Advertorial

Jadi Pionir Kendaraan Listrik, Hyundai Boyong IONIQ 5 Batik pada Pameran IIMS 2024

Kompas.com - 26/02/2024, 16:15 WIB

KOMPAS.com - PT Hyundai Motors Indonesia (HMID) resmi mengumumkan IONIQ 5 Batik dalam pameran otomotif Indonesia International Motor Show (IIMS) 2024 di Jakarta International Expo (JIExpo) Kemayoran, Jakarta Pusat (Jakpus), mulai Jumat (15/2/2024) hingga Minggu (25/2/2024).

Sebelumnya, IONIQ 5 Batik telah diperkenalkan dalam gelaran Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2023 sebagai salah satu bentuk kontribusi Hyundai dalam peringatan 50 tahun hubungan bilateral antara Indonesia dan Korsel.

President Director PT HMID Woojune Cha mengatakan, IONIQ 5 Batik menjadi edisi spesial yang menggabungkan teknologi inovatif dari lini kendaraan listrik Hyundai dengan karakteristik khas batik yang mewakili tradisi Nusantara.

Mobil tersebut mempersembahkan pola Batik Kawung yang menggabungkan geometris bundar mirip buah kawung dengan pixel parametrik khas Hyundai.

“Pola tersebut mencerminkan persatuan dan harmoni sejalan dengan visi global Hyundai, yakni Progress for Humanity, dalam menghadirkan solusi mobilitas unggulan dengan dampak sosial dan lingkungan yang positif,” ujar Woojune Cha dalam keterangan resmi yang diterima Kompas.com, Jumat (23/2/2024).

Woojune Cha melanjutkan, keterkaitan antara pola Batik Kawung dan desain pixel IONIQ tidak sekadar elemen desain, tetapi juga cerminan simbol warisan budaya yang memadukan unsur analog dan digital dalam kendaraan listrik terbaik dari Hyundai Motor Company.

Adapun pixel menjadi penghubung antara masa lalu dan masa depan, sesuai dengan visi merek dalam merancang desain kendaraan masa depan dengan inspirasi dari pusaka sejarah.

Perlu diketahui, pola Batik Kawung berwarna abu-abu dapat ditemukan menghiasi bagian hood, roof, sisi mobil, dan pintu belakang.

Hal itu sejalan dengan peta jalan program Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai (KBLBB) dari pabrik sel baterai yang dioperasikan PT HLI Green Power akan mampu memproduksi sel baterai lithium-ion dengan total kapasitas 10 GWh per tahun untuk memenuhi kebutuhan lebih dari 150.000 unit BEV.

Tidak hanya itu, pabrik battery system yang dioperasikan Hyundai Energi Indonesia ditargetkan memproduksi hingga 50.000 unit battery system assembly (BSA) tiap tahun.

Kedua fasilitas yang akan beroperasi mulai April 2024 itu melengkapi pabrik PT Hyundai Motor Manufacturing Indonesia (HMMI) yang akan menambah kapasitas produksi mobil listrik hingga 70.000 unit pada 2024.

Beroperasinya tiga pabrik Hyundai di Indonesia secara serentak akan menghadirkan kendaraan listrik dengan komponen baterai buatan lokal untuk kali pertama.

Model-model BEV Hyundai tersebut diproyeksikan untuk menjawab kebutuhan pasar Indonesia dan luar negeri, khususnya di Asia Tenggara.

Hyundai juga telah memimpin era elektrifikasi sektor otomotif Indonesia dengan menghadirkan lini IONIQ serta KONA Electric sejak 2020 dan solusi purnajual terdepan yang menyesuaikan kebutuhan kendaraan listrik.

Upaya berkelanjutan Hyundai dalam memajukan ekosistem kendaraan listrik di Indonesia turut dilakukan dengan menyediakan jaringan charging station di lebih dari 200 titik, termasuk Ultra Fast Charging Station tercepat di Indonesia, dan akan diperluas ke lebih banyak wilayah.

Upaya tersebut telah diwujudkan lewat kemitraan strategis untuk mengekspansi charging station Hyundai di berbagai titik lokasi yang semakin memudahkan akses bagi pengguna kendaraan listrik.

Tidak hanya itu, Hyundai juga berencana memperluas kolaborasi dengan pihak lain dalam membangun lebih banyak charging station. Tujuannya, untuk meningkatkan kenyamanan berkendara dengan kendaraan listrik.

