakan lagi.

Inovasi EV terbaru besutan Hyundai

Seiring dengan tema “Hyundai EV. Expect More”, HMID pamerkan All New KONA Electric di ajang IIMS 2024 yang dapat menjadi pilihan kendaraan listrik yang lebih versatile bagi konsumen.

Adapun All New KONA Electric yang diluncurkan secara global pada 2023 hadir sebagai EV SUV yang mampu meningkatkan kepercayaan diri pengguna berkat eksterior yang sleek dan aerodinamik.

Pameran otomotif IIMS 2024 digelar di Jakarta International Expo (JIExpo) Kemayoran, Jakarta Pusat (Jakpus), mulai Jumat (15/2/2024) hingga Minggu (25/2/2024). Pada gelaran IIMS tahun ini, HMID mengusung tema "Hyundai EV. Expect More". (Dok. Hyundai Indonesia)

HMID juga menampilkan SEVEN Concept yang akan menjadi masa depan lini kendaraan listrik Hyundai berkat desainnya yang revolusioner.

Hyundai memaksimalkan versatility platform E-GMP untuk menciptakan konsep lounge di interior SEVEN Concept yang memberi pengguna kebebasan untuk mengubah layout kabin sesuai kebutuhan.

Vision Roof Display serta layar OLED panoramic turut menciptakan atmosfer interior futuristis untuk menjamin kepuasan selama perjalanan, baik saat menikmati hiburan favorit maupun melepas penat dengan beristirahat.

Kehadiran tampilan dari All New KONA Electric dan SEVEN Concept di IIMS 2024 sejalan dengan komitmen HMID untuk terus menghadirkan model kendaraan listrik baru di Indonesia setiap tahun.

IONIQ 5 Batik padukan tradisi dan modernisasi

Dalam gelaran IIMS 2024, Hyundai secara resmi mengumumkan IONIQ 5 Batik yang telah tersedia dalam jumlah terbatas untuk konsumen di Tanah Air.

Sebelumnya, IONIQ 5 Batik telah diperkenalkan dalam gelaran Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2023 sebagai salah satu bentuk kontribusi Hyundai dalam peringatan 50 tahun hubungan bilateral antara Indonesia dan Korsel.

IONIQ 5 Batik menjadi edisi spesial yang menggabungkan teknologi inovatif dari lini kendaraan listrik Hyundai dengan karakteristik khas batik yang mewakili tradisi Nusantara.

Mobil tersebut mempersembahkan pola Batik Kawung yang menggabungkan geometris bundar mirip buah kawung dengan pixel parametrik khas Hyundai.

Pola tersebut mencerminkan persatuan dan harmoni sejalan dengan visi global Hyundai, yakni Progress for Humanity, dalam menghadirkan solusi mobilitas unggulan dengan dampak sosial dan lingkungan yang positif.

Keterkaitan antara pola Batik Kawung dan desain pixel IONIQ tidak sekadar elemen desain, tetapi juga cerminan simbol warisan budaya yang memadukan unsur analog dan digital dalam kendaraan listrik terbaik dari Hyundai Motor Company.

Adapun pixel menjadi penghubung antara masa lalu dan masa depan, sesuai dengan visi merek dalam merancang desain kendaraan masa depan dengan inspirasi dari pusaka sejarah.

Pola Batik Kawung berwarna abu-abu dapat ditemukan menghiasi bagian hood, roof, sisi mobil, dan pintu belakang.

Interior mobil pun didominasi pola Batik Kawung berwarna abu-abu muda dan ornamen metalik berpola Batik Kawung di jok, klakson, dan sandaran lengan.

Untuk menambah estetika interior IONIQ 5 Batik, Hyundai mendesain pola Batik Kawung berwarna coklat muda atau soga di sandaran lengan mobil dengan dua pilihan pola.

Adapun warna soga dipilih untuk menggambarkan alam, kesederhanaan, dan kemanusiaan. Warna ini selaras dengan desain IONIQ 5 yang menggunakan material daur ulang dan ramah lingkungan untuk berbagai komponennya.

IONIQ 5 Batik pun membawa semua keunggulan IONIQ 5 sebagai BEV pertama yang diproduksi massal di Indonesia.

Dengan mengendarai IONIQ 5, pengguna dapat merasakan pengalaman berkendara terdepan dengan jarak tempuh 451 km, laju dari 0 ke 100 km/jam dalam 7,4 detik, serta fitur keamanan lengkap dari Hyundai SmartSense.

Tidak hanya itu, IONIQ 5 juga menggunakan E-GMP yang memungkinkan kehadiran fitur inovatif, seperti Vehicle-to-Load (V2L) untuk mengisi daya perangkat elektronik.

Untuk diketahui, IONIQ 5 Batik sudah dapat dipesan secara nasional dengan harga Rp 990 juta on the road (OTR) Jakarta.

Kunjungi booth HMID di Hall D, IIMS 2024, JIExpo Kemayoran selama gelaran IIMS 2024 berlangsung untuk lebih dekat dengan mobilitas terbarukan dari ekosistem kendaraan listrik Hyundai.

Informasi selengkapnya mengenai kegiatan dan produk Hyundai terkini dapat Anda temukan di laman resmi HMID atau berbagai kanal media sosial HMID, seperti Instagram @HyundaiMotorIndonesia, YouTube Hyundai Motors Indonesia, Facebook Hyundai Motors Indonesia, dan Twitter @HyundaiMotorID.

Baca tentang
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com