Advertorial

Tingkatkan Kesejahteraan Masa Pensiun, Taspen Life Hadirkan DPLK

Kompas.com - 26/02/2024, 17:53 WIB

KOMPAS.com - PT Dana Tabungan dan Asuransi Pegawai Negeri (Persero) atau Taspen melalui anak usaha PT Asuransi Jiwa Taspen (Taspen Life) mendirikan unit Dana Pensiun Lembaga Keuangan (DPLK) bernama DPLK PT Asuransi Jiwa Taspen atau DPLK Taspen Life.

Unit tersebut merupakan salah satu inovasi bisnis Taspen guna meningkatkan kesejahteraan aparatur sipil negara (ASN) dan masyarakat Tanah Air pada umumnya.

Untuk diketahui, DPLK Taspen Life telah mengantongi izin dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) pada November 2023 dan terbuka untuk masyarakat umum.

DPLK Taspen Life sendiri diluncurkan bertepatan dengan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-10 Taspen Life di Jakarta, Selasa (26/2/2024).

Direktur Utama Taspen ANS Kosasih mengatakan, pihaknya mendorong Taspen Life agar menciptakan terobosan baru guna meningkatkan kesejahteraan dan pemenuhan kebutuhan masyarakat.

“Pemerintah sudah terbukti memiliki kepercayaan tinggi kepada Taspen karena selalu memberikan imbal hasil tertinggi di industri asuransi. Capaian ini kemudian menjadi sumber kepercayaan ASN ataupun masyarakat umum untuk memilih Taspen Life sebagai alternatif peningkatan kesejahteraan di masa depan,” ujar Kosasih dalam rilis pers yang diterima Kompas.com, Selasa.

Kosasih melanjutkan, salah satu wujud terobosan Taspen Life adalah pengesahan pendirian DPLK Taspen Life oleh OJK.

DPLK Taspen Life terbuka untuk seluruh masyarakat, mulai dari nasabah individu, korporasi swasta, hingga instansi dan lembaga pemerintah.

Tidak hanya itu, DPLK Taspen Life turut menghadirkan dua program unggulan. Pertama, program Pensiun Iuran Pasti, yakni akun asuransi milik pribadi atau individu.

Pada program tersebut, peserta dapat melihat statement kepesertaan secara langsung. Dengan begitu, apabila peserta berhenti bekerja, maka tempat bekerja tersebut tidak berhak untuk menolak pencairan.

Kedua, Dana Kompensasi Pascakerja, yakni program asuransi yang secara langsung diurus oleh perusahaan tempat bekerja peserta tersebut. Mekanisme pencairan dan administrasi dilakukan oleh perusahaan tersebut, kemudian Taspen Life akan memberikan hasil manfaat ke peserta tersebut,” terangnya.

Adapun skema atau kondisi pencairan manfaat pensiun dari DPLK Taspen Life terdiri dari Manfaat Pensiun Normal, Manfaat Pensiun Dipercepat, Manfaat Pensiun Ditunda, Manfaat Pensiun Disabilitas, dan Manfaat Pensiun Meninggal Dunia.

Perencanaan keuangan persiapan pensiun

Pada kesempatan sama, Direktur Utama Taspen Life Ibnu Hasyim mengatakan, pendirian DPLK merupakan bagian dari komitmen Taspen Life untuk memberikan layanan bagi nasabah dan masyarakat Indonesia.

Ia berharap, kehadiran DPLK Taspen Life dapat memberikan perencanaan keuangan yang lebih baik dan persiapan pensiun sedari dini, serta mewujudkan cita-cita seluruh pihak yang mendambakan hidup sejahtera di masa pensiun.

“Dalam pilihan instrumen investasi, DPLK Taspen Life memiliki pilihan paket investasi konvensional dan syariah, serta dapat disesuaikan dengan kebutuhan peserta guna mencapai target pengembangan dana yang optimal,” kata Ibnu.

Selain itu, imbuh dia, terdapat beberapa pilihan instrumen investasi yang dapat dipilih langsung oleh peserta, antara lain pasar uang, pendapatan tetap, dan pasar saham.

Ibnu menjelaskan, seluruh instrumen investasi tersebut dapat berdiri sendiri ataupun dikombinasikan dengan beberapa jenis investasi dari Taspen Life, seperti paket investasi Taspen Dana Likuid, Taspen Dana Dinamis, Taspen Dana Optima, Taspen Dana Amanah, Taspen Dana Madani, dan Taspen Dana Falah.

“Taspen Life sebagai anak usaha Taspen menjunjung tinggi integritas dan profesionalisme bisnis dalam melakukan upaya bisnis pengelolaan dana investasi seluruh peserta. Pengelolaan DPLK Taspen Life dilakukan secara profesional dan didukung oleh tenaga andal dan berintegritas, serta mengedepankan pengelolaan investasi dengan aman, memegang teguh prinsip kehati-hatian, dan berpedoman kepada Tata Kelola Dana Pensiun yang Baik,” kata Ibnu.

Sementara itu, Direktur Pengawasan Dana Pensiun OJK Sesriwati menambahkan, perjalanan 10 tahun Asuransi Jiwa Taspen bukan hal mudah.

“Insyaallah Taspen Life menuju perusahaan yang lebih baik. Selamat atas grand launching DPLK Taspen Life. OJK telah mengundang khusus Taspen Life (terkait DPLK) dan pengesahan telah diberikan di Bulan November 2023,” kata Sesriwati.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com