Sejalan dengan respons positif konsumen terhadap EV, Hyundai berkomitmen meningkatkan penyediaan produk dan layanan kendaraan listrik ke depan. Salah satunya, melalui rangkaian program yang memastikan pengalaman memiliki Hyundai EV yang worry-free.

Hyundai Kona Electric resmi meluncur di IIMS 2024Dok. Kompas.com/Daafa Alhaqqy Hyundai Kona Electric resmi meluncur di IIMS 2024

Jajal pengalaman memiliki kendaraan listrik worry-free

Dalam upaya menghadirkan pengalaman kepemilikan kendaraan listrik yang worry-free, HMID menghadirkan program Hyundai Hadir Untukmu: Hyundai Jaga, Hyundai Jamin.

Khusus lini kendaraan listrik, HMID menawarkan berbagai manfaat bagi pelanggan yang melakukan pembelian IONIQ 5 dan IONIQ 6 pada 2024 melalui Hyundai Jamin.

Adapun manfaat tersebut salah satunya jamin ganti mobil baru, yaitu jaminan penggantian mobil baru dengan tipe, warna, dan spesifikasi yang sama jika mobil mengalami nilai kerusakan minimal 50 persen. Manfaat ini berlaku sampai dengan 1 tahun setelah mobil dikirim.

Selain itu, ada pula manfaat jamin pelunasan cicilan, yaitu jaminan pelunasan pembiayaan selama masa tenor bagi pemilik kendaraan apabila mengalami kecelakaan. Manfaat ini berlaku khusus bagi pelanggan Hyundai Finance.

Hyundai juga memberikan manfaat jamin biaya medis konsumen, yaitu jaminan biaya perawatan medis bagi pengendara dan penumpang apabila mengalami kecelakaan.

Perlu diketahui, jaminan tersebut berlaku untuk maksimal lima orang dengan biaya hingga Rp 100 juta per individu.

Adapun program tersebut berlaku hingga satu tahun setelah mobil diterima oleh pelanggan.

Selanjutnya, manfaat jamin penggantian biaya ban. Dengan manfaat ini, pengguna bisa mendapatkan penggantian biaya pembelian ban baru dengan tipe dan ukuran yang sama bagi pelanggan.

Manfaat tersebut berlaku selama satu tahun setelah serah terima kendaraan dan diberikan bila ban yang rusak akibat kecelakaan sudah tidak dapat digunakan lagi.

Inovasi EV teranyar dari Hyundai

Seiring dengan tema “Hyundai EV. Expect More”, HMID pamerkan All New KONA Electric di ajang IIMS 2024 yang dapat menjadi pilihan kendaraan listrik yang lebih versatile bagi konsumen.

Adapun All New KONA Electric yang diluncurkan secara global pada 2023 hadir sebagai EV SUV yang mampu meningkatkan kepercayaan diri pengguna berkat eksterior yang sleek dan aerodinamik.

HMID juga menampilkan SEVEN Concept yang akan menjadi masa depan lini kendaraan listrik Hyundai berkat desainnya yang revolusioner.

Hyundai memaksimalkan versatility platform E-GMP untuk menciptakan konsep lounge di interior SEVEN Concept yang memberi pengguna kebebasan untuk mengubah layout kabin sesuai kebutuhan.

Vision Roof Display serta layar OLED panoramic turut menciptakan atmosfer interior futuristis untuk menjamin kepuasan selama perjalanan, baik saat menikmati hiburan favorit maupun melepas penat dengan beristirahat.

Kehadiran tampilan dari All New KONA Electric dan SEVEN Concept di IIMS 2024 sejalan dengan komitmen HMID untuk terus menghadirkan model kendaraan listrik baru di Indonesia setiap tahun.

Kunjungi booth HMID di Hall D, IIMS 2024, JIExpo Kemayoran selama gelaran IIMS 2024 berlangsung untuk lebih dekat dengan mobilitas terbarukan dari ekosistem kendaraan listrik Hyundai.

Informasi selengkapnya mengenai kegiatan dan produk Hyundai terkini dapat Anda temukan di laman resmi HMID atau berbagai kanal medsos HMID, seperti Instagram @HyundaiMotorIndonesia, YouTube Hyundai Motors Indonesia, Facebook Hyundai Motors Indonesia, dan Twitter @HyundaiMotorID.

Baca tentang
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com